Menyelami Indeks MSCI

Menyelami Indeks MSCI: Kegunaannya dan Strategi untuk Mendapatkan Keuntungan


Terakhir diperbarui Pada 10 July 2023 at 2:46 pm

Pasti sering banget denger MSCI, MSCI banyak diperbincangkan karena saham GOTO yang tiba-tiba bergerak ARA (Auto Reject Atas) pada 31 Mei 2023 lalu akibat masuknya GOTO ke dalam indeks MSCI. Lalu apa sih MSCI dan bagaimana strateginya agar bisa cuan di saham yang masuk indeks MSCI tersebut? Simak selengkapnya yaaa….

 

Artikel ini dipersembahkan oleh :

 

Apa itu Indeks MSCI?

MSCI (Morgan Stanley Capital International) adalah perusahaan global yang menyediakan berbagai indeks pasar saham dan analisis pasar. Indeks MSCI melacak kinerja saham dari berbagai negara, wilayah, sektor, dan kelas aset. Indeks ini digunakan oleh para investor, manajer investasi, dan lembaga keuangan lainnya sebagai alat untuk memahami kinerja pasar secara keseluruhan.

Perlu kita tau, kalau ada beberapa jenis indeks saham MSCI, misalnya MSCI AC World Index, yang mencerminkan pergerakan nilai saham dari emiten yang ada di negara maju dan berkembang, dan MSCI Emerging Market Index yang merupakan cerminan dari pergerakan harga saham dari emiten yang berada di negara-negara berkembang.

Nah, di Indonesia sendiri, terdapat indeks MSCI Indonesia yang didesain untuk mengukur performa dari emiten-emiten di segmen kapitalisasi besar dan menengah dalam pasar modal Indonesia. Data yang disajikan berupa grafik kumulatif dari performa MSCI Indonesia tetapi dalam satuan USD.

 

Kegunaan Indeks MSCI dalam Investasi Saham

Untuk mengukur kinerja pasar: Indeks MSCI memberikan gambaran tentang kinerja pasar saham secara umum. Melalui indeks ini, investor dapat melihat apakah pasar sedang naik, turun, atau stabil. Selain itu, indeks MSCI memungkinkan perbandingan kinerja suatu saham atau portofolio investasi dengan rata-rata pasar secara keseluruhan.

Misalkan kita memiliki portofolio saham yang terdiri dari beberapa saham perusahaan teknologi. Nah, untuk melihat sejauh mana portofolio tumbuh dan bagaimana kinerjanya dibandingkan dengan indeks pasar saham secara keseluruhan, maka dapat membandingkan performa portofolio dengan indeks MSCI yang relevan, seperti MSCI World Information Technology Index.

Kegunaan Indeks MSCI berikutnya adalah untuk diversifikasi portofolio: maksudnya adalah Indeks MSCI mencakup berbagai negara, sektor, dan kelas aset. Kita sebagai investor dapat menggunakan indeks ini sebagai panduan untuk memilih saham-saham atau sektor saham yang akan dimasukkan dalam portofolio. Dengan memilih saham yang termasuk dalam indeks MSCI, maka kita dapat mendiversifikasi risiko investasi dengan mengikuti tren pasar global.

Kegunaan berikutnya adalah sebagai Indikator Kinerja Investasi: Indeks MSCI digunakan sebagai indikator kinerja investasi oleh fund manager, institusi keuangan, dan investor individual. Perubahan nilai indeks MSCI dapat memberikan petunjuk tentang kinerja investasi mereka. Jika portofolio investasi mengalahkan indeks MSCI, itu dapat dianggap sebagai hasil yang baik.

 

Strategi untuk Memperoleh Keuntungan dari Saham dalam Indeks MSCI

Agar bisa cuan saat berinvestasi saham, maka  perlu tau beberapa strategi dalam memanfaatkan indeks MSCI untuk mendapatkan keuntungan yang  maksimal.

  • Strategi yang pertama adalah melacak perubahan indeks

Penting untuk memantau perubahan dalam indeks MSCI, termasuk perubahan dalam saham yang masuk dan keluar dari indeks. Contoh saham GOTO yang masuk MSCI sedangkan GGRM dan SILO keluar dari MSCI.

Saat saham yang dimiliki berada di dalam indeks MSCI, dapat terjadi kenaikan permintaan yang signifikan, yang dapat berdampak positif pada harga saham tersebut. Sebaliknya, jika suatu saham dikeluarkan dari indeks MSCI, dapat terjadi penurunan permintaan dan harga saham.

  • Strategi yang kedua adalah mengikuti perubahan sektor

Indeks MSCI mencakup sektor-sektor yang berbeda. Di mana kita dapat memantau kinerja sektor-sektor tersebut dan mempertimbangkan untuk meningkatkan eksposur terhadap sektor yang sedang tumbuh.

Misalnya, saat ini MSCI menitikberatkan sektor teknologi sebagai sektor unggulan dengan besaran 24,42%, paling tinggi dibandingkan dengan sektor lainnya, maka perlu memperhatikan saham-saham dengan sektor Teknologi Informasi untuk memaksimalkan keuntungan.

 

Nah, itu dia sekilas pengetahuan tentang indeks MSCI, harapannya tidak perlu bingung lagi tentang apa itu MSCI, kegunaannya, dan strateginya, terlebih masalah saham GOTO yang baru masuk Indeks MSCI.***

 

DISCLAIMER : Tulisan ini bukan bersifat rekomendasi beli atau jual. Tulisan ini bersifat untuk edukasi berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Do Your Own Research sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham.

###

Info:

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel