Indeks Saham Kompas100, Begini Potensi dan Daftar Sahamnya

Indeks Saham Kompas100, Begini Potensi dan Daftar Sahamnya


Apa yang dimaksud dengan istilah Kompas100? Dalam dunia pasar modal, ada banyak indeks acuan yang sebaiknya teman-teman investor ketahui. Indeks acuan ini biasanya berisikan sekumpulan saham dibedakan atas kriteria-kriteria tertentu, begitu juga dengan Kompas100. Mari kita simak mengenai update indeks Kompas100!

 

Ilustrasi pergerakan indeks saham. Source: highfivedad.com

 

Mengenal Kompas100

Kompas100 merupakan salah satu indeks saham yang disusun oleh Kompas Media Group, dirilis pada Agustus 2007. Indeks ini mencakup 100 saham teratas yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditetapkan oleh Kompas Media.

Pemilihan saham-saham tersebut dilakukan oleh Kompas Media berdasarkan beberapa faktor, yakni:

  • Likuiditas,
  • Kapitalisasi pasar,
  • Kinerja keuangan perusahaan yang sehat.

Tujuan dirancangnya Kompas100 adalah untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai pergerakan harga saham di pasar modal Indonesia.

Saham-saham yang termasuk dalam Kompas100 biasanya berasal dari berbagai sektor industri, seperti perbankan, konsumsi, pertambangan, teknologi, dan lain sebagainya. Indeks Kompas100 sering digunakan oleh investor dan pelaku pasar modal sebagai acuan dalam menganalisis suatu saham tertentu. Sekaligus untuk memantau perkembangan pasar saham Indonesia secara keseluruhan.

Dengan melihat pergerakan indeks Kompas100, tentunya teman-teman investor dapat memperoleh wawasan yang lebih baik mengenai tren pasar. Sehingga pengambilan keputusan investasi akan jauh lebih tepat.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa pergerakan harga saham akan dengan mudah dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal dan internal. Ini mengapa perlu dilakukan analisis yang mendalam sebelum mengambil keputusan investasi.

 

Ilustrasi pengambilan keputusan investasi. Source: campaignlive.co.uk

 

Bagaimana Komposisi Kompas100 Ditentukan?

Komposisi Kompas100 ditentukan melalui serangkaian proses yang cermat dan terstruktur.

  • Pertama, tim analis dari Kompas Media melakukan penelitian menyeluruh terhadap saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam tahap ini tim analisis akan meninjau berbagai faktor, termasuk likuiditas saham, kapitalisasi pasar, kinerja keuangan perusahaan, dan potensi pertumbuhan di masa mendatang.

  • Kedua, saham-saham yang telah lolos seleksi awal akan dibandingkan dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

Langkah ini adalah untuk memastikan bahwa saham-saham yang telah lolos tahap pertama tadi benar-benar memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kompas Media.

  • Ketiga, Tim analis juga akan memperhitungkan diversifikasi sektor industri.

Hal ini dimaksudkan agar Kompas100 mencerminkan gambaran yang representatif dari pasar saham Indonesia.

  • Keempat, Tim analis akan mempertimbangkan masukan dan analisis dari pakar ekonomi dan keuangan.

Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa komposisi Kompas100, telah mencerminkan kondisi pasar yang sebenarnya.

  • Kelima, penetapan daftar final saham-saham yang masuk ke dalam indeks Kompas100.

Setelah proses penelitian dan evaluasi yang teliti, tim analis akan menetapkan daftar final saham-saham yang akan masuk ke dalam indeks Kompas100. Proses ini dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa komposisi Kompas100 tetap relevan dan akurat mengikuti perkembangan pasar saham Indonesia.

Sebagai tambahan informasi kepada teman-teman investor, indeks Kompas100 ini dihitung menggunakan metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average.

 

 

Cara Mencari Indeks Saham Kompas100

Bagi teman-teman investor yang ingin mendapatkan update dari indeks saham BEI, dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini caranya:

  • Masuk ke laman website resmi idx.co.id.
  • Klik tab menu “Produk & Layanan” dan dilanjutkan dengan mengklik “Indeks”.

  • Setelah masuk pada laman berikutnya, klik opsi menu “Daftar Saham Indeks”, kemudian klik kolom pencarian “Klik di sini”.

  • Jika sudah masuk ke laman “Indeks Saham”, maka klik kolom indeks untuk mencari kata kunci indeks yang diinginkan.

Source: Data Pasar – Indeks Saham BEI

 

Daftar Saham Kompas100

Berdasarkan hasil evaluasi minor yang terbaru dilakukan oleh BEI, maka berikut ini daftar saham Kompas100 untuk periode 2 Mei 2024 sampai dengan 31 Juli 2024:

Source: Data Pasar – Indeks Saham BEI

 

Potensi dan Kinerja Historis Kompas100

Indeks harga saham di Indonesia tidak hanya terbatas pada perusahaan papan atas seperti IDX30 dan perusahaan berkembang seperti IDX80. Akan tetapi bagi teman-teman investor yang ingin mencari pilihan daftar saham yang lain, maka bisa menjajaki indeks saham KOMPAS100.

Kembali Penulis tegaskan, bahwa indeks ini mewakili 100 perusahaan pilihan dari seluruh Bursa Efek Indonesia (BEI). KOMPAS100 berfungsi sebagai cerminan yang lebih luas dan mendalam terhadap kesehatan keseluruhan pasar modal Indonesia.

Perbedaan utama KOMPAS100 dibandingkan dengan IDX30 dan IDX80 terletak pada variasi perusahaan penyusunnya. KOMPAS100 tidak hanya mencakup perusahaan berkapitalisasi pasar besar dan perusahaan berkembang, tetapi juga perusahaan dengan kapitalisasi pasar menengah yang potensial untuk tumbuh menjadi pemain utama di masa depan. Sehingga KOMPAS100 memberikan peluang investasi yang lebih diversifikasi dan menjangkau berbagai tingkat kapitalisasi pasar.

Kinerja historis KOMPAS100 biasanya berada di antara IDX30 dan IDX80. Fluktuasi harga saham perusahaan anggota KOMPAS100 dapat lebih tinggi dibandingkan IDX30, namun tidak sevolatile IDX80. Hal ini karena KOMPAS100 memiliki komposisi perusahaan yang lebih heterogen dari segi kapitalisasi pasar dan sektor industri. Namun, potensi kenaikan harga saham perusahaan anggota KOMPAS100 juga cukup menarik bagi investor jangka panjang.

Selain potensi kenaikan harga saham, beberapa perusahaan anggota KOMPAS100 juga tetap membagikan dividen kepada pemegang sahamnya. Tapi, secara rata-rata, proporsi perusahaan pembayar dividen di KOMPAS100 mungkin lebih sedikit dibandingkan IDX30. Untuk itu, teman-teman investor perlu memperhatikan hal tersebut dalam proses analisa investasi.

Investasi di KOMPAS100 biasanya lebih cocok untuk teman-teman investor dengan profil risiko moderat. Fluktuasi harga saham yang lebih tinggi dibandingkan IDX30 membutuhkan toleransi resiko yang lebih besar dari investor. Namun, diversifikasi perusahaan yang lebih luas juga mengurangi resiko terhadap penurunan harga saham pada sektor industri tertentu.

 

Apa-itu-Indeks-Saham

[Baca lagi: Apa itu Indeks Saham dan Gunanya bagi Investor?]

 

Cara Berinvestasi dalam Kompas100

Investasi dalam Kompas100 bisa menjadi pilihan menarik bagi teman-teman investor yang ingin mendiversifikasi portofolio dengan cara yang relatif mudah. Langkah-langkahnya ialah:

  • Membuka rekening efek di perusahaan sekuritas terpercaya dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Teman-teman investor dapat memilih instrumen investasi terkait dengan indeks Kompas100, seperti reksa dana indeks atau Exchange-Traded Fund (ETF) yang memiliki portofolio saham-saham yang mencerminkan komposisi Kompas100.
  • Sebelum melakukan investasi, penting bagi investor untuk memahami profil risiko, tujuan investasi. Serta mempertimbangkan kembali faktor-faktor ekonomi dan pasar yang mungkin mempengaruhi kinerja indeks Kompas100.
  • Pantau perkembangan pasar dan melakukan riset secara berkala. Langkah ini sebagai upaya yang lebih bijak dalam membuat keputusan investasi yang lebih baik.

 

 

Kesimpulan

Indeks saham Kompas100 adalah salah satu contoh dari sekian banyak indeks yang terdapat dan disediakan oleh BEI. Sehingga teman-teman investor dapat lebih mudah memilih kriteria saham mana yang akan dijadikan sebagai watchlist investasi dalam portofolio.

Terlepas dari indeks saham Kompas100, hal yang perlu kita ingat bahwa setiap indeks yang ada di BEI, akan selalu mengalami perubahan isi indeks yang mana terdiri atas evaluasi minor maupun mayor.

Tidak hanya itu setiap indeks yang ada akan memiliki masa berlaku, baik itu Periode Efektif Konstituen dan juga Periode Efektif Jumlah Saham Penghitungan Indeks. Jadi daftar saham dalam setiap indeks akan selalu mengalami perubahan.

Dengan pemahaman yang baik mengenai indeks saham Kompas100, cara penetapan daftar saham dan evaluasi berjangka yang dilakukan secara rutin oleh BEI. Maka kita akan lebih mengetahui strategi investasi yang tepat, tentunya dengan kemudahan mencari kriteria-kriteria saham tertentu berdasarkan likuiditas, kapitalisasi, dan juga kinerja keuangan yang baik dari sebuah perusahaan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah memanfaatkan potensi pertumbuhan dari setiap indeks yang tersedia di bursa, termasuk dengan indeks saham Kompas100.***

 

###

 

DISCLAIMER ON:
Tulisan ini bukan rekomendasi jual dan beli. Semua data dan pendapat pada artikel adalah bersifat informasi yang mengedukasi pembaca, berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Risiko investasi berada pada tanggung jawab masing-masing investor. Do Your Own Research!

 

Temukan Artikel Analisa dan Edukasi Saham lainnya di Google News.

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel