Apa itu Saham LQ45? Kriteria, Kelebihan, dan Contoh Sahamnya

Apa itu Saham LQ45? Kriteria, Kelebihan, dan Contoh Sahamnya


Terakhir diperbarui Pada 14 September 2023 at 7:25 pm

Saham LQ45 merupakan kelompok investasi yang menjanjikan. Saham-saham yang masuk dalam kategori LQ45 adalah saham-saham dari 45 perusahaan terbesar dan paling likuid di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan-perusahaan ini memiliki kualitas dan stabilitas bisnis yang mumpuni, membuatnya sangat menarik bagi investor. Kendati demikian, saham LQ45 ini tetap memiliki tantangan dan juga peluang yang dapat dimanfaatkan investor. Apa saja itu? Yuk bahas di sini…

 

Pengertian Saham LQ45

Mengacu pada Bursa Efek Indonesia, saham LQ45 adalah saham yang masuk ke dalam indeks LQ45 yang berisikan 45 perusahaan terbesar dengan likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar yang besar, memiliki kinerja fundamental yang baik, dan prospek perusahaan yang cerah.

Indeks LQ45 sendiri adalah indeks terlama yang diluncurkan BEI sejak Februari 1997. Dan sampai saat ini, indeks LQ45 mencerminkan performa saham-saham unggulan dan dianggap sebagai tolok ukur penting bagi  kesehatan pasar saham Indonesia.

Untuk dapat masuk ke dalam indeks LQ45, saham-saham perusahaan yang tercatat di BEI akan melewati proses seleksi yang ketat, berdasarkan kriteria-kriteria khusus yang menjadikannya layak sebagai saham unggulan. Sekaligus menjadi pelengkap bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), sehingga investor bisa lebih objektif dan mendapat acuan terpercaya dalam memilih saham.

Adapun dalam hal evaluasi, indeks LQ45 ini akan rutin melakukan evaluasi setiap per 6 bulan sekali, yakni pada periode: Februari – Juli dan Agustus – Januari. Hasil dari evaluasi ini adalah pergantian komponen saham dalam indeks LQ45 yang dilakukan secara valuasi mayor.

Dan jika ada saham yang sudah tidak memenuhi kriteria indeks saham LQ45, maka akan dikeluarkan dari indeks. Berikutnya akan digantikan dengan saham yang layak kriteria indeks LQ45.

 

Kriteria Saham LQ45

Untuk bisa masuk ke dalam indeks LQ45, saham-saham yang ada di BEI harus mampu memenuhi sejumlah kriteria ketat. Beberapa kriteria tersebut mencakup:

  1. Emiten saham telah tercatat di bursa minimal selama 3 bulan.
  2. Memiliki keuangan yang sehat dan pertumbuhan laba yang konsisten.
  3. Memiliki prospek pertumbuhan bisnis yang cerah. dana track record yang baik dalam tata kelola perusahaan (GCG). Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan memiliki fundamental yang baik.
  4. Memiliki aktivitas transaksi dalam pasar reguler meliputi nilai, volume transaksi dan juga frekuensi transaksi.
  5. Memiliki likuiditas yang tinggi. Semakin tinggi likuiditas perusahaan, menandakan bahwa saham perusahaan sering dan mudah untuk diperjualbelikan.
  6. Kapitalisasi pasar (market capitalization) dalam periode waktu tertentu. Semakin besar kapitalisasi pasar, maka mencerminkan ukuran relatif perusahaan dalam menggerakan pasar saham secara keseluruhan.

Kritera-kriteria tersebutlah yang menjadi indikator penentu, saham-saham mana saja yang layak masuk indeks LQ45.

 

Komponen Saham LQ45

Indeks LQ45 terdiri dari beragam sektor industri bisnis, mulai dari sektor perbankan, pertambangan, konstruksi, telekomunikasi, manufaktur, dan masih banyak  lagi. Langsung saja, di bawah ini adalah sejumlah komponen saham LQ45 untuk periode Agustus 2023 sampai dengan Januari 2024 tahun depan…

Source: IDX

Berikut ini adalah cara untuk melihat komponen saham LQ45:

Lihat menu ‘Data Pasar’ > ‘Data Saham’ > ‘Indeks Saham’ > ‘LQ45’.

Kelebihan dan Keterbatasan Saham LQ45

Kelebihan Saham LQ45

  • Kualitas Perusahaan Teruji

Saham-saham LQ45 berasal dari perusahaan-perusahaan terbesar dan paling likuid, yang telah melewati seleksi ketat. Ini menunjukkan kualitas dan stabilitas bisnis layak menjadi acuan pasar.

  • Likuiditas Tinggi

Saham-saham LQ45 memiliki likuiditas yang tinggi di pasar reguler, memungkinkan investor untuk membeli dan menjual saham dengan mudah di pasar.

  • Potensi Pertumbuhan

Masuknya perusahaan ke dalam indeks saham LQ45 memberikan investor akses ke perusahaan-perusahaan dengan potensi pertumbuhan yang baik dan positif. Di mana ini menjadi kelebihan yang ditawarkan indeks LQ45, yang memfasilitasi peningkatan nilai portfolio para investor.

  • Diversifikasi

Indeks LQ45 mencakup berbagai sektor industri, sehingga dapat memberikan diversifikasi alami dalam portofolio investasi.

  • Kepercayaan Investor

Kehadiran saham dalam LQ45 mencerminkan kepercayaan investor dan dapat menarik minat investor, baik itu dari kelompok institusi maupun individu.

 

Kekurangan Saham LQ45

  • Volatilitas Pasar

Saham-saham LQ45 tidak terhindar dari fluktuasi pasar. Bahkan ketika kondisi pasar sedang volatile, harga saham kelompok LQ45 ini tetap bisa turun tajam.

  • Rentan terhadap Tren Makroekonomi

Gejolak ekonomi yang berulang, bisa dengan mudah memengaruhi saham-saham LQ45. Adapun bentuk dampak negatifnya seperti mengalami penurunan penjualan, yang akan berimbas pada melemahnya kinerja keuangan. Kerentanan ini tidak lepas dari mayoritas perusahaan yang mudah terpengaruh secara signifikan atas kondisi ekonomi.

  • Tingkat Volatilitas Rendah

Meskipun likuiditasnya tinggi, beberapa saham LQ45 memiliki tingkat volatilitas yang rendah. Hal ini setidaknya bisa membuatnya kurang menarik bagi pelaku pasar yang yang mencari peluang pendapatan cepat.

  • Ketergantungan pada Perusahaan Tertentu

Dalam LQ45, beberapa saham mungkin memiliki bobot yang signifikan, sehingga portofolio dapat sangat tergantung pada performa perusahaan-perusahaan tersebut. Sayangnya, kondisi buruk di satu perusahaan besar, justru memiliki dampak besar pada indeks ini.

  • Korelasi dengan Pasar Global

LQ45 dapat dipengaruhi oleh perubahan pasar global, terutama di pasar saham global yang memang akan memberi dampak besar pada indeks-indeks BEI ini. Akibatnya akan terjadi volatilitas tambahan berisiko bagi investor.

 

Performa Saham LQ45 Dibandingkan dengan Indeks Lainnya

LQ45 sering dibandingkan dengan indeks saham lainnya, terutama IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). Selama beberapa tahun terakhir, LQ45 telah menunjukkan performa yang solid, dengan pertumbuhan yang terus meningkat.

Source: file:///C:/Users/ADMIN/Downloads/fs-lq45-2023-07%20(1).pdf

Namun, perlu diingat bahwa kinerja saham-saham dalam indeks yang disediakan BEI ini dapat bervariasi dari waktu ke waktu, tergantung pada kondisi pasar dan faktor-faktor eksternal. Salah satunya yang berdampak besar terhadap performa indeks LQ45 ialah makro ekonomi yang secara signifikan memengaruhi operasional perusahaan yang ada di bursa. Sehingga mampu mendorong terjadinya volatilitas indeks harga saham.

Beberapa faktor makro ekonomi yang berpengaruh kuat terhadap pergerakan indeks LQ45 antara lain:

  • Tingkat inflasi, mampu memengaruhi daya beli masyarakat.
  • Perubahan kurs USD/IDR. Ketika kurs Rupiah menguat, maka akan berdampak positif pada emiten di bidang impor, sekaligus akan mendongkrak harga saham perusahaan, sehingga indeks harga saham juga akan tumbuh.

Sebaliknya, jika kurs Rupiah melemah maka akan menimbulkan kenaikan harga impor, yang memicu membengkaknya biaya produksi. Bagi perusahaan yang memiliki liabilitas luar negeri, maka bebannya akan semakin meningkat karena membuat jumlah liabilitasnya besar.

  • Nilai suku bunga tinggi. Jika suku bunga tinggi, maka ketertarikan investor bisa menurun karena tingkat keuntungan jadi lebih rendah. Hal ini biasanya ditandai dengan aksi investor yang berpindah instrumen atau juga menjual seluruh saham. Di mana akhirnya memicu penurunan kinerja indeks harga saham.

 

Strategi Investasi Saham LQ45

Dari penjelasan di atas, tentu investasi saham LQ45 bisa menjadi pilihan yang menarik untuk kita investasikan, terlebih jika kita mengincar potensi pertumbuhan dan likuiditas perusahaan yang tinggi. Namun, seperti investasi saham pada umumnya, investasi saham LQ45 juga memerlukan strategi yang matang. Berikut strategi berinvestasi saham LQ45 yang bisa diterapkan:

  1. Lakukan analisis fundamental

Sebagai seorang value investor, tentu baiknya teman-teman investor selalu melakukan analisis fundamental terlebih dulu terhadap saham perusahaan yang potensial untuk investasi. Meski kualitas saham LQ45 tidak diragukan lagi, analisis fundamental tetap diperlukan sebagai langkah antisipasi terhadap kerugian, sekaligus menjadi tolok ukur seberapa layak saham LQ45 untuk investasi.

Lakukan analisis fundamental secara menyeluruh, mulai dari analisis kinerja keuangan, kesehatan manajemen, hingga prospek bisnis ke depan.

 

  1. Diversifikasi portfolio

Jika sudah menemukan saham LQ45 yang potensial untuk investasi, maka lakukan diversifikasi portfolio pada beberapa saham di berbagai sektor industri yang beda. Tujuan diversifikasi ini jelas untuk memnimalisir potensi kerugian yang tidak terduga.

 

  1. Lihat kembali kinerja indeks

Indeks saham LQ45 lebih dari sekedar acuan saham-saham yang unggul, namun juga menjadi acuan untuk membeli saham dengan memerhatikan tren yang terjadi dan bagaimana potensi pasar ke depan. Kita juga perlu memerhatikan kembali faktor apa saja yang akan memengaruhi indeks saham LQ45. Hal tersebut penting dilakukan, mengingat dalam pasar saham ada yang namanya potensi pembalikkan harga yang terjadi tiba-tiba, sehingga terjebak dalam kerugian.

 

  1. Hitung potensi dividen saham

Jika ketiga strategi di atas telah dilakukan, maka yang terakhir yang perlu dilakukan adalah meninjau potensi dividen yang akan didapat. Umumnya saham LQ45 akan menawarkan dividen yang menggiurkan.

Contohnya saja, di kuartal II-2023 kemarin di mana saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang masuk dalam indeks LQ45 membagikan dividen tunak sebesar Rp12.56 triliun. Tentu angka yang sangat fantastis untuk dibagikan kepada para pemegang saham.

Namun, jika ingin mencari passive income dari dividen, maka upayakan mencari saham yang mampu konsisten memberi dividen setiap tahunnya.

 

Contoh Saham LQ45

Beberapa contoh saham yang tergabung dalam indeks LQ45 saat ini, antara lain:

  • PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI),
  • PT Bank Mandiri Tbk (BMRI),
  • PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM),
  • PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

Saham-saham tersebut adalah sebagian kecil contoh saham yang konsisten menghuni indeks LQ45, dengan sepak terjang kinerja yang positif dan prospek menarik.

 

Ingin tahu saham apa saja yang memiliki fundamental bagus dan harganya masih terdiskon (undervalued), meski masuk ke dalam indeks saham LQ45. Yuk cari dalam E-Book Quarter Outlook  …

ADS-ARTIKEL-EQO

 

 

Tantangan dan Peluang Saham LQ45 di Masa Depan

Saham-saham dalam indeks saham LQ45 memiliki tantangan yang tidak berbeda jauh dengan indeks saham lainnya, yakni:

  • Volatilitas pasar

Pasar yang bergerak volatil hampir tidak bisa dihindari oleh indeks harga saham. Volatilitas sendiri tidak lepas dari berbagai faktor, mulai dari kondisi ekonomi global dan gejolak politik.

Namun, dengan pertumbuhan ekonomi yang terus digenjot pemerintah, maka saham-saham dalam indeks LQ45 juga memiliki peluang besar untuk mencatatkan pertumbuhan yang berkelanjutan.

  • Dinamika pasar

Masa depan saham LQ45, sangat dipengaruhi oleh dinamika pasar, baik itu domestik maupun global. Pelaku pasar perlu memantau perkembangan ekonomi Indonesia, perubahan regulasi, dan berita-berita yang menggiring spekulasi. Untuk itu, penting memperhatikan perkembangan pasar atas sentimen apa saja yang memengaruhi saham perusahaan dalam indeks saham LQ45 perlu diperhatikan.

Secara keseluruhan, saham-saham dalam indeks LQ45 akan tergantung pada sektor mana yang terdampak sentimen, baik itu dari domestik maupun global. Sama seperti semua bentuk investasi, saham LQ45 juga memiliki risiko yang muncul di setiap tantangan.

Oleh karenanya, keputusan investasi saham LQ45 harus dibuat berdasarkan analisis yang cermat dan pemahaman yang mendalam mengenai saham-saham yang masuk ke dalam indeks LQ45.

 

Kesimpulan

Indeks LQ45 adalah kelompok saham terbaik dalam pasar modal. Terdiri dari 45 emiten yang memiliki kinerja fundamental baik, dengan pertumbuhan laba yang konsisten, pendapatan yang meningkat, dan manajemen yang efisien.

Saham LQ45 juga memiliki likuiditas yang tinggi, menandakan bahwa saham-sahamnya sangat mudah diperjuala belikan di pasar. Bahkan menawarkan fleksibilitas untuk investor mengelola portfolio investasi, sekaligus membantu menurunkan potensi risiko investasi, karena investor memiliki kesempatan menjual saham lebih banyak, bila diperlukan.

RK team sendiri memandang saham LQ45 sebagai hal positif bagi investor, karena indeks saham LQ45 bisa menjadi alternatif dari IHSG, memungkinkan kita memiliki acuan investasi dalam memilih saham-saham berkualitas. Terlebih lagi hampir sebagian besar penghuni indeks saham LQ45 adalah perusahaan yang memiliki reputasi positif.

Demikain halnya dengan hal positif yang terjadi pada perusahaan, selain perusahaan bangga saat sahamnya masuk ke dalam indeks LQ45. Perusahaan juga jadi lebih termotivasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja perusahaan, agar tetap bertahan dalam indeks LQ45.

Meski nampak menjanjikan bagi perusahaan dan juga investor. Namun performa indeks saham LQ45 tidak selalu cemerlang, berkenaan dengan banyaknya faktor yang dapat memengaruhi kinerjanya. Salah satu yang paling berpengaruh besar adalah situasi makroekonomi. Ini berarti, indeks saham LQ45 secara tidak langsung sudah mencerminkan bagaimana situasi pasar saham terkini, apakah itu bullish atau justru bearish.***

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel