Rivan Kurniawan

Raih Kebebasan Finansial Dengan Investasi Saham ? Ini Tipsnya !

Raih Kebebasan Finansial Dengan Investasi Saham ? Ini Tipsnya !


Sudah siapkah Anda, memulai tahun 2021 ini untuk mempersiapkan Kebebasan Finansial di masa mendatang dengan berinvestasi saham. Atau justru sebaliknya, Anda masih bingung dan tak tahu harus mulai dari mana untuk investasi saham. Nah kira-kira, bagaimana ya caranya meraih kebebasan finansial dengan investasi saham? Tentu Anda perlu mempelajari investasi ini lebih lanjut.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh :

 

Pentingnya Meraih Kebebasan Finansial di Waktu yang Tepat

Siapa saja bisa meraih kebebasan finansial dengan cara investasi saham. Nantinya di masa depan, diharapkan Anda bisa dapat memenuhi kebutuhan hidup dari hasil Anda berinvestasi saham. Namun sebelumnya lebih jauh, apa sih yang dimaksud dengan kebebasan finansial itu?

Singkatnya, kebebasan finansial (Financial Independence) dapat diartikan sebagai kondisi di mana Anda sudah dapat memenuhi segala kebutuhan hidup, tanpa harus terus bekerja.

Dan apakah, Anda tahu bahwa ternyata 90% karyawan di Indonesia, rupanya belum siap menghadapi masa pensiun atau masih jauh untuk bisa mencapai kebebasan finansial di masa sudah tidak bekerja lagi. Fenomena ini masih banyak terjadi, disebabkan oleh mayoritas masyarakat Indonesia yang tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang.

Bahkan, kebanyakan orang masih saja mengandalkan tabungan biasa untuk biaya hidup di masa tuanya. Padahal, tingkat inflasi di Indonesia jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan bunga yang dihasilkan dari tabungan di bank. Untuk itu, Anda harus menyiapkan masa depan sedini mungkin. Salah satunya dengan investasi saham. Idealnya, rata-rata orang baru memikirkan kondisi keuangan di masa mendatang saat usia mencapai 25-30 tahun. Padahal, dengan memulai investasi sedini mungkin maka tujuan keuangan Anda akan lebih cepat tercapai.

Berkaitan tentang hal ini, Penulis juga pernah membahasnya, bagaimana sebuah investasi saham dengan metode Value Investing bisa memberikan kehidupan yang lebih baik…

[Baca lagi : Bagaimana Value Investing Mampu Memenuhi Tujuan Jangka Panjang Anda ?]

Langkah-Langkah yang Diperlukan Menuju Kebebasan Finansial

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam mencapai kebebasan finansial di masa depan.

  • Kenali Kondisi Keuangan

Anda harus tahu seluk beluk kondisi keuangan saat ini. Mulai dari pendapatan, pengeluaran, utang, dan semua mengenai keluar masuknya uang Anda. Setelah itu baru bisa terlihat apakah kondisi keuangan Anda sudah sehat atau ada bagian yang harus diperbaiki.

 

  • Buat Rencana Keuangan

Semakin spesifik angka yang Anda perhitungkan untuk kebutuhan masa depan, semakin tahu kapan tujuan finansial Anda akan terwujud. Begitu juga dengan proses dalam rangka mencapai kebebasan finansial.

 

  • Lunasi Utang

Utang adalah salah satu penghambat tercapainya tujuan kebebasan finansial. Selama ada utang yang belum terbayar, Anda patut untuk memprioritaskan pelunasannya. Selain itu, dengan melunasi utang, dapat berarti Anda tidak menjadi penghambat dalam kebebasan finansial orang lain.

 

  • Mulai Berinvestasi

Sama seperti halnya menabung, namun investasi dapat memberikan return yang berkali lipat daripada sekadar tabungan biasa yang dapat tergerus biaya dan inflasi. Untuk langkah awal, alokasikan 20% dari penghasilan untuk investasi. Pelajari dulu mengenai investasi yang sesuai dengan tujuan finansial agar tidak salah dalam memilih instrumen. Beberapa instrumen investasi yang bisa dipilih sesuai kemampuan, antara lain pasar modal (saham, obligasi, reksadana) emas, properti (tanah, rumah, apartemen) yang dapat memberikan penghasilan lebih dari pengeluaran setiap bulan.

 

  • Siapkan Dana Darurat

Dana darurat ini akan berguna di saat ada pengeluaran mendadak, sehingga tidak sampai mengganggu cashflow Anda ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi tiba-tiba. Siapkan dana darurat yang dapat menutup kebutuhan hidup Anda selama 3 hingga 6 bulan.

 

  • Cari Pendapatan Tambahan

Beberapa orang mempunyai gaji yang kurang untuk mempersiapkan kebutuhan finansial di masa depan. Anda dapat membuat bisnis kecil-kecilan yang dapat menjadi sumber pendapatan tambahan. Dengan banyak sekali kemudahan dan promosi gratis melalui sosial media, dan perlu ketekunan dalam mengelolanya.

 

  • Bayar Kartu Kredit Setiap Bulan

Kartu kredit mungkin memang dibutuhkan bagi beberapa orang yang sering bertransaksi dan tidak mungkin membawa uang tunai terlalu banyak sehari-hari. Namun jangan lupa untuk melunasi penuh tagihannya setiap bulan.

 

  • Sesuaikan Lifestyle

Kebanyakan orang selalu meningkatkan pengeluaran seiring meningkatnya pendapatan. Padahal, itu dapat membuat kondisi keuangan Anda tidak mengalami peningkatan. Bahkan, beberapa pengeluaran kadang hanya untuk membahagiakan orang lain atau membuat kita merasa di terima di suatu lingkaran pertemanan. Anda harus menyadari betul apa yang benar-benar diperlukan untuk hidup Anda sendiri, dan membeli sesuatu karena butuh. Sesuaikan juga kebutuhan dengan kemampuan finansial Anda.

 

Raih Kebebasan Finansial Dengan Investasi Saham

Ada beragam investasi yang mempunyai keuntungan dan risiko berbeda. Umumnya, keuntungan yang tinggi juga memiliki risiko yang tinggi, contohnya adalah investasi saham. Investasi saham, sendiri berarti penyertaan modal suatu pihak dalam suatu perusahaan yang memiliki klaim atas pendapatan dan aset perusahaan. Berikut akan dibahas beberapa tips investasi saham untuk pemula.

 

  • Pahami Esensi Investasi Saham

Pemahaman dan perspektif Anda dalam investasi saham sangat mempengaruhi strategi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan. Dengan memahami esensi investasi saham di perusahaan tersebut, Anda jadi tidak terburu-buru dan dapat memikirkan secara matang setiap langkah yang di ambil.

 

  • Reksadana

Dengan bantuan manajer investasi Anda dapat mengetahui portofolio mengenai statistik daftar Top 10 saham yang dipegang Reksadana Saham.

 

  • Blue-Chip

Saham yang dianggap paling aman dan menjanjikan stabilitas keuntungan ini adalah milik perusahaan dengan kualitas terbaik yang dijual di Bursa. Biasanya dapat dilihat dari kapitalisasi pasar yang besar dan ramai diperdagangkan setiap hari di bursa.

 

  • Diversifikasi Investasi

Singkatnya, jangan tempatkan semua uang Anda di saham. Jika terjadi krisis Anda bisa bertahan karena ada cadangan di instrumen lain yang aman dari krisis saham.

 

  • Investasi Jangka Panjang

Beli saham berarti Anda berinvestasi di suatu bisnis yang membutuhkan proses dan waktu untuk berkembang dan memberikan hasil kepada investor. Jadi tidak ada yang instan dalam bisnis.

 

  • Hati-Hati Trading Online

Trading saham membutuhkan waktu dan tenaga untuk memantau aktifitas perusahaan setiap saat, serta berharap keuntungan dari pergerakan harga saham setiap hari. Banyak faktor yang berhubungan dan mempengaruhi harga saham sehingga market-timing ini sulit dilakukan bagi pemula.

 

Jadi, apakah Anda semakin tertarik dengan investasi saham sebagai langkah meraih kebebasan finansial ? Jika ya, maka jangan lupa untuk share artikel bermanfaat ini kepada orang terdekat Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ike Nofalia, S.Kom. 23 Desember 2020. Meraih Kebebasan Finansial Dengan Investasi Saham? Begini Caranya!. https://www.finansialku.com/kebebasan-finansial-dengan-investasi-saham/

 

Nah, untuk Anda yang ingin atau sedang menyusun investing plan Anda, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah banyaknya informasi yang beredar, Anda bisa menggunakan Monthly Investing Plan edisi Januari 2021 yang telah terbit hari ini…

Monthly Investing Rivan Kurniawan

 

###

 

Info:

 

Tags : Raih Kebebasan Finansial | Raih Kebebasan Finansial | Raih Kebebasan Finansial | Raih Kebebasan Finansial | Raih Kebebasan Finansial | Raih Kebebasan Finansial | Raih Kebebasan Finansial | Raih Kebebasan Finansial | Raih Kebebasan Finansial | Raih Kebebasan Finansial |Raih Kebebasan Finansial |

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel