Daftar UMP 2024 Seluruh Indonesia! Intip Yuk Besarannya dan Cara Meningkatkan Pendapatan

Daftar UMP 2024 Seluruh Indonesia! Intip Yuk Besarannya dan Cara Meningkatkan Pendapatan


Terakhir diperbarui Pada 2 April 2024 at 1:10 pm

Daftar UMP 2024 seluruh Indonesia bisa menjadi panduan bagi Anda yang mungkin sedang merencanakan untuk pindah kota atau bekerja. Guna meraih UMP lebih tinggi dan dapat berinvestasi. Lalu, kira-kira di kota mana sajakah dengan UMP yang lebih tinggi tersebut?

Ilustrasi pertumbuhan UMP. Source: hrmexam.com

 

Apa Pengertian UMP

Upah Minimum Provinsi (UMP) adalah standar gaji bulanan terendah yang wajib dibayarkan oleh perusahaan kepada pekerja di suatu provinsi.

Penetapan UMP bertujuan untuk menjamin kehidupan yang layak bagi pekerja dan keluarganya. Besaran UMP ditentukan oleh pemerintah provinsi, berdasarkan pada pertimbangan kebutuhan hidup layak, pertumbuhan ekonomi, dan produktivitas.

 

 

Daftar UMP Tahun 2024 di Seluruh Indonesia

UMP di setiap provinsi berbeda-beda. Berikut ini daftar UMP tahun 2024 di seluruh Indonesia, yang telah ditetapkan oleh masing-masing pemerintah provinsi:

  • DKI Jakarta: Rp 5.408.276,79
  • Papua: Rp 4.024.270
  • Papua Barat: Rp 4.010.270
  • Papua Pegunungan: Rp 4.010.270
  • Papua Barat Daya: Rp 4.010.270
  • Papua Selatan: Rp 4.010.270
  • Banten: Rp 2.727.812,11
  • Jawa Barat: Rp 1.930.079,43
  • Jawa Tengah: Rp 2.036.947
  • Jawa Timur: Rp 2.470.000
  • Dan lain sebagainya…

Bagi teman-teman investor yang ingin melihat daftar UMP 2024 seluruh Indonesia, dapat melihatnya langsung di website resmi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

 

Resolusi-Keuangan-2024

[Baca lagi: Resolusi Keuangan 2024! Sudahkah Ditentukan?]

 

Investasi yang Cocok untuk UMP

Mengatur keuangan dengan gaji UMP memang bisa menjadi tantangan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berinvestasi. Berikut adalah beberapa pilihan investasi yang cocok untuk pekerja dengan gaji UMP:

  1. Emas:

Emas merupakan instrumen investasi yang relatif aman dan stabil. Anda bisa membeli emas dalam bentuk batangan atau perhiasan secara bertahap sesuai kemampuan finansial.

  1. Reksa Dana:

Reksa dana sebagai bentuk investasi atas kumpulan dana yang berasal dari banyak investor. Di mana pengelolannya dilakukan oleh seorang MI atau manajer investasi professional dari perusahaan Sekuritas terkait.. Anda bisa mulai berinvestasi reksa dana dengan modal minimal Rp 100.000.

  1. P2P Lending:

P2P lending adalah platform online yang mempertemukan peminjam dan investor. Anda bisa meminjamkan uang kepada usaha kecil menengah dengan potensi keuntungan yang menarik.

  1. Saham:

Investasi saham memang memiliki risiko yang lebih tinggi, namun potensi keuntungannya juga lebih besar. Anda bisa mulai berinvestasi saham dengan modal kecil dan belajar membaca kondisi pasar.

Ilustrasi persiapan investasi. Source: highviewart.com

 

Tips mengelola gaji UMP untuk investasi:

  1. Buat anggaran keuangan:

Alokasikan sebagian pendapatan Anda untuk investasi, selain kebutuhan pokok dan tabungan.

  1. Investasi secara rutin:

Investasikan uang Anda secara rutin, meski dalam jumlah kecil.

  1. Pelajari instrumen investasi:

Sebelum berinvestasi, pelajari dengan baik jenis investasi yang akan Anda pilih.

  1. Diversifikasi portofolio:

Jangan hanya terpaku pada satu jenis investasi, diversifikasi portofolio Anda untuk meminimalisir risiko.

  1. Berkonsultasi dengan ahlinya:

Jika ragu, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan atau broker profesional.

Dengan perencanaan yang matang dan pemilihan instrumen yang tepat, Anda bisa tetap berinvestasi, meski dengan gaji UMP. Ingat, investasi adalah proses jangka panjang, jadi tetaplah konsisten dan fokus pada tujuan keuangan Anda. Sehingga gaji UMP bukan penghalang dan alasan untuk Anda tidak berinvestasi.

 

Kenaikan UMP dan Cara Meningkatkan Penghasilan

Upah Minimum Provinsi (UMP) adalah standar gaji bulanan terendah yang wajib dibayarkan oleh perusahaan kepada pekerja di suatu provinsi. Kenaikan UMP setiap tahun ditentukan oleh pemerintah provinsi berdasarkan pertimbangan kebutuhan hidup layak, pertumbuhan ekonomi, dan produktivitas. Hal ini yang membuat kenaikan UMP sejalan dengan naiknya harga kebutuhan di setiap tahun.

Menimbang hal tersebut, maka salah satu upaya untuk meningkatkan penghasilan di tempat Anda bekerja, ialah dengan melakukan permohonan kenaikan gaji.

Dalam hal permohonan naik gaji ini, umumnya perusahaan akan memberi kenaikan gaji bertepatan dengan masa promosi karyawan. Hal itu sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang bagus.

Namun jika dalam realitanya Anda masih belum mendapatkan kenaikan gaji. Maka Anda berhak memintanya secara langsung. Dengan catatan permohonan dilakukan dengan cara negosiasi yang menenangkan kedua belah pihak.

 

Berapa Persen Kenaikan UMP Setiap Tahun?

Berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, rata-rata kenaikan UMP setiap tahun selama lima tahun terakhir adalah sebesar ±8.82%. Kenaikan UMP tertinggi terjadi pada tahun 2022, yaitu sebesar ±10.1%. Sementara itu, kenaikan UMP terendah terjadi pada tahun 2021, yaitu sebesar ±2.64%.

 

Resolusi-Investasi-Saham-Tahun-2024

[Baca lagi: Resolusi Investasi Saham Tahun 2024 yang Realistis!]

 

Cara Meningkatkan Penghasilan di Luar UMP

Meskipun UMP terus mengalami kenaikan setiap tahun, namun kenaikan tersebut belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat. Oleh karena itu, penting bagi para pekerja untuk memiliki pemasukan lebih di luar UMP.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan penghasilan di luar UMP. Sebagai upaya menjaga pendapatan tetap berjalan seimbang tanpa kekurangan. Anda perlu mencari pendapatan tambahan untuk dapat menunjang berbagai kebutuhan. Beberapa cara yang dapat meningkatkan penghasilan:

  1. Berinvestasi pada instrument yang potensial memberikan keuntungan besar

Ada beberapa jenis instrument investasi, seperti investasi emas berupa logam mulia, investasi saham, investasi reksa dana, atau bahkan obligasi, maupun deposito.

Investasi saham merupakan salah satu instrument investasi yang mampu memberikan keuntungan tinggi, melebihi keuntungan yang ditawarkan deposito maupun obligasi. Namun untuk dapat merasakan keuntungan yang maksimal dari investasi saham. Maka sebaiknya investasi saham ini dilakukan dalam jangka waktu menengah atau jangka waktu yang lebih panjang.

Kabar baiknya untuk dapat memulai investasi saham, Anda sudah bisa memulainya dengan modal kecil sekitar Rp100.000. Dan pastikan transaksi yang Anda lakukan berada dalam naungan aplikasi dan perusahaan investasi yang legal, sesuai keputusan OJK.

 

  1. Mencari pekerjaan sampingan / side job

Beberapa contoh pekerjaan sampingan yang dapat diambil oleh Anda, sebagai translator, sebagai desain grafis, sebagai digital marketing, dan lain-lainnya. Jenis pekerjaan sampingan ini umumnya dapat dikerjakan disela-sela waktu kesibukan utama Anda.

Hanya saja memang ketika memutuskan mencari pendapatan tambahan, Anda harus mampu mengelola waktu sebaik mungkin. Agar semua tanggung jawab Anda terhadap pekerjaan dapat ditunaikan.

 

  1. Jalankan bisnis sampingan sebagai entrepreneur

Pilihan lain yang dapat dilakukan untuk mencari pendapatan tambahan ialah dengan merintis bisnis sendiri. Menjadi entrepreneur adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan. Anda bisa memulai bisnis sendiri dengan modal yang relatif kecil.

Misalnya memproduksi inovasi makanan atau minuman untuk dijual. Atau juga mendaftarkan diri menjadi reseller sebuah produk, umumnya dengan syarat pembelian minimum atas suatu produk. Dan berbagai jenis bisnis sampingan lain yang masih dapat dilaksanakan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

 

  1. Mendaftarkan diri menjadi affiliate dan/atau dropship

Jika Anda jago promosi, maka Anda bisa memanfaatkan peluang yang ditawarkan banyak e-commerce saat ini dengan menjadi seorang affiliate atau juga dropship. Di mana tugas Anda hanya perlu mempromosikan produk-produk, untuk bisa menggaet lebih banyak pelanggan baru. Sehingga ada banyak produk yang berhasil dijual oleh Anda.

Dengan catatan, Anda harus mempromosikan produk tersebut dengan rutin dan sesering mungkin.

 

  1. Manfaatkan barang dan asset yang ada untuk lebih produktif

Cara lain untuk meningkatkan penghasilan adalah dengan memanfaatkan barang-barang atau asset yang memiliki potensi nilai.

Misalnya dirumah ada barang stroller anak, maka Anda bisa menyewakan stroller tersebut. Atau juga misalnya Anda memiliki rumah ditempat lain yang dapat disewakan atau dikontrakan.

Cara di atas hanya sebagian kecil contoh dalam memanfaatkan apa yang Anda miliki, agar lebih produktif dan mampu menghasilkan. Sehingga Anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari hasil sewa barang atau asset yang dimiliki.

Di atas hanya sebagian kecil cara untuk dapat meningkatkan penghasilan, karena di luar sana masih ada banyak side job lain yang bisa menjadi pilihan. Tentunya untuk memilih side job, Anda perlu menyesuaikannya dengan minat dan keterampilan yang dimiliki.

Ketika Anda merasa kurang percaya diri, maka ini adalah momentum bagi Anda meningkatkan keterampilan diri. Agar bisa memiliki keterampilan-keterampilan baru yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan memaksimalkan keterampilan, secara tidak langsung Anda berpotensi menerima pendapatan tambahan lebih besar.

 

Setelah berhasil meningkatkan penghasilan di luar UMP, maka selanjutnya:

  1. Buatlah rencana keuangan:

Alokasikan sebagian pendapatan Anda untuk berinvestasi atau memulai bisnis.

  1. Bersabar dan tekun:

Meningkatkan penghasilan membutuhkan waktu dan usaha yang keras. Serta kesabaran dan kedisiplinan.

Dengan perencanaan yang matang dan usaha yang keras, Anda bisa meningkatkan penghasilan di luar UMP dan mencapai tujuan keuangan Anda.
Ilustrasi pertumbuhan pendapatan. Source: epm.org

 

Persentase Investasi yang Sebaiknya Dialokasikan, Jika Memiliki Pendapatan UMP?

Melakukan investasi adalah salah satu cara dalam mencapai kesejahteraan finansial. Namun, bagi pekerja dengan pendapatan UMP, berinvestasi bisa menjadi tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan pendapatan UMP biasanya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Oleh karena itu, penting untuk menentukan persentase investasi yang tepat jika memiliki pendapatan UMP. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan persentase investasi:

  1. Kebutuhan pokok: Alokasikan sebagian besar pendapatan Anda untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti makanan, tempat tinggal, dan transportasi.
  2. Tabungan: Sisihkan sebagian pendapatan Anda untuk tabungan, baik untuk dana darurat maupun tujuan keuangan jangka pendek lainnya.
  3. Investasi: Alokasikan sebagian kecil pendapatan Anda untuk investasi.

Berdasarkan hal-hal tersebut, persentase investasi yang sebaiknya dialokasikan bagi pekerja dengan pendapatan UMP adalah sekitar 10%-20% dari pendapatan. Persentase ini dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing individu.

Berikut ini adalah contoh alokasi dana untuk pekerja dengan pendapatan UMP:

  • Kebutuhan pokok: 70%
  • Tabungan: 20%
  • Investasi: 10%

Dengan alokasi dana tersebut, Anda masih bisa memenuhi kebutuhan pokok dan tabungan, serta menyisihkan sebagian kecil pendapatan untuk investasi. Namun, persentase tersebut tidaklah berlaku untuk semua orang, karena kondisi kehidupan setiap orang berbeda. Ada yang bisa menabung lebih besar karena kebutuhan pokoknya sudah terpenuhi, ataupun sebaliknya. Jadi, sesuaikan dengan kondisi kehidupan masing-masing.

 

Tips Berinvestasi dengan Pendapatan UMP

Selain itu, berikut adalah beberapa tips untuk berinvestasi dengan pendapatan UMP:

  1. Pilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan dan toleransi risiko Anda.
  2. Investasi secara rutin, meski dalam jumlah kecil.
  3. Diversifikasi portofolio Anda untuk meminimalisir risiko.
  4. Belajar dan berlatih untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam berinvestasi.

Dengan perencanaan yang matang dan usaha yang keras, Anda bisa mencapai tujuan keuangan Anda meski dengan pendapatan UMP. Terus konsisten berinvestasi adalah salah satu keunggulan investor yang gigih.

 

Anda sedang ingin menyusun investing plan, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah informasi. Maka sekarang bisa menggunakan Monthly Investing Plan yang telah terbit!

BANNER-ARTIKEL-MIP-2024

Bagi teman-teman investor yang ingin berlangganan Monthly Investing Plan, bisa menggunakan voucher…

 

Kesimpulan

Dengan melihat acuan daftar UMP 2024 seluruh Indonesia, secara tidak langsung Anda telah memiliki gambaran bagaimana pertumbuhan UMP dari tahun ke tahun. Tidak hanya itu Anda juga dapat memperhitungkan berapa besar kenaikan biaya hidup dan juga kenaikan UMP. Sehingga Anda lebih matang dalam menyusun anggaran keuangan dalam setiap bulannya.

Adapun jika Anda merasa UMP 2024 masih belum dapat mengimbangi kebutuhan hidup. Maka Anda dapat mencari pendapatan tambahan, yang juga diiringi dengan peningkatan keterampilan. Dengan begitu Anda dapat memiliki nilai jual yang lebih tinggi, untuk mempermudah Anda mendapatkan kenaikan gaji. Atau bahkan lebih mudah mendapatkan side job dari perusahaan lain.***

 

###

 

DISCLAIMER ON:
Tulisan ini bukan rekomendasi jual dan beli. Semua data dan pendapat pada artikel adalah bersifat informasi yang mengedukasi pembaca, berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Risiko investasi berada pada tanggung jawab masing-masing investor. Do Your Own Research!

 

Temukan Artikel Analisa dan Edukasi Saham lainnya di Google News.

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel