Aplikasi IDX Mobile Dirilis BEI

Aplikasi IDX Mobile Dirilis BEI, Apa Untungnya Bagi Investor?


Terakhir diperbarui Pada 30 Juni 2023 at 5:45 pm

Di semester I-2023 ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali merilis aplikasi IDX Mobile yang sebelumnya sudah pernah ada di tahun 2008. Namun karena keterbatasan teknologi akhirnya di tahun 2018 aplikasi IDX terpaksa ditutup. Di tahun 2023 ini, BEI kembali merilis aplikasi IDX yang terbaru dengan berbagai dukungan fitur yang menarik. Kira-kira apa keuntungannya bagi investor?

 

Aplikasi IDX Mobile Dirilis BEI

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah investor pasar modal, maka BEI terus berupaya untuk dapat melahirkan berbagai inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang kian berkembang.

Aplikasi IDX Mobile merupakan piranti lunak yang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi investor dalam mengakses data. Aplikasi serupa sudah lebih dulu disediakan oleh Bursa Efek Vietnam, Bursa Efek Thailand, dan Bursa Efek negara lainnya.

Pengadaan aplikasi IDX Mobile tersebut, didorong oleh jumlah investor yang terus bertambah setiap tahunnya. Hal itu dikhawatirkan, akan ada banyak investor yang tidak memiliki wawasan dan pengetahuan yang cukup mengenai transaksi pasar modal. Nantinya justru akan menimbulkan penyesalan akibat kerugian di kemudian hari. Terlebih, pengetahuan seseorang mengenai sektor perdagangan saham masih jauh lebih rendah, dibandingkan pengetahuan mengenai sektor finansial.

Mengacu pada hasil survei Otoritas Jasa Keuangan tahun 2022, literasi tentang pasar modal mengalami penurunan dari semula 4.9% di tahun 2021, menjadi lebih rendah di 4.1% di tahun 2022. Hal tersebut, justru berbanding terbalik dengan inklusi pasar modal yang meningkat dari 1.6 di tahun 2021, menjadi 5.2% di tahun 2022.

Oleh karenanya, melalui IDX Mobile ini BEI akan terus membagikan berbagai informasi mengenai bursa bagi Self-Regulatory Organization (SRO) pasar. Termasuk dengan informasi-informasi dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), PT Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI), TICMI, Pefindo, maupun dari PHI.

Aplikasi IDX Mobile yang baru soft launching pada 12 Juni 2023 ini, cukup mengejutkan karena sudah lebih dari 382 pengguna yang mengakses aplikasi versi uji coba. Aplikasi IDX Mobile bisa diunduh melalui Google Play Store dan AppStore.

 

Keuntungan IDX Mobile bagi Investor

Nah dari penjelasan di atas, tentu adanya aplikasi IDX Mobile ini dirilis untuk menawarkan sejumlah keuntungan bagi investor yang menggunakan. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan investor, jika menggunakan layanan IDX Mobile…

  1. Mendorong pertumbuhan literasi keuangan masyarakat lebih luas lagi. Harapannya dengan adanya IDX Mobile ini maka seluruh investor bisa memperoleh literasi keuangan dan investasi yang memadai. 
  2. Memudahkan investor dalam mengambil keputusan investasi. Dengan bekal literasi yang memadai tadi, maka investor memiliki pengetahuan yang cukup dan membuatnya lebih yakin dalam mengambil keputusan investasi. Sehingga akan mengurangi kekhawatiran salah dalam mengambil keputusan.
  3. Memberikan ruang simulasi bagi investor maupun calon investor, sebelum secara langsung melakukan transaksi di pasar saham. Salah satu fitur yang mendukung simulasi transaksi ini adalah virtual trading.
  4. Investor bisa dengan mudah dan cepat dalam mencari data perusahaan/emiten yang dibutuhkan.
  5. Analisa pasar saham dapat dilakukan secara real time, kapan dan di mana saja.
  6. Memberikan berbagai informasi pasar modal secara up-to-date dan berkesinambungan. Hal ini memastikan bahwa investor bisa menerima seluruh informasi yang dibutuhkan.
  7. Memberikan akses ke berbagai macam laporan keuangan perusahaan tercatat.
  8. Memudahkan investor dalam memantau performa saham dalam periode tertentu.

 

Keunggulan IDX Mobile

Aplikasi IDX Mobile yang terbaru ini, memiliki banyak fitur menarik yang dapat diandalkan oleh investor. Bahkan dalam rencananya, BEI akan terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan di setiap masing-masin fitur IDX Mobile.

Adapun fitur-fitur yang disediakan BEI melalui IDX Mobile saat ini adalah:

  1. Fitur data-data perdagangan bursa
  2. Fitur pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
  3. Fitur pergerakan harga saham
  4. Fitur virtual trading
  5. Fitur historis keuangan perusahaan
  6. Fitur analisa teknikal
  7. Fitur indeks sektoral
  8. Fitur company profile
  9. Fitur corporate action
  10. Fitur daftar saham favorit
  11. Fitur frekuensi
  12. Fitur daily stock price
  13. Fitur IDX Index
  14. Fitur Key Statistics
  15. Fitur Market Depth
  16. Fitur News
  17. Fitur IDX Notification
  18. Dan berbagai fitur lainnya yang masih akan terus ditambah kembangkan oleh BEI.

Sebagai informasi untuk kita ketahui, BEI membagi pelayanan aplikasi IDX Mobile ini ke dalam 2 mode. Pertama, mode free yang bisa digunakan secara gratis oleh para investor. Kedua, mode premium yang digunakan secara berbayar oleh investor dengan biaya di mulai dari Rp30.000,- an per bulan (hanya estimasi harga langganan).

 

Kesimpulan

Dari pembahasan aplikasi IDX Mobile diatas, tentu kita juga sebagai investor mengharapkan hal yang sama, yakni penggunaan IDX Mobile BEI bisa menambahkan lebih banyak lagi volume transaksi di BEI. Apalagi untuk para investor pemula yang baru belajar bisa dengan mudah teredukasi melalui aplikasi IDX Mobile.

Bahkan, para investor bisa merasa terfasilitasi dengan baik berkat adanya fitur virtual trading sebagai sarana simulasi perdagangan saham. Jelas hal ini akan membantu menekan angka kerugian yang dialami investor akibat tidak cukup pengetahuan untuk terjun ke pasar modal.

Adapun untuk rencana pengembangan aplikasi IDX Mobile di masa mendatang adalah menjadi super app di pasar modal. Rumornya, aplikasi ini akan segera diluncurkan secara resmi pada 13 Juli 2023 mendatang.

Terlepas dari berbagai rencana pengembangan aplikasi yang dilkukan BEI. Perlu diingat bahwa setiap aplikasi memiliki kelebihan dan fitur-fitur berbeda.***

 

DISCLAIMER : Tulisan ini bukan bersifat rekomendasi beli atau jual. Tulisan ini bersifat untuk edukasi berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Do Your Own Research sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham.

###

Info:

 

 

 

 

 

 

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel