Gaji CEO dan Direktur di Indonesia, Segini Taksirannya!

Gaji CEO dan Direktur di Indonesia, Segini Taksirannya!


Terakhir diperbarui Pada 4 January 2024 at 1:42 pm

Penasaran berapa gaji CEO dan Direktur di indonesia? Mari kita simak seberapa fantastis angka tersebut dan semoga menjadi motivasi untuk meraih penghasilan yang setara!

 

Source: ambcrypto.com

 

Mengenal Apa Itu CEO dan Direktur

Dalam hirarki kepemimpinan perusahaan, CEO dan Direktur seringkali disebut-sebut dan terkadang disalahpahami sebagai jabatan yang sama.

Namun, pada kenyataannya, kedua posisi ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal tanggung jawab, wewenang, dan fokus kerja.

  • CEO (Chief Executive Officer)

CEO adalah pemimpin tertinggi perusahaan, yang bertanggung jawab secara penuh atas kinerja perusahaan secara keseluruhan. Ia bertindak sebagai visioner utama. Di mana CEO ini akan  menetapkan strategi bisnis jangka panjang, dan memastikan perusahaan mampu mencapai target yang telah ditetapkan.

CEO memiliki kewenangan yang luas untuk mengambil keputusan strategis. Termmasuk dalam memimpin tim eksekutif, dan menjadi perwakilan perusahaan dihadapan publik.

Bahkan, CEO juga akan bertanggung jawab atas kinerja keuangan perusahaan, kepuasan pelanggan, dan pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

 

  • Direktur

Direktur berperan sebagai pemimpin individu dalam divisi atau area tertentu perusahaan. Ada berbagai jenis Direktur, seperti:

    • Direktur Keuangan,
    • Direktur Operasional,
    • Direktur Pemasaran,
    • dan lain sebagainya.

Setiap Direktur memiliki tanggung jawab khusus atas divisi atau area kerjanya. Direktur juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan laporan langsung kepada CEO atau tim eksekutif. Direktur berfokus pada pelaksanaan strategi bisnis yang telah ditetapkan oleh CEO. Bahkan Direktur juga akan memastikan efisiensi dan produktivitas dalam area tanggung jawabnya. Serta bertanggung jawab atas target kinerja yang spesifik.

 

  • Perbedaan utama antara CEO dan Direktur

Secara umum, perbedaan utama dari peran keduanya, terletak pada cakupan tanggung jawab dan wewenang. Antara lain:

    • CEO memiliki pandangan “bird’s eye view” terhadap seluruh perusahaan. Sementara Direktur memiliki fokus yang lebih spesifik pada area tertentu.
    • CEO membuat keputusan strategis yang berdampak pada seluruh perusahaan. Sedangkan Direktur bertanggung jawab atas implementasi keputusan tersebut, dalam divisi mereka.

 

  • Analogi antara CEO dan Direktur

Di bawah ini adalah analogi yang dapat digunakan untuk menggambarkan perbedaan CEO dan Direktur adalah seorang kapten kapal dan para perwiranya:

Kapten kapal (CEO) bertanggung jawab atas keseluruhan arah dan tujuan pelayaran. Sedangkan para perwira (Direktur) bertanggung jawab atas area tertentu seperti navigasi, mesin, atau dek. Semua bekerja sama untuk memastikan kapal mencapai tujuan dengan aman dan efisien.

Meskipun berbeda, CEO dan Direktur bekerja sama secara erat untuk mencapai kesuksesan perusahaan. CEO memberikan arahan dan kepemimpinan, sedangkan Direktur memastikan arahan tersebut dilaksanakan dengan baik di area masing-masing.

Sehingga keduanya masuk pada bagian vital dari struktur kepemimpinan perusahaan. Di mana untuk tolok ukur keberhasilan perusahaan, sangat bergantung pada sinergi dan kolaborasi yang kuat antara keduanya.

 

Source: outsidetheboxmom.com

 

 

Daftar Gaji CEO dan Direktur di Indonesia

Baik CEO maupun Direktur di Indonesia, seringkali dihantui bayangan gaji yang tinggi. Meski besaran gaji yang diterima umumnya sangat variatif. Hal itu tergantung pada perusahaan apa mereka bekerja, di industri apa, dengan skala perusahaan yang kecil atau besar. Termasuk dengan pengalaman CEO dan Direktur bekerja sebelumnya.

Namun, tidak ada salahnya jika kita memperkirakan gaji CEO dan Direktur di indonesia:

  • Taksiran gaji Direktur:
    • Direktur Keuangan: Rp150 juta – Rp350 juta per bulan (source: IDX Channel)
    • Direktur Pemasaran: Rp120 juta – Rp250 juta per bulan (source: CNN Indonesia)
    • Direktur Operasional: Rp100 juta – Rp200 juta per bulan (source: Liputan6)

 

  • Taksiran gaji CEO:
    • Perusahaan BUMN: Rp500 juta – Rp1.2 miliar per bulan (source: Bisnis Indonesia)
    • Startup besar: Rp300 juta – Rp800 juta per bulan (source: Tech in Asia)
    • Perusahaan swasta besar: Rp200 juta – Rp500 juta per bulan (source: Kompas)

Perlu dicatat bahwa angka-angka tersebut, hanyalah perkiraan. Adapun untuk besaran gaji actual, bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah. Hal itu tergantung faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya.

Selain gaji pokok, CEO dan Direktur biasanya juga menerima tunjangan dan bonus. Di mana ini juga dapat meningkatkan total penghasilan mereka secara signifikan.

 

 

 

 

 

Anda yang ingin atau sedang menyusun investing plan, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah banyaknya informasi yang beredar, Anda bisa menggunakan Monthly Investing Plan edisi Januari 2024 yang telah terbit…

 

 

 

 

Faktor-faktor Penentu Gaji CEO dan Direktur di Indonesia

Gaji CEO dan Direktur di Indonesia bukan karena faktor keberuntungan. Melainkan dipengaruhi berbagai faktor yang menentukan nilai mereka di mata perusahaan. Berikut beberapa kunci yang membuka “kotak harta” petinggi perusahaan:

  1. Industri & Skala Perusahaan

CEO dan Direktur pada industri profitabel seperti pertambangan atau keuangan di perusahaan raksasa, umumnya akan digaji lebih tinggi. Dibandingkan CEO dan Direktur pada startup atau perusahaan kecil.

 

  1. Track Record & Pengalaman

Kinerja masa lalu CEO & Direktur, reputasi, dan keberhasilan membawa perusahaan meraih pencapaian luar biasa. Tentu akan menjadi tolok ukur perhitungan gaji. Selama raihan kerja postiif maka pasti dihargai tinggi.

 

  1. Kepiawaian Kepemimpinan

Kemampuan merangkul tim dan memotivasi karyawan, serta mengambil keputusan strategis yang berdampak positif bagi perusahaan. Turut menjadi faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji mereka.

 

  1. Kelangkaan Keahlian atau Skill

Keahlian dan skill yang langka, serta spesifik yang dibutuhkan perusahaan, juga mempengaruhi nilai gaji yang diterima. Misalnya expertise di teknologi mutakhir atau negosiasi bisnis internasional, maka bisa menaikkan banderol gaji.

 

  1. Tanggung Jawab & Risiko

Beban dan risiko memimpin kapal besar tentu berbeda dengan kapal kecil. Semakin kompleks dan besar tanggung jawab, maka semakin tinggi bayaran yang pantas. Perusahaan cerdas tak hanya melihat gelar, tapi menimbang nilai-nilai intangible ini saat menentukan kompensasi.

Ingat, CEO dan Direktur digaji bukan hanya untuk duduk manis. Tetapi untuk membawa perusahaan mengarungi lautan kesuksesan dan menghadapi badai persaingan.

Source: vecteezy.com

 

 

 

 

Rekomendasi Investasi Jika Memiliki Gaji Seperti CEO

Rekomendasi investasi jika memiliki gaji seperti CEO, tentu membuka peluang untuk berinvestasi. Dengan pengelolaan yang tepat, investasi dapat menjadi sumber penghasilan tambahan. Bahkan bisa menjadi modal untuk mencapai kebebasan finansial.

Berikut adalah beberapa rekomendasi investasi yang cocok untuk CEO dan Direktur:

  • Investasi jangka panjang

Investasi jangka panjang dengan pilihan instrument saham atau bahkan reksa dana saham. Untuk investasi dengan time frame jangka panjang ini, dapat dimanfaatkan oleh investor yang juga memiliki fokus dan tujuan keuangan dalam jangka yang panjang. Seperti pensiun atau pendidikan anak. Investasi jangka panjang ini berpotensi memberikan keuntungan yang besar, namun juga memiliki risiko yang tinggi.

  • Investasi jangka menengah

Investasi jangka menengah, seperti obligasi dan reksa dana obligasi. Bisa menjadi pilihan investasi dengan tujuan keuangan jangka menengah. Seperti untuk membeli rumah atau mobil. Adapun untuk risiko investasi jangka menengah ini lebih rendah, tetapi keuntungan yang didapat juga rendah.

  • Investasi jangka pendek

Investasi jangka pendek, seperti deposito dan reksa dana pasar uang, menjadi pilihan investasi untuk tujuan keuangan jangka pendek. Dalam hal memenuhi kebutuhan dana darurat atau liburan. Investasi ini memiliki risiko yang paling rendah. Namun juga memiliki potensi keuntungan yang paling rendah.

Selain mempertimbangkan jangka waktu investasi, CEO dan Direktur juga perlu mempertimbangkan profil risiko dan tujuan keuangan. Jika memiliki profil risiko yang agresif, CEO dan Direktur dapat berinvestasi pada saham dan reksa dana saham.

Namun, jika memiliki profil risiko yang konservatif, maka CEO dan Direktur dapat berinvestasi pada obligasi dan reksadana obligasi.

 

 

Tips Berinvestasi Jika Memiliki Gaji Setinggi CEO dan Direktur

Berikut adalah beberapa tips untuk berinvestasi jika memiliki gaji setinggi CEO dan Direktur, antara lain:

  1. Luangkan waktu untuk mempelajari investasi

Sebelum berinvestasi, luangkan waktu untuk mempelajari berbagai jenis investasi yang ada. Hal ini penting untuk memahami risiko dan potensi keuntungan dari masing-masing jenis investasi.

  1. Diversifikasikan investasi

Diversifikasi investasi adalah strategi untuk membagi aset investasi ke dalam berbagai jenis instrummen investasi. Guna menekan potensi kerugian.

  1. Gunakan jasa professional

Jika tidak memiliki waktu atau pengetahuan yang cukup untuk mengelola investasi secara mandiri. Maka dapat menggunakan jasa profesional, seperti konsultan keuangan atau manajer investasi.

 

 

 

 

Dapatkan seluruh layanan dari RK Team secara lengkap dan harga spesial hanya untuk member RK. Yuk gabung sekarang juga menjadi Platinum Member!

Platinum-Members

 

 

 

 

Kesimpulan

Gimana? Sudah tidak terlalu penasaran dong dengan gaji CEO dan Direktur di Indonesia

.Bicara gaji tinggi, sebenarnya bukan suatu hal yang menjamin kondisi finansial akan tetap baik. Kita perlu ingat, bahwa literasi keuangan di Indonesia masih sangat minim. Mengingat masih banyak orang yang bersikap konsumtif, jika menerima uang dalam nilai tinggi.

Untuk itu, jika kita memiliki keberuntungan seperti gaji CEO dan Direktur di Indonesia. Akan lebih baik, kita bersikap bijak mengelolanya. Ya, kita investasikan sebagian besar pendapatan kita, pada insturmen investasi yang tepat. Sehingga nilai asset nya terus bertumbuh dan kita mampu mencapai tujuan keuangan yang diimpikan, ya financial freedom!.***

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel