IDX High Dividend 20, Begini Tips dan Keuntungannya bagi Investor!

IDX High Dividend 20, Begini Tips dan Keuntungannya bagi Investor!


Terakhir diperbarui Pada 24 Mei 2024 at 9:09 pm

IDX High Dividend 20 adalah salah satu indeks yang disediakan oleh Bursa Efek Indonesia. Dengan fungsi untuk mengukur bagaimana kinerja harga 20 saham yang telah membayar dividen tunai dalam kurun waktu tiga tahun ke belakang. Pertanyaannya apa keuntungan yang didapat investor dengan mengetahui indeks IDX High Dividend 20 ini? Yuk kita pelajari tentang indeks saham populer ini. Baca sampai habis di artikel kali ini.

 

Ilustrasi pergerakan kenaikan indeks harga saham. Source: talkingpointsmemo.com

 

Mengenal IDX High Dividend 20

IDX High Dividend 20 merupakan salah satu indeks saham yang cukup populer di pasar modal Indonesia. Indeks ini mencakup 20 saham yang memiliki tingkat dividen tertinggi di pasar. Sehingga indeks ini menarik perhatian investor yang mengutamakan imbal hasil dividen relatif tinggi dalam portofolio investasi mereka.

Dalam indeks IDX High Dividend 20 dirilis pada Mei 2018. Didalamnya terdapat saham-saham yang berasal dari sektor-sektor yang stabil dan memiliki kecenderungan untuk memberikan dividen secara konsisten kepada para pemegang saham.

IDX High Dividend 20 biasanya terdiri dari perusahaan-perusahaan besar dan mapan yang memiliki performa keuangan yang kuat, serta stabil. Keberadaan indeks ini memberikan kesempatan bagi investor yang mencari pendapatan pasif dari dividen. Sekaligus untuk menemukan potensi pertumbuhan nilai investasi dalam jangka panjang.

Namun, seperti halnya investasi pada umumnya, terdapat juga risiko-risiko yang perlu dipertimbangkan oleh investor. Seperti risiko perubahan harga saham, risiko likuiditas, dan risiko pasar secara keseluruhan.

Oleh karena itu, sebelum berinvestasi dalam IDX High Dividend 20, penting bagi investor untuk melakukan riset dan analisis yang mendalam mengenai saham-saham yang termasuk dalam indeks ini. Serta mampu memahami profil risiko dan tujuan investasi mereka secara keseluruhan.

Dengan pemahaman yang baik dan strategi investasi yang tepat, IDX High Dividend 20 dapat menjadi salah satu pilihan investasi yang menarik bagi para investor yang mencari pendapatan dividen yang tinggi dan stabil.

 

Ilustrasi pertumbuhan investasi. Source: simplilearn.com

 

Bagaimana Komposisi IDX High Dividen 20 ditentukan?

  • Proses seleksi saham dalam IDX

Komposisi IDX High Dividend 20 ditentukan melalui serangkaian proses yang cermat dan terstruktur.

    • Pertama-tama, tim pengindeks akan melakukan penelitian mendalam terhadap saham-saham di pasar modal Indonesia yang memiliki kecenderungan untuk memberikan dividen tinggi secara konsisten. Mereka akan meneliti kinerja keuangan perusahaan, tingkat pembayaran dividen dalam beberapa periode terakhir, serta prospek ke depan perusahaan tersebut.
    • Kedua, setelah melakukan penelitian, tim akan melakukan penyaringan saham-saham berdasarkan kriteria tertentu. Seperti rasio dividen terhadap harga saham, kinerja keuangan, likuiditas saham, dan faktor-faktor fundamental lainnya.
    • Ketiga, saat menyusun komposisi IDX High Dividend 20, tim akan memilih saham-saham yang memiliki reputasi baik dan terbukti memberikan dividen secara konsisten.
    • Keempat, tim juga akan mempertimbangkan diversifikasi sektor industri agar portofolio indeks lebih seimbang dan terhindar dari risiko konsentrasi.
  • Metode penghitungan IDX High Dividend 20

Proses ini dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa komposisi IDX High Dividend 20 tetap relevan dengan kondisi pasar. IDX High Dividend 20 ditentukan dengan menggunakan metode penghitungan Capped Dividend Yield Adjusted Free-Float Market Capitalization Weighted.

Di mana indeks ini menggunakan kapitalisasi pasar free float sebagai bobot dengan penyesuaian menggunakan dividend yield. Selain dari itu, bobot saham juga akan disesuaikan. Dengan begitu bobot paling tinggi untuk satu saham ialah 15%, sehingga dapat memenuhi ekspektasi investor terhadap imbal hasil dividen yang stabil dan tinggi.

 

 

Daftar Saham IDX High Dividend 20

Data IDX High Dividend 20 periode Source: Data Pasar Saham BEI

 

Daftar-Indeks-Saham-BEI

[Baca lagi: Daftar Indeks Saham BEI, Intip Perkembangannya!]

 

Keuntungan Berinvestasi di IDX High Dividend 20

Ada sejumlah keuntungan yang dapat diterima oleh teman-teman investor, ketika menjadikan saham yang ada dalam IDX Hig Dividend 20 sebagai pegangan, antara lain:

  • Mendapatkan dividen konsisten

Keuntungan utama berinvestasi di IDX High Dividend 20 adalah konsistensi penerimaan dividen. Perusahaan anggota IDX High Dividend 20 biasanya memiliki arus kas operasional yang kuat, dengan historical pembagian dividen konsisten kepada pemegang sahamnya. Dividen tersebut dibagikan dari sebagian keuntungan perusahaan, sehingga investor dapat menerima pendapatan tambahan secara pasif dari investasi mereka. Bagi investor yang berfokus pada pendapatan jangka panjang, maka perusahaan dengan konsistensi pembagian dividen ini dapat menjadi daya tarik utama.

  • Mendapatkan capital gain

Selain konsistensi pembagian dividen, investor yang berinvestasi pada saham IDX High Dividend 20 juga berpotensi mendapatkan capital gain atau kenaikan harga saham. Perusahaan anggota IDX High Dividend 20 biasanya perusahaan yang sudah mapan dan memiliki prospek pertumbuhan keuangan yang baik.

Dengan fundamental perusahaan yang kuat, harga saham perusahaan tersebut berpotensi naik dalam jangka panjang. Meskipun risiko fluktuasi harga saham tetap ada, namun investor dapat menerima keuntungan dari kenaikan harga saham saat penjualan di masa depan.

  • Cocok untuk investor dengan profil moderat

Investasi di IDX High Dividend 20 juga cocok untuk investor dengan profil risiko moderat. Fluktuasi harga saham perusahaan anggota IDX High Dividend 20 biasanya lebih rendah dibandingkan perusahaan berkembang di indeks lain. Hal ini karena perusahaan yang membagikan dividen biasanya lebih mengutamakan stabilitas keuangan dan arus kas. Meskipun potensi capital gain mungkin tidak sebesar perusahaan berkembang, investor tetap memiliki potensi menerima pendapatan dari dividen secara berkala.

 

Tips Memilih Saham IDX High Dividend 20

Meskipun indeks ini telah menjamin saham perusahaan yang mampu konsisten dalam memberi dividen. Namun sebaiknya investor tetap memperhatikan cara pemilihan saham. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Perhatikan Dividen

Saat memilih saham di IDX High Dividend 20, penting untuk memperhatikan historical pembayaran dividen dari setiap saham perusahaan. Cari perusahaan yang memiliki kebiasaan memberikan dividen secara konsisten dan berkelanjutan.

  • Analisis Fundamental Kinerja Keuangan

Lakukan analisis terhadap fundamental keuangan perusahaan, mulai dari pendapatan, laba bersih, arus kas perusahaan, pertumbuhan utang dan ekuitas perusahaan. Serta kemampuan perusahaan dari sisi asset dan kas yang dimiliki. Perusahaan dengan kinerja keuangan yang baik cenderung memiliki potensi untuk memberikan dividen yang lebih tinggi.

  • Perhatikan Rasio Dividen Yield

Perhatikan rasio dividen yield dari setiap saham. Rasio dividen yield yang tinggi menunjukkan bahwa investor dapat mengharapkan dividen yang lebih besar, dibandingkan dengan harga sahamnya.

  • Tinjau Payout Ratio

Perhatikan juga payout ratio, yaitu persentase laba yang dibayarkan sebagai dividen. Payout ratio yang moderat menandakan bahwa perusahaan memiliki keseimbangan yang baik, antara membayar dividen dan reinvestasi laba untuk pertumbuhan masa depan.

  • Tinjau Prospek Industri

Selain itu, tinjau juga prospek industri dari perusahaan tersebut. Pilih perusahaan yang beroperasi di industri yang stabil dan memiliki prospek pertumbuhan yang baik untuk jangka panjang.

  • Evaluasi terhadap Manajemen Perusahaan

Berikutnya yang juga sebaiknya tidak dilewatkan adalah evaluasi terhadap manajemen perusahaan secara menyeluruh terhadap saham-saham yang diminati. Termasuk evaluasi kepada manajemen perusahaan, posisi pasar, dan strategi bisnisnya.

  • Pertimbangkan Risiko

Terakhir, pertimbangkan juga risiko yang terkait dengan investasi di saham-saham tersebut. Selalu ingat untuk melakukan diversifikasi portofolio guna mengurangi risiko investasi. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih baik dalam memilih saham di IDX High Dividend 20.

 

 

Kesimpulan

IDX High Dividend 20 adalah indeks saham yang dirilis oleh Bursa Efek Indonesia pada Mei 2018, yang mencakup 20 saham dengan tingkat dividen tertinggi di pasar. Umumnya indeks ini berasal dari sektor-sektor bisnis yang stabil dan memiliki kecenderungan untuk memberikan dividen secara konsisten kepada para pemegang saham.

Dengan demikian, investor dapat memanfaatkan indeks ini sebagai salah satu instrumen investasi yang dapat memberikan pendapatan pasif dari dividen dengan tingkat risiko yang terkelola dengan baik.

Kendati terdengar sangat menarik dari sisi keuntungan, namun indeks ini tetap memiliki pertimbangan risiko yang sebaiknya diperhatikan. Pertama, bukan tidak mungkin saham-saham yang masuk ke dalam indeks IDX High Dividend 20 ini adalah perusahaan yang memberi dividend yield di bawah angka 5%. Kedua, bahkan tidak menutup kemungkinan saham perusahaan yang masuk juga tidak memberi dividen yang sesuai ekspektasi.

Itu mengapa teman-teman investor tetap perlu selektif dalam memilih saham-saham yang potensial, meski sudah ada dalam indeks IDX High Dividend 20. Lantaran tidak semua saham yang masuk ke indeks ini terjamin bagus. Demikian pula sebaliknya, bukan berarti saham yang keluar dari indeks IDX High Dividend 20 adalah saham yang buruk kinerjanya.

Sebagai contoh, indeks IDX High Dividend 20 pada tahun 2023 yang lalu, setidaknya ada 6 emiten saham dari total 20 emiten yang menawarkan dividend yield di bawah angka 5%. Bahkan ada dua emiten saham yang justru memberikan dividend yield di bawah 3%.

Oleh sebab itu, penting untuk melakukan analisis fundamental perusahaan sebelum berinvestasi di IDX High Dividend 20. Mengingat tidak semua perusahaan dengan historical pembagian dividen memiliki prospek pertumbuhan yang baik. Analisa fundamental akan membantu investor memilih perusahaan dengan kesehatan keuangan yang kuat dan prospek pertumbuhan dividen yang menjanjikan di masa depan.

Bukan itu saja, hindari juga untuk risiko dividen trap dengan menjadi seorang dividend hunter dalam jangka pendek. Hal ini sangat berisiko besar, alih-alih mengejar untung besar, bisa jadi akan terjebak dalam kerugian.

Apakah teman-teman investor di sini ada yang berinvestasi dengan salah satu saham yang masuk ke dalam IDX High Dividend 20? Kalau ya, apa pertimbangannya?***

 

###

 

DISCLAIMER ON:
Tulisan ini bukan rekomendasi jual dan beli. Semua data dan pendapat pada artikel adalah bersifat informasi yang mengedukasi pembaca, berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Risiko investasi berada pada tanggung jawab masing-masing investor. Do Your Own Research!

 

Temukan Artikel Analisa dan Edukasi Saham lainnya di Google News.

 

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel