Apa itu UMA dalam Saham?

Apa itu UMA dalam Saham?


Terakhir diperbarui Pada 6 November 2023 at 9:46 am

Apa itu UMA dalam saham? UMA merupakan singkatan kata Unusual Market Activity yang merupakan suatu aktivitas tidak biasa terjadi pada saham. BEI sendiri seringkali mengingatkan para pelaku pasar untuk selalu mewaspadai UMA. Pertanyaannya, apa sih UMA dalam saham?  Apa sebab dan dampaknya bagi investor?

 

 

Pengertian UMA (Unusual Market Activity)

Unusual Market Activity merupakan sebuah pergerakan dan aktivitas perdagangan saham yang terjadi tidak seperti biasanya atau di luar pola yang biasa terjadi.

UMA ini bisa mencakup pergerakan harga saham yang melonjak secara tiba-tiba dalam jangka waktu tertentu. Bisa juga dengan volume perdagangan yang jauh lebih tinggi dari biasanya, atau peristiwa yang tidak terduga yang mempengaruhi pasar.

Jika UMA ini terjadi, maka aktivitas perdagangan pasar saham dan efek bisa berjalan tidak wajar dan tidak teratur. Ini mengapa, UMA bisa membawa risiko besar bagi pelaku pasar yang tidak mengenalnya.

Meski pada beberapa pelaku pasar, terjadinya UMA fenomena yang menarik karena dapat menciptakan peluang meraup keuntungan besar.

 

Siklus-Sektor-Saham

[Baca lagi: Siklus Sektor Saham, Ini Fase-fasenya dan Berbagai Faktor yang Memengaruhi!]

 

 

Penyebab Terjadinya UMA (Unusual Market Activity)

Unusual Market Activity (UMA) dapat disebabkan oleh sejumlah faktor yang beragam. Beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan UMA diantaranya mencakup:

  1. Volume perdagangan pasar harian terjadi lebih dari rata-rata

Hal ini terjadi ketika ada saham yang memiliki volume perdagangan lebih dari rata-rata, bukan tidak mungkin saham tersebut telah mengalami UMA

Contohnya, saham ABCD rata-rata perdaganganya mencapai Rp1 miliar dalam sehari. Tetapi pada hari berikutnya perdagangannya melonjak hingga Rp4 miliar. Kondisi ini baiknya dicurigai, jangan sampai terjebak didalamnya.

  1. Harga saham yang melonjak signifikan

Harga saham melonjak signifikan secara tiba-tiba, bisa jadi karena saham ini telah mengalami UMA. Terlebih ini biasanya terjadi pada saham-saham yang baru listing alias IPO di bursa.

Lonjakan harga saham yang terjadi tiba-tiba ini, umumnya akan banyak dimanfaatkan pelaku pasar untuk berburu margin besar.

  1. Berita besar mengenai sektor industri maupun perusahaan

Pengumuman mengenai sebuah berita atau isu dari suatu sektor industri maupun perusahaan tertentu dapat memicu pergerakan yang tidak biasa. Misalnya, pengumuman hasil keuangan yang mengejutkan, perubahan manajemen perusahaan, atau peluncuran produk baru.

  1. Peristiwa eksternal

Peristiwa eksternal berupa kejadian tidak terduga, seperti bencana alam, krisis ekonomi global, atau perselisihan antar negara dapat mempengaruhi seluruh pasar dan menciptakan UMA.

  1. Manipulasi pasar

Upaya untuk memanipulasi harga saham atau pasar secara ilegal oleh pihak-pihak tertentu dapat menghasilkan pergerakan harga yang tidak wajar.

  1. Volume perdagangan tidak biasa

Volume perdagangan yang tiba-tiba sangat tinggi atau sangat rendah dapat menciptakan UMA. Hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas perdagangan yang tidak biasa dari investor besar atau algoritma perdagangan.

  1. Kebijakan Pemerintah

Perubahan dalam kebijakan pemerintah atau regulasi pasar dapat berdampak besar pada situasi  pasar saham dan menciptakan UMA.

  1. Spekulasi dan Sentimen Pasar

Sentimen pasar yang berubah atau tindakan spekulatif oleh pedagang dapat menyebabkan pergerakan harga yang tidak biasa.

Faktor-faktor di atas terkait satu sama lain dan bisa menciptakan kondisi pasar secara tidak biasa sehingga memerlukan perhatian dari para pelaku pasar.

Apa-itu-UMA-dalam-Saham

Source: www.freepik.es 

Dampak UMA (Unusual Market Activity)

Terjadinya Unusual Market Activity (UMA) dalam pasar saham berpotensi menimbulkan dampak yang terbilang signifikan, seperti berikut ini:

  • Volatilitas tinggi

UMA seringkali diiringi oleh volatilitas harga yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko perdagangan saham. Jika hal itu terjadi, maka para pelaku pasar berpotensi dihadapkan pada fluktuasi harga yang ekstrem dalam waktu singkat.

  • Kebingungan dan ketidakpastian

Pelaku pasar akan dibuat bingung dan cemas ketika menghadapi UMA. Terlebih bagi para pelaku pasar yang masih newbie, karena ketidakpastian pasar akibat UMA dapat mengganggu pengambilan keputusan investasi.

  • Perubahan pola investasi

UMA bisa mengubah pola investasi, menggerakkan investor untuk menyesuaikan portofolio mereka, atau bahkan mengambil langkah-langkah defensif dalam menghadapi situasi yang tidak biasa.

  • Potensi kerugian finansial

Pelaku pasar yang tidak terbiasa mengelola risiko dengan baik, akan sangat mudah terjebak dalam pergerakan harga yang merugikan. Apalagi terjadinya UMA dapat mengakibatkan kerugian finansial yang terbilang besar.

  • Perhatian ekstra

Ketika UMA terjadi, bukan tidak mungkin pelaku pasar harus memberi perhatian ekstra terhadap saham pegangan, dengan melakukan analisis berita dan perkembangan informasi yang ada untuk bisa memahami penyebab dan mengukur dampak UMA.

 

 

Dampak UMA yang Memengaruhi Kondisi Pasar

UMA memiliki dampak signifikan dalam memengaruhi kondisi pasar secara keseluruhan, sehingga akan terjadi hal-hal berikut:

  1. Volatilitas meningkat

UMA seringkali menyebabkan peningkatan volatilitas pasar. Harga saham dan aset dapat mengalami fluktuasi yang tajam dan tidak terduga dalam waktu singkat.

  1. Ketidakpastian

UMA dapat menciptakan ketidakpastian di antara pelaku pasar, di mana mereka akan bingung terhadap situasi apa yang sedang terjadi atau apa yang memicu perubahan secara tiba-tiba.

  1. Pengaruh sentimen

UMA bisa mempengaruhi sentimen pasar, ketika pelaku pasar sudah merasa cemas atau panik, yang dapat memicu tindakan yang mungkin tidak rasional.

  1. Perubahan pola perdagangan

UMA dapat mengubah pola perdagangan di pasar. Perdagangan yang lebih aktif atau volume yang tinggi bisa terjadi ketika UMA sedang berlangsung.

  1. Perhatian regulator

Regulator pasar sering kali harus memantau UMA dengan lebih cermat. Tidak jarang regulator pasar akan mengeluarkan peraturan tambahan atau melakukan investigasi terkait.

  1. Dampak jangka panjang

Beberapa efek dari UMA bisa memberi dampak jangka panjang pada pasar, terutama pada saham tertentu. Ini bisa mempengaruhi nilai saham atau aset di masa depan.

Dari sejumlah dampak yang dapat ditimbulkan UMA, maka secara tidak langsung fungsi UMA bisa dikatakan sebagai sebuah alarm yang mengingatkan para pelaku pasar. Agar lebih berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan investasi.

 

 

Cara Investor Menghadapi UMA

Untuk menghadapi Unusual Market Activity (UMA) dengan lebih baik, para investor dapat mempertimbangkan beberapa tips penting berikut ini:

  1. Periksa kembali konfirmasi dari perusahaan

Perusahaan dari saham-saham yang masuk dalam daftar UMA akan memberikan pernyataan atau konfirmasi. Kalau kita masuk sebagai pemegang saham dari perusahaan tersebut, maka perhatikan secara seksama konfirmasi dari perusahaan terkait.

Namun juga ada perusahaan yang justru tidak mengonfirmasikan apa yang terjadi, sehingga sahamnya masuk daftar UMA atau bersikap tertutup.

Dari kedua kondisi tersebut, kita sebagai investor dapat dengan mudah mengambil keputusan.

  1. Pahami faktor-faktor yang memengaruhi industri perusahaan bergerak

Pelajari dengan cermat tentang saham atau aset yang sedang kita pegang. Pahami bisnis, industri, dan faktor-faktor yang dapat memengaruhi pergerakan harga.

  1. Diversifikasi portfolio

Lakukan diversifikasi portfolio investasi pada beberapa saham potensial lainnnya, atau bisa juga pada aset/efek lain. Dengan diversifikasi portfolio ini, maka akan membantu mengurangi risiko yang terkait dengan UMA.

  1. Evaluasi kembali investment plan

Jika sudah memiliki investment plan, maka lakukan evaluasi kembali. Jika memang ada investasi yang berpotensi merugi, maka bisa merencakan kapan cut loss. Sebaliknya, jika saham yang dimiliki masih inline dengan investment planning, baiknya tetap hold, terlepas dari perubahan pasar  yang tidak biasa.

  1. Tetap tenang

Selalu kelola emosi dengan baik, agar tetap tenang dalam menghadapi UMA. Dan tidak mudah terbawa panik atau terburu-buru mengambil keputusan. Dalam kondisi panik, baiknya ambil waktu terlebih dulu, lalu lakukan evaluasi situasi dengan baik.

  1. Lihat perkembangan berita

Usahkan tetap update dengan berbagai perkembangan informasi terkait saham tertentu, termasuk dengan isu-isu yang dapa memengaruhi pergerakan harga saham.

  1. Gunakan analisis fundamental dan teknikal

Kombinasikan analisis fundamental dan teknikal untuk membuat keputusan investasi yang informasional dan berdasarkan data. Jangan terpengaruh berbagai spekulasi yang beredar di pasar.

Dalam hal analisis fundamental, pastikan untuk memerika kondisi perusahaan dari sisi kinerja keuangan terakhir

  1. Orientasi investasi jangka panjang

Jika kita menentukan tujuan investasi pada jangka panjang, maka penting untuk kembali mempertimbangkan efek jangka panjang dari UMA. Hal ini jauh lebih bermanfaat, daripada hanya fokus pada perubahan harga harian.

  1. Konsultasi dengan mentor saham

Jika kita masih merasa bingung dan khawatir terhadap dampak UMA. Langkah terbaik yang dapat dilakukan ialah berkonsultasi dengan mentor saham yang memang sudah expert dalam bidangnya. Hal ini jauh bermanfaat karena dapat memberi insight-insight baru dan juga panduan profesional.

  1. Manajemen Risiko yang Baik

Penting untuk kembali mengelola risiko dengan baik, salah satunya dengan menetapkan stop-loss. Atau bisa juga dengan mengelola kembali proporsi investasi.

 

 

Untuk Anda yang ingin atau sedang menyusun investing plan Anda, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah banyaknya informasi yang beredar, Anda bisa menggunakan Monthly Investing Plan edisi November 2023 yang telah terbit…

 

 

Kesimpulan

Dapat ditarik kesimpulan, bahwa sederhananya UMA ini adalah bentuk aktivitas pasar saham yang terjadi tidak seperti biasanya. Atau di luar pola yang biasanya.

Umumnya UMA dapat membawa risiko besar, terutama bagi para pelaku pasar yang sama sekali belum tahu mengenai UMA dan tidak memiliki strategi investasi yang baik.

Namun tidak menutup kemungkinan juga, bahwa UMA juga bisa menciptakan peluang bagi pelaku pasar yang sudah mengenali tanda-tanda UMA. Di mana mereka bisa mengidentifikasi tren atau pergerakan harga saham yang tidak biasa ini.

Dalam hal ini, BEI sendiri akan seringkali memberikan peringatan, jika memang ada saham yang masuk ke dalam daftar UMA. Kendati saham pegangan masuk dalam peringatan UMA, baiknya kita tetap bersikap tenang dan tidak mudah panik.

Yang perlu dilakukan adalah memperhatikan apa konfirmasi perusahaan terkait dengan posisi perusahaan yang masuk dalam daftar UMA. Apakah benar perusahaan telah melakukan pelanggaran. Jika memang perusahaan tidak melakukan pelanggaran dan mampu memberi konfirmasi mengenai UMA, bukan tidak mungkin saham nya akan keluar dari dalam daftar UMA.***

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel