Apa itu Indeks Saham dan Gunanya bagi Investor?

Apa itu Indeks Saham dan Gunanya bagi Investor?


Apa itu indeks saham? Salah satu konsep yang mendasar dalam investasi saham adalah ‘indeks saham’ sebagai acuan untuk memantau kinerja pasar saham. Seiring dengan pertumbuhan pasar saham, maka pemahaman mengenai indeks ini menjadi krusial untuk dipahami. Nah, mari kali ini kita kupas tuntas mengenai indek saham!

 

Pengertian Indeks Saham

Indeks saham adalah ukuran yang digunakan untuk memantau kinerja pasar saham atau sekelompok saham tertentu. Ini mencerminkan perubahan nilai gabungan saham-saham dalam indeks tersebut.

Indeks saham digunakan sebagai indikator utama dalam menganalisis pergerakan pasar saham suatu negara atau sektor tertentu. Indeks ini memberikan gambaran tentang bagaimana saham-saham yang termasuk dalam indeks tersebut tumbuh atau merosot seiring waktu.

Oleh karena itu, teman-teman investor perlu memahami indeks saham, lantaran indeks saham mencerminkan kondisi pasar saham  secara keseluruhan.

 

Manfaat Indeks Saham bagi Investor

Dengan memahami indeks saham, investor mendapatkan manfaat yang positif antara lain:

  1. Mengukur Kinerja Investasi

Teman-teman investor dapat menggunakan indeks saham sebagai tolok ukur menilai sejauh mana portfolio investasi, apakah sudah mengungguli atau tertinggal dari pasar secara keseluruhan. Ini akan membantu dalam  menentukan apakah investasi telah berhasil atau perlu direvisi.

  1. Diversifikasi Portfolio

Melalui pemahaman tentang indeks saham, teman-teman investor juga dapat memahami sektor-sektor dan industri mana yang sedang tumbuh atau mengalami penurunan. Ini membantu dalam membuat keputusan diversifikasi yang cerdas untuk mengurangi risiko investasi.

  1. Mengambil Keputusan Investasi yang Bijak

Dengan mengamati perubahan dalam indeks saham, teman-teman investor pun dapat membuat keputusan investasi yang lebih baik. Misalnya, jika indeks menunjukkan tren penurunan, maka kita dapat mempertimbangkan untuk mengambil tindakan pencegahan atau merencanakan strategi yang berbeda.

  1. Mengelola Risiko

Indeks saham juga membantu teman-teman investor bisa dengan mudah memahami risiko pasar. Ketika indeks mengalami volatilitas yang tinggi, ini menjadi peringatan bagi kita atas potensi risiko yang lebih besar.

 

 

Stock Market Mastery Oktober – November 2023!!!
Ikuti program Stock Market Mastery yang membahas berbagai topik berkesinambungan, dari tahap basic hingga tingkat lanjut dengan materi yang dikemas secara komprehensif…

SMM-Oktober-November

 

 

Fungsi Indeks Saham

Indeks saham memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam berinvestasi:

  1. Menilai Kinerja Pasar Saham

Indeks saham berguna untuk mengukur kinerja pasar saham secara keseluruhan. Dengan indeks saham, maka kita dapat memantau perubahan indeks untuk melihat apakah pasar sedang mengalami kenaikan atau penurunan.

  1. Mengukur Kinerja Sektor

Indeks saham juga bisa digunakan untuk melacak kinerja sektor ekonomi tertentu. Misalnya, ada indeks saham khusus untuk sektor teknologi, perbankan, atau energi. Ini membantu investor untuk memahami bagaimana sektor tertentu berkinerja.

  1. Dasar Investasi

Indeks saham juga digunakan sebagai dasar untuk berbagai produk investasi, seperti reksa dana indeks dan kontrak berjangka indeks saham. Secara tidak langsung, hal ini sudah memberi pilihan cara berinvestasi bagi para pelaku pasar, untuk berinvestasi dalam sekelompok saham tanpa harus membeli setiap saham secara individual.

  1. Alat Manajemen Portfolio

Bagi para manajer investasi, indeks saham adalah alat penting dalam manajemen portofolio. Di mana para manajer investasi bisa dengan mudah membandingkan kinerja portfolio dengan kinerja indeks untuk menilai sejauh mana mereka mengungguli atau tertinggal dari pasar.

 

Jenis-Jenis Indeks Saham

Sampai dengan sekarang ini Bursa Efek Indonesia (BEI) masih terus mengembangkan indeks-indeks saham yang kemudian dibedakan berdasarkan kriteria tertentu:

INDEKS SAHAM BURSA EFEK INDONESIA

No.

Nama Indeks

1.Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
2.IDX80
3.LQ45
4.IDX30
5.IDX Quality30
6.IDX Value30
7.IDX Growth30
8.IDX ESG Leaders
9.IDX LQ45 Low Carbon Leaders
10.IDX High Dividend 20
11.IDX BUMN20
12.Indonesia Sharia Stock Index (ISSI)
13.Jakarta Islamic Index 70 (JII70)
14.Jakarta Islamic Index (JII)
15.IDX-MES BUMN 17
16.IDX Sharia Growth
17.IDX SMC Composite
18.IDX SMC Liquid
19.KOMPAS100
20.BISNIS-27
21.MNC36
22.Investor33
23.infobank15
24.SMinfra18
25.SRI-KEHATI
26.ESG Sector Leaders IDX KEHATI
27.ESG Quality 45 IDX KEHATI
28.PEFINDO25
29.PEFINDO i-Grade
30.Indeks Papan Utama
31.Indeks Papan Pengembangan
32.Indeks Papan Akselerasi
33.IDX Sektor Energi (IDXENERGY)
34.IDX Sektor Barang Baku (IDXBASIC)
35.IDX Sektor Perindustrian (IDXINDUST)
36.IDX Sektor Barang Konsumen Primer (IDXNONCYC)
37.IDX Sektor Barang Konsumen Non-Primer (IDXCYCLIC)
38.IDX Sektor Kesehatan (IDXHEALTH)
39.IDX Sektor Keuangan (IDXFINANCE)
40.IDX Sektor Properti & Real Estat (IDXPROPERT)
41.IDX Sektor Teknologi (IDXTECHNO)
42.IDX Sektor Infrastruktur (IDXINFRA)
43.IDX Sektor Transportasi & Logistik (IDXTRANS)

 

INDEKS BERDASARKAN METODE PENGHITUGAN

No.

Metode

1.Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average
2.Capped Dividend Yield Adjusted Free-Float Market Capitalization Weighted
3.Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted + Quality Factored
4.Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted + ESG Tilt factor
5.Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted + Carbon Intensity Tilt Factor

 

 

 

Ada lebih dari 800 emiten yang terdaftar di BEI. Maka untuk mempermudah pemantauan kinerja laporan keuangan dan rasio-rasionya, bisa memanfaatkan Cheat Sheet.

Cheat-Sheet

 

 

Metodologi Perhitungan Indeks Saham

Perhitungan indeks saham bergantung pada jenis indeks yang digunakan. Namun, ada beberapa konsep umum yang digunakan dalam perhitungan indeks saham:

  1. Harga Dasar (Base Price)

Setiap indeks memiliki harga dasar yang digunakan sebagai referensi awal. Harga dasar ini biasanya disetel pada tingkat tertentu di masa lalu, misalnya, pada tanggal tertentu.

  1. Nilai Indeks Awal (Initial Index Value)

Nilai indeks pada tanggal pengukuran pertama disebut nilai indeks awal.

  1. Penyesuaian Dividen dan Saham Split

Jika saham dalam indeks mengumumkan dividen atau saham split, indeks akan disesuaikan agar tidak terpengaruh oleh perubahan ini.

  1. Perubahan Harga Saham

Indeks menghitung perubahan harga saham dalam indeks seiring waktu. Perubahan ini bisa dihitung sebagai persentase perubahan dari harga dasar.

  1. Pengukuran Bobot

Dalam indeks berbobot kapitalisasi pasar, bobot setiap saham dalam indeks dihitung berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

 

Cara Memilih Indeks Saham yang Cocok untuk Pemula

Bagi teman-teman investor pemula di dunia investasi saham, memilih indeks yang cocok adalah langkah penting. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu dalam memilih indeks saham yang sesuai:

  1. Tentukan Tujuan Investasi

Tentukan apa tujuan investasi teman-teman investor, apakah untuk mencari pertumbuhan jangka panjang, pendapatan, atau diversifikasi portofolio? Tujuan ini akan membantu kita mudah dalam memilih indeks yang sesuai.

  1. Pelajari Jenis Indeks

Pahami jenis indeks yang tersedia. Jika kita mencari pertumbuhan, maka indeks berbobot kapitalisasi pasar bisa menjadi pilihan. Namun, jika menginginkan diversifikasi, maka indeks sektoral mungkin lebih sesuai.

  1. Evaluasi Risiko

Pertimbangkan tingkat risiko yang dapat kita tanggung. Beberapa indeks mungkin lebih stabil daripada yang lain. Lihat riwayat kinerja indeks untuk memahami sejauh mana fluktuasi harga saham dalam indeks  tersebut, sehingga bisa sesuai dengan profil risiko kita.

  1. Pelajari Produk Investasi

Kenali produk investasi untuk mempermudah memiliki indeks yang sesuai. Misalnya, reksa dana indeks adalah cara  umum untuk berinvestasi dalam indeks saham.

  1. Diversifikasi

Jika kita baru memulai investasi, maka sebaiknya pertimbangkan lebih dulu untuk mengawali dengan indeks yang mencakup banyak saham, sehingga kita bisa mendapatkan diversifikasi yang baik.

  1. Riset dan Konsultasi

Lakukan riset dan konsultasi dengan manajer investasi atau mentor saham terbaik dan profesional, jika memang diperlukan. Karena langkah ini dapat membantu teman-teman investor mudah dalam memilih indeks yang paling sesuai dengan tujuan dan profil risiko investasi kita.

 

Kesimpulan

So, apa itu indeks saham? RK team sendiri memandang indeks saham sebagai patokan berbentuk statistik yang menggambarkan pergerakan harga dari sekelompok saham, yang sudah disaring berdasarkan kriteria tertentu.

Ketika kita menggunakan indeks saham sebagai patokan, kita juga tidak perlu khawatir. Karena indeks saham ini akan selalu diperbarui secara berkala oleh bursa. Di mana akan ada kelompok-kelompok emiten saham yang masuk karena sesuai kriteria. Namun juga ada yang keluar dari indeks jika sudah tidak sesuai dengan ketentuan kriteria indeks-indeks tersebut.

Secara sederhana, indeks saham ini akan mempermudah proses analisis kita terhadap saham pilihan berdasarkan penilaian pasar. Tentu hal ini akan membantu percepatan waktu kita, karena bagaimana pun untuk bisa menyelami bagaimana kondisi saham perusahaan. Maka yang kita perlukan adalah membedah laporan keuangan perusahaan, dengan menerapkan analisis fundamental.

Nah, kalau teman-teman investor lebih suka saham yang masuk indeks mana nih?***

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel