Kinerja-CNMA-Melejit-22-Persen

PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (sticker code: CNMA), atau yang kita lebih kenal dengan Cinema XXI, benar-benar bikin gebrakan di awal tahun 2023. CNMA mencatat pendapatan luar biasa sebesar Rp2.4 triliun pada semester I-2023. Ini adalah kesuksesan CNMA yang luar biasa, karena pendapatan CNMA tumbuh sekitar 22% YoY, dibandingkan dengan pendapatan sebesar Rp2 triliun pada semester I-2022.

 

 

Artikel ini dipersembahkan oleh :

 

 

 

Film-film Indonesia menjadi Pemain Utama di CNMA

Perlu untuk kita tau, kalau kinerja CNMA yang progresif tersebut tidak terlepas dari film-film Indonesia yang sangat diminati masyarakat.

Nah, pertumbuhan kinerja yang luar biasa tersebut tidak lepas dari peran film-film Indonesia yang sukses menarik perhatian. Berikut adalah beberapa film yang dimaksud beserta jumlah penontonnya:

 

Film-film tersebut berhasil mencuri perhatian penonton, yang pada akhirnya berdampak positif pada kinerja CNMA.

Meskipun pendapatan dari tiket bioskop tetap menjadi yang terbesar, menyumbang sekitar 60.2% dari total pendapatan. Namun pendapatan dari makanan dan minuman juga jadi bagian yang tak kalah penting, mencapai 35.6%. Sementara pendapatan dari iklan dan platform digital juga berkontribusi sebesar 1.6% dan 2.2%.

 

[Baca lagi: Berinvestasi di Podcast Close The Door, DMMX Menarik?]

 

 

Penopang Kinerja CNMA

Selain faktor-faktor di atas, banyak faktor lain yang juga membantu CNMA mencapai kesuksesan ini:

  1. Jumlah penonton meningkat:

Jumlah penonton tumbuh sebanyak 22.3% YoY di semester I-2023 mencapai 36.9 juta penonton, dari 30.1 juta pada semester I-2022. Ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin antusias untuk menikmati film-film berkualitas di bioskop.

  1. Momentum liburan:

Kinerja solid pada semester I-2023 ditopang oleh kinerja positif sepanjang Kuartal II-2023, di mana masyarakat memanfaatkan momentum libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan libur sekolah untuk menikmati film-film di bioskop.

Jadi, jika dibandingkan dengan Kuartal I-2023, jumlah penonton di Kuartal II-2023 mengalami peningkatan 74,0% QoQ, sementara pendapatan bertambah 74,9% QoQ.

  1. Bioskop baru terus dibuka:

Pada semester I-2023, Cinema XXI membuka tujuh lokasi bioskop baru dengan tambahan 31 layar. Ini artinya, lebih banyak pilihan layar untuk penonton yang ingin menikmati film-film terbaru.

Salah satu lokasi bioskop baru tersebut ada di Kota Cianjur, yang sebelumnya tidak memiliki bioskop. Dengan tambahan ini, hingga tanggal 30 Juni 2023, Cinema XXI telah menghadirkan total 1.239 layar di 230 lokasi bioskop yang tersebar di 56 kota di seluruh Indonesia.

Langkah ekspansi ini sejalan dengan komitmen CNMA untuk terus berkembang. CNMA berencana membuka sekitar 80 layar baru pada akhir tahun 2023. Bahkan lebih ambisius dengan rencana membuka sekitar 140 layar baru pada akhir tahun 2024.

Hal ini akan memberikan lebih banyak pilihan kepada penonton di berbagai daerah Indonesia untuk menikmati pengalaman serta hal tersebut akan menjadi katalis bagi kinerja CNMA dimasa depan.

 

 

Ada lebih dari 800 emiten yang terdaftar di BEI. Maka untuk mempermudah pemantauan kinerja laporan keuangan dan rasio-rasionya, bisa memanfaatkan Cheat Sheet.

Cheat-Sheet

 

 

 

Posisi CNMA dalam Dunia Biskop

Berdasarkan data yang ada, jika memilih berdasarkan kelompoknya, Cinema XXI menjadi bioskop terbanyak yang dapat ditemui di seluruh Indonesia. Bioskop-bioskop yang berada di bawah naungan PT Nusantara Sejahtera Raya ini memiliki total sebanyak 307 unit berdasarkan data yang tercatat pada bulan Januari 2023.

Secara jumlah, maka CNMA akan lebih banyak menjangkau market sampai ke kota-kota kecil yang pada akhirnya yang akan menjadi penopang bagi kinerja CNMA.

Kesimpulannya, kinerja CNMA yang meningkat 22% di semester pertama tahun 2023 adalah hasil kerja keras dari CNMA dan dipicu oleh film-film Indonesia yang sukses, sumber pendapatan yang beragam, peningkatan jumlah penonton, dan strategi ekspansi yang cerdas. Demikian gambaran singkat dari kinerja CNMA, apakah menarik atau tidak?***

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *