21 laws of money

The 21 Absolutely Unbreakable Laws of Money by Brian Tracy


Terakhir diperbarui Pada 28 February 2019 at 9:44 am

Laws of money atau hukum tentang uang Brian Tracy merupakan salah satu buku yang membahas mengenai keuangan pribadi dan keluarga. Buku ini sangat laris dan menjadi salah satu best seller di negeri Paman Sam. Kali ini kita akan membagikan secara singkat apa saja 21 Laws of Money dari Brian Tracy.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

Siapa itu Brian Tracy

Brian Tracy adalah seorang pengusaha, pembicara, penulis buku dan trainer untuk pengembangan diri. Beliau lahir tanggal 5 Januari 1944. Beliau berhasil membawakan beberapa seminar dan pelatihan, antara lain: “The Phoenix Seminars”, “The Psychology of Achievement” dan “The Psychology of Selling”.

 

The 21 Absolutely Unbreakable Laws of Money Brian Tracy

Berikut ini 21 law of money dari Brian Tracy :

  1. Hukum Sebab Akibat (The Law of Cause and Effect): Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan, selalu ada penyebab (casue) yang membuat sebuah efek (effect). Kesuksesan dalam kehidupan adalah sebuah efek (effect), yang dipicu oleh suatu atau beberapa sebab.
  2. Hukum Keyakinan (The Law of Belief): Apapun yang Kita percaya, dengan penuh keyakinan, hal tersebut akan menjadi sebuah kenyataan. Jika Kita ingin sukses secara keuangan, Kita harus memiliki kepercayaan dan keyakinan dalam diri Kita. Ketika seseorang benar-benar yakin orang tersebut akan sukses secara keuangan. Secara bawah sadar orang tersebut  akan terpacu untuk sukses.
  3. Hukum akan Harapan (The Law of Expectations): Apapun yang Kita harapkan, dengan penuh kepercayaan diri akan menjadi sebuah kenyataan. Brian Tracy mengatakan orang yang saat ini kaya dulunya memiliki harapan kuat untuk menjadi seorang kaya.
  4. Hukum Ketertarikan (The Law of Attraction): Kita adalah sebuah magnet yang hidup, Kita selalu dapat menarik orang-orang, situasi dan keadaan yang membentuk sebuah harmoni dan pemikiran yang kuat. Apapun yang Anda miliki saat ini dan Anda jalani saat ini berasal dari pemikiran (mindset) Anda. Jika Anda ingin mengubah dunia Anda menjadi lebih baik, lebih maju dan lebih sukses, maka hal yang pertama dilakukan adalah tingkatkan cara pikir Kita.
  5. Hukum Korespondensi (The Law of Correspondence): Dunia yang Kita jalani adalah cerminan dari dunia yang ada di dalam diri Kita. Segalanya memiliki hubungan atau korespondensi dengan pola pikir Kita yang mendominasi.
  6. Hukum Berlimpah (The Law of Abundance): Kita hidup dalam dunia dimana terdapat uang yang berlimpah dan cukup untuk orang-orang yang benar-benar taat dan patuh pada hukum yang mengatur cara mendapatkan uang tersebut.
  7. Hukum Pertukaran (The Law of Exchange): Uang adalah alat untuk menukarkan tenaga kerja mereka dalam bentuk produk dan jasa dan ditukar dengan produk dan jasa orang lain.
  8. Hukum Modal (The Law of Capital): Asset yang paling berharga dalam hal arus kas (cash flow) adalah Anda: jiwa dan raga, serta kemampuan untuk menghasilkan.
  9. Hukum Perspektif Waktu (The Law of Time Perspective): Orang-orang yang sukses dalam kehidupan bersosial mereka adalah orang-orang yang memikirkan kebutuhan jangka panjang dalam setiap keputusan hariannya.
  10. Hukum Menabung (The Law of Saving): Kebebasan keuangan adalah hasil untuk orang-orang yang mampu menabung minimal sepuluh persen dari pendapatannya.
  11. Hukum Konservasi (The Law of Conservation): Permasalahannya bukan berapa yang dapat Anda hasilkan, tetapi berapa yang dapat Anda simpan. Jumlah yang dapat Anda simpan menentukan kekayaan Anda.
  12. Hukum Parkinson (Parkinson’s Law): Pengeluaran selalu naik untuk memenuhi kenaikan pendapatan.
  13. Hukum Pohon (The Law of Three): Terdapat tiga kaki bangku sebuah kebebasan keuangan yaitu tabungan (savings), asuransi (insurance) dan investasi (investment).
  14. Hukum Berinvestasi (The Law of Investing): Selalu pelajari dan lakukan investigasi sebelum Anda berinvestasi.
  15. Hukum Bunga Majemuk (The Law of Compound Interest): Investasikan uang Anda secara cermat dan izinkan uang tersebut tumbuh secara bunga berbunga (bunga majemuk). Hal ini akan membuat Anda menjadi kaya.
  16. Hukum Akumulasi (The Law of Accumulation): Setiap pencapaian dan kesuksesan secara finansial adalah buah dari akumulasi ratusan usaha-usaha kecil dan pengorbanan yang tidak pernah dihargai orang lain.
  17. Hukum Kemagnetan (The Law of Magnetism): Semakin banyak uang yang Anda simpan dan akumulasikan, semakin banyak uang yang dapat datang untuk Anda.
  18. Hukum Mempercepat sebuah Percepatan (The Law of Accelerating Acceleration): Semakin cepat Anda bergerak menuju kebebasan keuangan, semakin cepat Anda menuju ke sana.
  19. Hukum Pasar Saham (The Law of the Stock Market): Nilai dari sebuah saham adalah total antisipasi arus kas dari saham tersebut yang dihitung nilai pada saat ini (present value).
  20. Hukum Properti (The Law of Real Estate): Nilai dari sebuah properti adalah nilai yang dapat dihasilkan di masa depan.
  21. Hukum Internet (The Law of the Internet): Internet adalah alat yang dapat mengkomunikasikan informasi-informasi dengan sangat cepat

 

Kesimpulan : 21 laws of money

Hukum tentang uang yang diutarakan oleh Brian Tracy adalah buah pemikiran beliau sebagai seorang praktisi. Dari 21 Laws of Money di atas, manakah yang sesuai dengan Anda?

 

Sumber Referensi:

 

Info:

  • Monthly Investing Plan Mei 2018 sudah terbit, Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Cheat Sheet LK Q1 2018 sudah terbit, Anda dapat memperolehnya di sini
  • Join Our Telegram Channel : t.me/ValueInvestingIndonesia untuk mendapatkan update tentang Value Investing. Gratis !
  • Jadwal Workshop Value Investing (For Intermediate) dapat dilihat di sini. Info lebih lanjut WA 0896-3045-2810 (Johan)

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel