Resmikan Proyek Jababeka Movieland US$3.5 Milliar, Saham KIJA Terbang di Bulan Juli

Resmikan Proyek Jababeka Movieland US$3.5 Milliar, Saham KIJA Terbang di Bulan Juli


Terakhir diperbarui Pada 26 July 2023 at 12:20 pm

Jababeka Movieland, proyek yang tengah dimulai sejak 18 tahun lalu akhirnya diresmikan oleh PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA). Prospek Jababeka Movieland diklaim menarik karena akan menyediakan seluruh fasilitas edukasi perfilman. Bahkan imbas dari kehadiran Movieland, harga saham KIJA melonjak di kisaran Rp180 – Rp187. Benarkah sedemikian menarik?

 

Artikel ini dipersembahkan oleh :

 

 

Proyek Jababeka Movieland

Proyek ini merupakan kawasan industri film dan televisi atau Movieland yang dibangun di Kota Jababeka, Cikarang Jawa Barat. Jababeka Movieland ini memiliki luas area 35 hektar (ha) dengan taksiran dana investasi sebesar US$3.5 milliar atau US$100juta per hektare. Hal ini diungkap oleh Founder dan Chairman Jababeka, Setyono Djuandi Darmono pada Sabtu, 8 Juli 2023 di Cikarang dikutip dari investor.id.

Jababeka Movieland memiliki visi untuk memfasilitasi kebutuhan industri perfilman dan televisi di Indonesia. Darmono mengatakan untuk itulah Jababeka Movieland hadir, setelah melakukan peletakan batu pertama 20 Agustus 2008. Jababeka Movieland diharapkan dapat menjadi pusat industri perfilman dan televisi yang menyediakan semua fasilitas edukasi perfilman. Dilengkapi juga dengan studio dan lingkungan bertema perfilman seperti Universal Studio, Amerika Serikat.

Fasilitas yang sekarang ini ada dan sudah bisa digunakan untuk kebutuhan perfilman Indonesia diantaranya Apartment Elvis dan Monroe, Hotel Ibis Style, serta Sunerra Antero.

Terdapat pula kluster perumahan The Oscar dan Beverly Hills Pavilion Housing, serta area komersial Hollywood Junction dan Movie Boulevard yang telah dibangun dalam waktu 13 tahun sejak tahun 2008 – 2023.

Proyek ini telah menjadi pilihan bagi para produser dan production house dalam pembuatan film televisi (FTV), layar lebar, sinetron, atau iklan. Contohnya adalah film box office berjudul “Foxtrot Six” yang diproduksi di Jababeka Movieland dan telah tayang di bioskop Indonesia.

KIJA bahkan mengklaim bahwa bangunan dan fasilitas yang ada di Kota Jababeka, dapat memenuhi berbagai kebutuhan shooting dengan berbagai latar belakang, baik perkotaan, perkantoran, rumah, maupun pedesaan.

 

Pusat Industri Film dan Televisi Terintegrasi di Jababeka

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga tercatat namanya dalam momen peresmian kawasan Jababeka Movieland. Ia pun turut memberikan apresiasi atas upaya Jababeka dalam mengembangkan industri film di Indonesia.

Tidak sampai disitu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga mencari kerja sama lintas sektor, termasuk dengan sektor swasta, dalam menyediakan tempat atau set untuk shooting. Kemenparekraf menggantungkan harapannya, agar Jababeka Movieland dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah dan stakeholder film untuk bisa memajukan industri perfilman dan televisi di Indonesia.

Sebagai pusat industri film dan televisi terintegrasi di Kota Jababeka, kehadiran Jababeka Movieland yang telah menjalani masa pembangunan selama 18 tahun. Bahkan sudah memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti halnya program studi film, studio film, taman tema perfilman, dan fasilitas lainnya.

Lokasi Jababeka Movieland yang juga strategis, membuat keberadaannya cukup dekat dengan Jakarta. Terlebih lagi didukung oleh infrastruktur yang juga mudah dijangkau. Hal ini kian menjadikan Kota Jababeka sebagai pilihan utama para produser film dan televisi.

Oleh karena itu, Kemenparekraf berharap kolaborasi antara Jababeka Movieland, pemerintah daerah, dan stakeholder film mampu membawa dampak positif bagi pertumbuhan industri perfilman dan televisi di Indonesia.

Selain menjadi pusat industri film dan televisi, Jababeka Movieland juga diharapkan dapat menjadi destinasi pariwisata baru dengan basis perfilman dan industri kreatif. Pasalnya, di kawasan ini terdapat sekitar 2.000 factory outlet yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Dukungan lain juga datang dari President University yang akan berupaya mendorong perkembangan ekosistem perfilman, dengan mempersiapkan pembukaan program studi perfilman sebagai tempat belajar, sekaligus praktik langsung dalam pembuatan film atau televisi.

Dengan hadirnya Jababeka Movieland, Kota Jababeka Cikarang kini memiliki kawasan industri film dan televisi yang telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Targetnya, Jababeka Movieland mampu menjadi pusat industri film dan televisi terintegrasi yang menyediakan semua fasilitas yang diperlukan. Termasuk dengan memberikan dampak positif bagi industri perfilman dan televisi di Indonesia.

 

Pertumbuhan Laba KIJA Kuartal I – 2023

Secara laporan keuangan tahunan, KIJA masih mencatatkan rugi bersih selama 3 tahun terakhir. Namun secara laporan kuartalan, KIJA berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp260.55 milliar pada kuartal I-2023. Laba ini meningkat 703% dari rugi bersih di kuartal I-2022 sebesar Rp43.18 milliar.

Adapun sampai dengan bulan Mei 2023 penjualan lahan industri telah mencapai 71.5 hektar atau senilai Rp1.05 triliun. Berkenaan dengan itu, di tahun ini Jababeka menargetkan penjualan lahan industri di Cikarang bisa mencapai Rp600 miliar. Begitu juga di Kendal bisa mencapai sebesar Rp800 miliar. Kendati demikian, angkat 1.4 trilliun itu bukanlah target tertinggi pada tahun 2023 ini.

Untuk itu, target marketing tahun ini adalah sebesar Rp2 triliun. Nilai tersebut sudah termasuk residensial dan komersial, ungkap Mulyadi Suganda, Sekretaris Perusahaan KIJA.

 

Saham KIJA Reli Sejak Awal Juli

Saham PT Kawasan Industri Jababeka Tbk mengalami reli sejak awal Juli 2023. Dan telah mengalami kenaikan 21.17% sampai dengan minggu ke-2 bulan Juli 2023. Diawal minggu setelah rilis berita peresmian Jababeka Movieland, saham KIJA ditutup pada kenaikan harian tertingginya di bulan Juli mencapai 7.14%, tepatnya di hari Senin, 10 Juli 2023.

Artinya, dalam jangka pendek peresmian proyek Jababeka Movieland telah menjadi katalis positif terhadap kenaikan harga saham KIJA di bulan Juli. KIJA diprediksi masih akan naik sampai dengan Rp175 bila dilihat dari kenaikan dan kekuatan trendnya.

Kendati demikian, apakah KIJA mampu mempertahankan kinerja keuangan maupun sahamnya di kuartal-kuartal berikutnya? Dan akan seberapa besar juga potensi keuntungan yang dapat diberikan oleh Jababeka Movieland?***

 

DISCLAIMER : Tulisan ini bukan bersifat rekomendasi beli atau jual. Tulisan ini bersifat untuk edukasi berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Do Your Own Research sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham.

###

Info:

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel