Resolusi Investasi Saham Tahun 2024 yang Realistis!

Resolusi Investasi Saham Tahun 2024 yang Realistis!


Terakhir diperbarui Pada 2 April 2024 at 1:08 pm

Sudah menyiapkan resolusi investasi saham tahun 2024? Mumpung masih awal tahun yang baru, dengan semangat yang juga masih baru. Mari kita benahi kantong investasi saham kita untuk tahun ini…

 

Source: twocents.lifehacker.com

 

Pentingnya Membuat Resolusi Investasi Saham

Resolusi investasi saham adalah rencana yang dibuat oleh investor untuk mencapai tujuan investasinya. Resolusi ini akan membantu investor untuk tetap fokus dan konsisten dalam berinvestasi.

Ada beberapa alasan mengapa penting untuk membuat resolusi investasi saham, antara lain:

  1. Mengarahkan investor tetap fokus pada tujuan investasinya

Resolusi investasi akan membantu investor untuk tetap fokus pada tujuan investasinya, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan memiliki resolusi yang jelas, maka investor akan lebih mudah untuk membuat keputusan investasi yang tepat.

  1. Membantu investor tetap konsisten dalam berinvestasi

Investasi adalah aktivitas jangka panjang yang membutuhkan konsistensi. Untuk itu resolusi investasi akan membantu investor, tetap konsisten dalam berinvestasi. Bahkan saat pasar sedang mengalami penurunan.

  1. Mempermudah investor dalam memantau kinerja investasi

Alasan lain mengapa kita sebagai investor, perlu menyusun resolusi investasi saham tahun 2024 ini. Salah satunya untuk menjadi acuan yang membantu kita memantau kinerja investasi. Karena dengan memiliki resolusi, tentu kita akan lebih mudah mengetahui apakah investasi yang dijalankan sudah sesuai dengan rencana, atau belum.

 

 

Cara Membuat Resolusi Investasi Saham untuk 2024

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuat resolusi investasi saham untuk 2024:

  1. Tentukan tujuan investasi

Langkah pertama adalah menentukan tujuan investasi. Hal ini dapat berupa jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang. Beberapa contoh tujuan investasi saham antara lain:

    • Menabung untuk dana pensiun
    • Membeli rumah
    • Memulai bisnis
  1. Pertimbangkan kondisi keuanga

Langkah kedua adalah mempertimbangkan kondisi keuangan. Dalam hal keuangan ini, wajib bagi seorang Investor mengenali dan memahami berapa banyak uang yang akan diinvestasikan. Termasuk dengan memperhitungkan seberapa besar risiko yang sanggup diterima, jika kelak merugi.

  1. Lakukan riset

Langkah ketiga adalah melakukan riset untuk menemukan saham-saham yang sesuai dengan tujuan dan kondisi keuangan. Pada tahapan ini, kita sebagai investor yang berinvestasi perlu melakukan analisa fundamental. Termasuk dengan mempelajari prospek industri, potensi risiko dan kondisi pasar.

  1. Buat rencana investasi

Langkah keempat adalah membuat rencana investasi. Di mana rencana ini berisikan informasi tentang saham-saham yang akan dibeli. Termasuk dengan jumlah uang yang akan diinvestasikan.

  1. Evaluasi secara berkala

Langkah kelima adalah evaluasi secara berkala. Pada tahap ini sangat perlu kita lakukan evaluasi terhadap kinerja investasi saham-saham yang kita miliki. Evaluasi secara berkala ini dapat dilakukan secara terjadwal, seperti halnya monthly investing, atau bahkan kuartalan. Evaluasi ini membantu kita mengetahui apakah investasi yang berjalan masih sesuai dengan tujuan, atau tidak.

 

Source: thebalancemoney.com

 

Faktor dalam Membuat Resolusi Investasi Saham

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membuat resolusi investasi saham, antara lain:

  1. Tujuan investasi

Tujuan investasi adalah faktor yang paling penting, dalam membuat resolusi investasi saham. Tujuan ini akan menentukan jenis saham yang akan dibeli. Termasuk strategi investasi apa yang akan digunakan.

  1. Kondisi keuangan

Kondisi keuangan juga merupakan faktor penting, untuk dipertimbangkan dalam membuat resolusi investasi saham tahun 2024 ini. Dalam hal keuangan, kita perlu mengetahui berapa banyak uang yang akan diinvestasikan. Dan juga seberapa besar risiko yang sanggup kita tanggung, jika merugi.

  1. Risiko

Risiko adalah hal yang pasti terjadi. Namun sebagai investor, kita dapat mengelola risiko, sehingga lebih terminimalisir. Maka dari itu, kita perlu mengenal dan mengetahui tingkat risiko yang sanggup kita terima.

  1. Diversifikasi

Berkaitan dengan risiko, maka strategi diversifikasi sebaiknya diterapkan. Ya, diversifikasi merupakan salah satu cara untuk meminimalisir risiko investasi. Sehingga memperkecil potensi terjadinya kerugian.

 

Jenis-Saham

[Baca lagi: Jenis-jenis Saham, Kenali Jenis dan Tipsnya Biar Cuan Maksimal]

 

Cara Menentukan Tujuan Investasi yang Realistis

Dalam menetapkan resolusi investasi saham tahun 2024, diperlukan tujuan investasi yang realistis. Hal ini ditujukan untuk mendorong dan meningkatkan sumber daya yang dimiliki oleh kita, sebagai investor. Berikut adalah tips untuk menentukan tujuan investasi yang realistis:

  1. Pertimbangkan kondisi keuangan

Sebelum menentukan tujuan investasi, kita perlu mempertimbangkan kondisi keuangan. Apakah keuangan sudah stabil dan mampu mendukung tujuan investasi?

  1. Tentukan tujuan yang spesifik

Tujuan investasi yang bijak, seharusnya dapat dibuat secara lebih spesifik. Dengan maksud untuk mempermudah mencapai tujuan yang diinginkan.

Misalnya, daripada menetapkan tujuan untuk “menjadi kaya”. Maka, bisa mengalihkan tujuan untuk agar bisa  “memiliki dana pensiun sebesar Rp1 miliar dalam waktu 25 tahun”.

  1. Tentukan tujuan yang dapat diukur

Tujuan investasi yang dapat diukur akan lebih mudah untuk dipantau. Misalnya, daripada menetapkan tujuan untuk “menjadi sukses”. Maka kita juga bisa menetapkan tujuan untuk “meningkatkan nilai portofolio sebesar 10% per tahun”.

  1. Tentukan tujuan yang dapat dicapai

Tujuan investasi yang realistis adalah tujuan yang terukur untuk dicapai. Dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh kita sebagi investor. Untuk itu, penting bagi kita mempertimbangkan faktor-faktor seperti kondisi keuangan, toleransi risiko, dan waktu yang dimiliki.

Dengan membuat resolusi investasi saham tahun 2024 yang tepat. Tentu kita sedang berupaya membuka pintu kesempatan untuk mencapai tujuan investasi yang diinginkan..

 

Source: entrepreneur.com

 

Apa Akibatnya, Jika Tidak Memiliki Resolusi Investasi

Resolusi investasi adalah rencana yang dibuat oleh investor untuk mencapai tujuan investasi. Dengan maksud untuk dapat membantu investor, agar tetap fokus dan konsisten dalam berinvestasi.

Jika tidak memiliki resolusi investasi saham tahun 2024 yang sekarang sudah berjalan ini. Bukan tidak mungkin, kita akan lebih rentan untuk melakukan kesalahan investasi. Berikut adalah beberapa akibat yang dapat terjadi, jika tidak memiliki resolusi investasi saham tahun 2024:

  1. Tujuan investasi tidak tercapai

Tanpa resolusi investasi saham tahun 2024, kita cenderung akan sulit untuk fokus pada tujuan investasi. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan tercapainya tujuan tercapai.

  1. Investasi tidak sesuai dengan kondisi keuangan

Tanpa resolusi investasi yang tersusun baik, maka alokasi investasi kita akan terjadi secara berlebihan atau di luar kemampuan. Akibatnya kita akan mengalami kerugian finansial.

  1. Investasi tidak sesuai dengan toleransi risiko

Tanpa resolusi investasi, kita jadi terlalu berani dalam mengambil risiko yang terlalu besar. Padahal mungkin profil risiko kita terbilang rendah.

  1. Investasi tidak konsisten

Tanpa resolusi investasi, kita akan lebih mudah berputus asa. Sehingga akhirnya memutuskan menyerah dalam berinvestasi dan tidak mau mencobanya lagi.

 

Anda sedang ingin menyusun investing plan, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah informasi. Maka sekarang bisa menggunakan Monthly Investing Plan yang telah terbit!

BANNER-ARTIKEL-MIP-2024

Bagi teman-teman investor yang ingin berlangganan Monthly Investing Plan, bisa menggunakan voucher…

 

Bagaimana Agar Resolusi Investasi Bisa Konsisten Dilakukan

Untuk memastikan resolusi investasi saham tahun 2024, telah berjalan konsisten dilakukan, maka terapkan beberapa hal berikut:

  • Tentukan tujuan investasi yang realistis

Dengan tujuan yang realistis dan sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. Tentu akan lebih mudah bagi kita mencapai tujuan.

  • Buat rencana investasi yang terukur

Rencana investasi yang terukur, secara efektif akan membantu kita tetap fokus pada tujuan. Termasuk dalam memilih strategi investasi yang tepat.

  • Evaluasi secara berkala

Evaluasi yang dilakukan berkala, efektif untuk memastikan bahwa resolusi investasi yang ditetapkan masih berjalan sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya. Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu investor konsisten dalam menjalankan resolusi investasinya:

    1. Buatlah resolusi investasi yang spesifik dan dapat diukur. Agar lebih mudah untuk diingat dan dilacak.
    2. Tuliskan resolusi investasi. Penulisan resolusi mendorong dan meningkatkan fokus kita dalam berinvestasi. Dan tentunya lebih termotivasi.
    3. Bagikan resolusi investasi dengan rekanan sesama investor. Hal ini akan menciptakan komitmen yang lebih tinggi untuk bisa mencapai resolusi yang ditargetkan. Tidak hanya itu, kita juga dapat bercermin pengalaman dari resolusi-resolusi yang sudah tercapai di rekanan investor lain.
    4. Jangan menyerah jika terjadi kesalahan. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Begitu juga dengan kita, dalam proses berinvestasi tentu tidak akan luput dari berbagai kesalahan.

Sebaliknya kita perlu sikap pantang menyerah. Di mana kita sebaiknya mampu mengambil pelajaran dari kesalahan yang terjadi. Dan teruslah belajar untuk menjadi investor yang lebih baik.

 

Manfaat-Diversifikasi-dalam-Investasi-Saham

[Manfaat Diversifikasi dalam Investasi Saham! Cari Tahu Dulu Cara Mengoptimalkan

 

Kesimpulan

Lantas bagaimana dengan teman-temen investor di sini? Apakah sudah menyusun resolusi investasi saham tahun 2024? Atau kembali melanjutkan tujuan investasi yang belum tercapai di tahun 2023?

Dan dari pembahasan kita. mengenai resolusi investasi saham 2024. Maka kita mendapatkan kesimpulan, bahwa penyusunan investasi saham 2024 bisa berjalan dengan baik. Apabila resolusi  disusun dengan tujuan yang realistis. Sehingga kita bisa meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan investasi dengan konsisten. Jadi, ayo semangat membuat resolusi investasi saham tahun 2024!***

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel