Resolusi Keuangan 2024! Sudahkah Ditentukan?

Resolusi Keuangan 2024! Sudahkah Ditentukan?


Penyusunan resolusi keuangan di setiap awal tahun, nampaknya menjadi rutinitas yang perlu dilakukan. Hal ini sudah lumrah, karena awal tahun merupakan momen yang tepat, untuk menetapkan kembali goals keuangan baru. Nah, berikut beberapa ide menarik yang dapat menuntun dalam menyusun resolusi keuangan 2024!

 

 

Definisi Resolusi Keuangan

Resolusi keuangan merupakan pengertian, yang mengacu pada penyusunan tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Resolusi keuangan ini termasuk dalam bagian perencanaan keuangan secara meluas. Di mana fungsi dan perannya adalah untuk membantu mencapai tujuan keuangan yang lebih baik dan sehat.

Untuk itu, resolusi keuangan ini akan selalu di evaluasi dan diperbarui setiap tahunnya. Tentunya agar resolusi keuangan yang dibuat lebih terukur dan realistis dengan kondisi ekonomi terkini.

 

 

 

 

Anda yang ingin atau sedang menyusun investing plan, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah banyaknya informasi yang beredar, Anda bisa menggunakan Monthly Investing Plan edisi Januari 2024 yang telah terbit…

 

 

 

Fungsi dan Peran Penyusunan Resolusi Keuangan

Adanya penyusunan resolusi keuangan bukan tanpa alasan. Untuk bisa mencapai tujuan keuangan, tentu dibutuhkan manajemen yang tepat dalam beberapa hal berikut:

  1. Menentukan Keputusan keuangan yang tepat guna,
  2. Memonitor pemasukan dan pengeluaran keuangan dengan bijak,
  3. Meminimalisir risiko-risiko yang berkaitan dengan masalah keuangan,
  4. Mengelola penyimpanan uang secara bijak dan terukur,
  5. Membantu mencapai kebebasan finansial.

Itu mengapa resolusi keuangan penting untuk diperhatikan, terutama bagi kita yang terjun dalam investasi saham. Di mana kita menginginkan keuangan kita saat ini, dapat mendukung investasi saham yang kita lakukan. Sehingga nanti hasilnya akan mengantarkan kita pada financial freedom yang kita harapkan.

So, karena kita sudah memasuki awal tahun, mari kita review kembali resolusi keuangan 2024. Apakah kita sudah menentukan arahnya? Dan apa saja yang perlu kita lakukan agar resolusi keuangan 2024 ini tercapai dengan baik?

 

 

Langkah-langkah dalam Menyusun Resolusi Keuangan 2024

  1. Lakukan evaluasi terhadap situasi keuangan

Langkah pertama sebelum Menyusun resolusi keuangan 2024 adalah mengevaluasi situasi keuangan saat ini (financial check up). Evaluasi ini biasanya dilakukan secara menyeluruh, mulai dari keuangan harian, bulanan, jumlah asset yang dimiliki, hingga bagaimana pengelolaan utang piutang.

Contoh dalam melakukan evaluasi keuangan:

    • Total rata-rata pengeluaran per bulan Rp5.500.000,-
    • Total rata-rata penghasilan per bulan Rp10.500.000,-
    • Asset sekitar Rp200.000.000,- terdiri dari uang Tabungan di bank dan juga investasi.
    • Utang sekitar Rp20.000.000,- yang berasal dari sisa KPR.

Dengan gambaran rinci seperti di atas, secara tidak langsung kita telah mengukur situasi keuangan, apakah sehat atau tidak? Apakah nilainya minus? Atau strategi apa yang tepat dalam mencapai resolusi keuangan 2024 ini? Dan lain sebagainya…

 

  1. Perbaiki cashflow keuangan

Tidak banyak orang yang mampu memiliki cashflow keuangan yang baik dan sehat. Akibatnya tidak heran, jika ada banyak korban pinjaman online. Bahkan mirisnya, korban melakukan pinjaman hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtifnya.

Padahal cashflow keuangan yan sehat akan menjaga kita dari jebakan hutang yang berat. Untuk itu penting, bagi kita memperbaiki kembali arus cashflow keuangan. Salah satunya dengan meninjau kembali budgeting atau anggaran yang sudah ditetapkan.

Prioritaskan anggaran yang sifatnya penting, biasanya ini tidak lepas dari kebutuhan primer. Dan sebaliknya, kita harus menekan gaya hidup yang mungkin tidak terkontrol.

 

  1. Tentukan resolusi keuangan 2024 dengan jelas

Setelah evaluasi, maka langkah selanjutnya adalah menentukan resolusi keuangan 2024 yang ingin dicapai secara jelas, spesifik dan juga terukur.

Jika kita memiliki situasi keuangan yang sehat, maka kita perlu menuliskan tujuan-tujuan keuangan lainnya. Seperti halnya berhasil disiplin dalam berinvestasi saham, atau bahkan dapat melunasi utang.

Sebaliknya jika, situasi keuangan masih belum mendukung. Maka kita dapat menuliskan target yang ingin dicapai terlebih dulu. Contohnya seperti mendapatkan penghasilan tambahan, atau komitmen mencicil utang hingga lunas.

Contoh tujuan keuangan:

    • Disiplin berinvestasi saham setiap bulan Rp300.000,-
    • Mencicil utang sekitar Rp100.000,- setiap bulannya, selama enam bulan ke depan di semester I-2024.

 

  1. Lakukan penyusunan anggaran secara terperinci

Lakukan pengelompokkan anggaran, karena bagian ini salah satu yang berpengaru besar dalam mencapai resolusi keuangan. Seperti halnya, anggaran bulanan mulai dari bayar asuransi, investasi, bayar Listrik, dan lain sebagainya. Atau bahkan anggaran tahunan seperti membayar pajak perorangan, rumah atau mungkin kendaraan.

Tidak hanya itu, anggaran di sini juga termasuk pada anggaran untuk dana darurat yang perlu kita alokasikan juga. Sehingga ketika ada kebutuhan mendesak, tidak sampai mengganggu anggaran lain yang sudah ditetapkan.

 

  1. Realisasikan investasi keuangan

Dalam resolusi keuangan 2024 ini, pastikan juga untuk mulai berani merealisasikan investasi. Dalam hal ini, kita sebaiknya mulai menggali informasi mengenai produk dan juga layanan keuangan. Sepertinya halnya di pasar modal ada beberapa instrument investasi keuangan yang dapat dipilih, seperti saham, reksa dana, obligasi dan lainnya.

Untuk merealisasikan investasi ini, pastikan kita sudah mengenal profil risiko kita terhadap investasi yang dipilih.

Misalnya, kita memiliki profil risiko yang tinggi dan suka pada tantangan, maka kita dapat berinvestasi saham. Sebaliknya jika profil risiko kita rendah, maka kita dapat berinvestasi reksa dana.

 

  1. Berkonsultasi dengan mentor expert dalam keuangan maupun investasi

Jika dalam proses menjalankan resolusi keuangan, kita mendapati kesulitan atau keraguan. Maka sebaiknya carilah mentor yang memang sudah expert dan memiliki sertifikasi. Mentor ini akan sangat berperan penting, dalam memberikan insight-insight baru, yang bahkan belum terpikirkan oleh kita.

Tidak hanya itu, mentor ini juga akan memberikan gambaran secara terperinci mengenai kondisi keuangan kita saat ini. Sekaligus memberikan beberapa pilihan alternatif sebagai solusi, sehingga kita dapat terhindar dari potensi risiko.

 

 

 

Dapatkan seluruh layanan dari RK Team secara lengkap dan harga spesial hanya untuk member RK. Yuk gabung sekarang juga menjadi Platinum Member!

Platinum-Members

 

 

Sikap yang Dibutuhkan Agar Resolusi Keuangan 2024 Tercapai

  1. Disiplin diri

Keberhasilan dalam mencapai resolusi keuangan 2024 ini, tentu erat kaitannya dengan kesiapan kita dalam berdisiplin diri menjalankan apa yang ada dalam resolusi keuangan.

Dalam hal ini, kita harus mampu disiplin dalam menyisihkan uang untuk investasi. Jadi bukan dengan kita menyisakan keuangan alias nunggu sisa di akhir bulan.

Melainkan sisihkan terlebih dulu dana untuk investasi, setelah menerima penghasilan. Jangan pernah menunggu sisa, baru kemudian investasi. Sisihkan uang yang didapat dari penghasilan kita secara rutin.

 

  1. Tingkatkan investasi leher ke atas

Sejalan dengan resolusi keuangan 2024 yang ingin dicapai, pastikan bahwa secara knowledge kita juga mendukung. Baik itu terhadap pengetahuan keuangan maupun invetasi pasar modal. Mengingat investasi yang kita lakukan adalah pada instrument saham. Maka tingkatkan pengetahuan kita mengenai dunia saham dan berbagai aspek di dalamnya.

Di waktu yang sama, kita juga perlu upgrade pengetahuan keuangan secara keseluruhan. Kedua pengetahuan ini akan membantu kita lebih bijak dalam berproses. Dengan begitu, kita jauh lebih optimis dalam mencapai resolusi keuangan 2024 ini.

 

  1. Jangan mudah tergiur pada tawaran investasi dengan iming-iming keuntungan besar

Dalam proses menjalankan resolusi keuangan 2024 ini, pastikan bahwa kita tidak mudah dan jangan sampai mudah tergiur pada tawaran investasi bodong.

Seperti kita tahu bahwa, investasi bodong adalah praktik yang menipu nasabahnya. Biasanya investasi bodong senantiasa menawari iming-iming keuntungan yang sangat besar. Dalam waktu yang singkat alias instan! Tentu ini tidak akan baik bagi situasi keuangan kita.

Di mana kita bisa menderita kerugian besar dan terlibat dari jeratan utang yang juga besar.

 

  1. Fokus pada target keuangan

Upayakan tetap fokus pada apa yang menjadi target keuangan di masa mendatang. Dengan fokus, maka secara tidak langsung produktivitas kita juga dapat meningkat untuk mewujudkan target yang ditentukan tadi. Lantaran kita sudah tahu, seberapa besar Upaya yang akan kita lakukan untuk bisa mencapai target dalam resolusi keuangan 2024 ini.

 

  1. Cari Sumber Penghasilan Lain

Jika saat ini kita merasa keuangan masih belum stabil. Atau bahkan sebagai bentuk antisipasi terhadap ketidakpastian ekonomi yang mungkin terjadi. Maka tidak ada salahnya, untuk kita mencari sumber penghasilan lain. Sehingga kita memiliki lebih dari satu sumber penghasilan.

Dengan sumber penghasilan ini, juga dapat membantu kita dalam memperbaiki arus cashflow keuangan menjadi lebih baik lagi. Misalnya dengan menjadi seorang freelance atau mungkin berbisnis.

 

  1. Hindari sikap gemar berhutang

Sikap yang tidak kalah penting dalam mencapai resolusi keuangan 2024 ini adalah tidak gemar berhutang. Ada banyak jenis utang mulai dari kartu kredit, KPR, KTA, atau bahkan paylater yang sekarang booming.

Dalam hal ini, jika kita sudah memiliki tekad untuk mencicil utang-utang tersebut, hingga lunas. Sudah tentu itu adalah bagian dari resolusi keuangan yang baik. Jika nantinya utang-utang itu lunas, maka sebaiknya hindari sikap untuk berhutang lagi.

 

 

 

 

 

Cara-Menghindari-Hutang-Turunan

[Lihat lagi: Cara Menghindari Hutang Turunan]

 

 

 

 

Kesimpulan

Menyusun resolusi keuangan 2024 sebaiknya memang kita lakukan, terlebih jika kita memiliki keinginan financial freedom. Lebih dari itu, kita juga menginginkan bisa berinvestasi, baik itu pada saham, reksa dana maupun emas dan instrument investasi lainnya.

Resolusi keuangan 2024, dapat membantu kita mencapai tujuan keuangan yang kita inginkan. Termasuk terbebas dari beban utang yang mungkin di tahun 2023 kemarin belum teratasi sepenuhnya.

Namun dalam prosesnya, menjalankan resolusi keuangan 2024 tentu tidak semudah yang dibayangkan. Kita harus mampu memaksa diri untuk disiplin, meningkatkan investasi leher ke atas, tidak mudah tergiur pada investasi yang instan, fokus pada target keuangan, mencari sumber penghasilan lain, hingga tidak gemar berhutang.

So, apakah teman-teman investor di sini sudah menyusun kembali resolusi keuangan? Bagian mana saja yang belum tercapai di 2023 kemarin? Dan apakah ada target keuangan yang baru di tahun 2024 ini? Share yuk di kolom komentar…***

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel