Begini Cara Membuat Watchlist Saham yang Efektif dan Nggak Rumit!

Begini Cara Membuat Watchlist Saham yang Efektif dan Nggak Rumit!


Terakhir diperbarui Pada 21 Desember 2023 at 5:18 pm

Mengenal apa itu watchlist saham dan bagaimana cara membuat watchlist saham yang lebih efektif, menjadi hal penting ketika berinvestasi di pasar saham. Terlebih dalam lingkup pasar keuangan yang begitu dinamis, watchlist saham bisa menjadi senjata ampuh bagi para investor yang cerdas dan proaktif. Langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat watchlist yang efektif dalam mengidentifikasi peluang investasi!

 

Mengenal Watchlist Saham

Watchlist saham adalah daftar perusahaan-perusahaan yang menarik minat para investor untuk dipantau kinerja sahamnya secara lebih cermat. Daftar ini berfungsi sebagai alat bantu investor dalam mengidentifikasi peluang investasi yang potensial, sekaligus untuk mengamati pergerakan harga saham dari waktu ke waktu.

Watchlist saham memungkinkan para pelaku pasar saham, baik pemula maupun investor ulung bisa lebih ringkas ketika memantau kinerja saham-saham pilihan mereka. Termasuk ketika investor, akan menyelami laporan keuangan, dan mengamati tren pasar terkini.

Dengan memiliki watchlist saham, investor dapat lebih mudah membuat keputusan investasi yang lebih informasional, bahkan bisa mendapatkan wawasan lebih mendalam mengenai suatu perusahaan.

 

Pentingnya Memiliki Watchlist Saham

Pentingnya memiliki watchlist saham tidak bisa diabaikan dalam dunia investasi saham yang begitu dinamis dan kompleks. Watchlist saham memainkan peran krusial dalam membantu investor mengidentifikasi dan mengamati perusahaan-perusahaan yang menjanjikan potensi pertumbuhan dan keuntungan.

Dengan memiliki daftar perusahaan di watchlist, maka seorang investor bisa lebih fokus dan terorganisir dalam mengawasi saham-saham pilihan, tanpa harus terjebak dalam banjir informasi yang berlebihan di pasar.

Tidak hanya itu, watchlist saham juga akan membantu investor dalam memantau kinerja saham secara efisien dan memberikan waktu lebih untuk melakukan analisis mendalam.

Tentu harapan dari adanya watchlist saham ini, kita sebagai investor bisa membuat keputusan investasi yang realistis dan tepat, serta terhindar dari kerugian besar.

Contoh nyata pentingnya watchlist saham adalah:

Ketika seorang investor telah memasukkan saham perusahaan teknologi yang sedang berkembang pesat ke dalam daftar watchlistnya. Kemudian muncul berita tentang perusahaan tersebut merilis produk baru yang inovatif dan berhasil menarik minat publik, maka saham perusahaan tersebut cenderung akan mengalami kenaikan harga.

Tapi karena investor telah memiliki watchlist saham yang teratur, maka investor tersebut bisa dengan cepat mengenali momentum tersebut dan mengambil tindakan yang tepat. Misalnya dengan  membeli saham perusahaan sebelum harganya naik.

Itulah alasan mengapa memiliki watchlist saham menjadi penting bagi investor. Watchlist saham menjadi alat berharga dalam membantu investor meraih peluang investasi yang tepat sasaran. Sehingga mampu meningkatkan potensi keberhasilan investasi para investor di pasar saham yang dinamis.

 

Fungsi dan Manfaat Watchlist Saham

Fungsi utama watchlist dalam investasi saham adalah sebagai alat bantu yang memungkinkan para investor untuk memonitor saham-saham tertentu dengan lebih teratur dan efisien.

Watchlist memungkinkan investor untuk mencatat perusahaan-perusahaan yang menarik berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, seperti kinerja keuangan yang tumbuh positif, prospek industri yang menjanjikan, ekspansi besar-besaran, hingga peristiwa tertentu yang mempengaruhi pasar. Dengan memiliki watchlist, investor bisa dengan mudah melacak pergerakan harga saham, menganalisis tren pasar, dan memantau berita terkini yang mempengaruhi saham-saham pilihan mereka.

Sementara dari sisi manfaat, watchlist saham mampu memberikan kesempatan bagi para investor untuk lebih teratur dan efisien dalam memantau saham-saham yang menarik minat mereka. Dengan watchlist, investor akan semakin mudah mencatat dan mengikuti pergerakan harga saham pilihan, serta memonitor perkembangan terkini yang dapat mempengaruhi nilai saham tersebut.

Manfaat lainnya, adalah untuk membantu investor mengidentifikasi peluang investasi potensial dan mengamati tren pasar yang sedang berkembang. Berbekal daftar saham yang relevan dan terorganisir, pengambilan keputusan investasi jauh lebih tepat, sekaligus menurunkan risiko kehilangan informasi penting di tengah informasi pasar yang melimpah.

Secara keseluruhan, manfaat watchlist memberikan pendekatan yang lebih fokus dan efektif dalam mengoptimalkan hasil investasi di pasar saham yang dinamis dan kompetitif.

 

Jumlah Saham Ideal dalam Watchlist

Jumlah saham ideal dalam watchlist sebenarnya variatif, tergantung pada preferensi dan strategi investasi masing-masing investor.

Namun, umumnya investor disarankan untuk mempertahankan watchlist dengan jumlah saham yang cukup terkelola. Alasannya, tentu agar investor dapat memantau dan menganalisis setiap saham dengan lebih efektif dan efisien.

Adapun sebagai panduan, Penulis sendiri merekomendasikan untuk memilih sekitar 10 hingga 20 saham potensial dan berprospek menarik yang ada dalam watchlist.

Dengan jumlah tersebut, investor dapat lebih fokus dalam memahami kinerja masing-masing saham, mengikuti perkembangan perusahaan, serta memantau tren pasar yang berdampak pada saham-saham pilihannya.

Jadi, jika terlalu sedikit jumlah saham pilihan dalam watchlist, juga bisa menyebabkan kurangnya diversifikasi. Sebaliknya jika terlalu banyak saham, juga bisa membingungkan dan menyulitkan dalam mengambil keputusan.

Oleh karena itu, menjaga jumlah saham dalam watchlist pada kisaran 10 – 20 saham dapat membantu teman-teman investor untuk tetap terorganisir dan mengoptimalkan potensi keberhasilan investasi dalam pasar saham yang beragam dan berfluktuasi.

 

Cara Membuat Watchlist Saham

(dengan Contoh) Membuat watchlist saham yang efektif memerlukan langkah-langkah strategis yang cermat.

Pertama, tentukan tujuan investasi Anda dan identifikasi kriteria saham yang sesuai dengan profil risiko dan preferensi. Selanjutnya, pilih saham-saham yang memiliki prospek pertumbuhan menjanjikan dan telah menunjukkan stabilitas dalam performa mereka. Salah satu contoh cara membuat watchlist saham secara manual adalah dengan membuat tabel sendiri, misalnya:

 

No.

Watchlist Saham

Paling Potensial (V)

1.

TAPG

V

2.

TBLA

V

3.

ELSAV

4

POWR

V

5.PGAS

V

6.

INKP –

7.

BNGA

 –

8.MTEL

V

9.

ACES –
10.

SCMA

 –

Atau bahkan contoh lain cara membuat watchlist saham seperti berikut, yang dilengkapi dengan harga terakhir dan potensi kenaikan:

Atau mungkin dengan cara membuat watchlist saham yang lebih lengkap dengan potensi Margin of Safety dan potensi beli dalam waktu dekat menggunakan remarks berwarna hijau, berikut ini:

Oya, perlu digaris bawahi ya dalam cara membuat watshlict saham tidak ada ketentuan khusus dan kaku. Mengingat setiap profil investor berbeda-beda, sehingga cara menilai dan sudut panjang, serta kebutuhan indikator sahamnya pun tidak sama.

Adapun jika, teman-teman investor tidak memiliki cukup waktu untuk membuat wacthlist saham sendiri secara manual. Kalian bisa menggunakan fitur watchlist saham yang tersedia dalam platform investasi, seperti pada aplikasi mobile atau situs web.

Salah satu contoh fitur watchlist saham pada aplikasi ialah:

Source: idxbite.com

Oya, untuk membuat wacthlist saham sekarang ini juga bisa melalui platform investasi. Misalnya, seperti aplikasi mobile atau situs web.

Kelebihan lain yang bisa kita dapatkan, jika membuat watchlist saham dari aplikasi mobile adalah bisa memantau harga saham terkini, membaca berita terkini, dan mengakses analisis pasar secara real-time.

Jangan lupa, untuk terus memperbarui watchlist saham pilihan secara berkala dengan informasi terbaru. Cara ini efektif untuk memastikan kita selalu memiliki data terkini, akurat dan relevan dalam pengambilan keputusan investasi.

 

Tips Membuat Watchlist Saham yang Efektif

Tipsnya cukup mudah kok, dijamin nggak bikin rumit!

  1. Buatlah watchlist saham pilihan, dengan jumlah 10 – 20 emiten/perusahaan saja.
  2. Tentukan tujuan investasi untuk apa.
  3. Tetapkan time frame investasi yang diinginkan untuk mencapai tujuan tersebut.
  4. Identifikasi saham-saham pilihan sesuai kriteria dan potensi risiko.
  5. Kemudian lakukan riset mendalam, dengan memantau kinerja saham secara berkala. Fokuskan pada saham-saham dengan potensi pertumbuhan, stabil, dan sesuai dengan minat sektor. Gunakan platform investasi untuk memantau harga dan berita terkini, serta perbarui watchlist secara berkala.

 

Strategi Pengelolaan Watchlist Saham

Pengelolaan watchlist saham yang efektif melibatkan langkah-langkah strategis meliputi:

  1. Menentukan kriteria saham pilihan berdasarkan tujuan investasi, profil risiko, dan minat sektor.
  2. Pastikan hanya memilih saham-saham yang berpotensi memiliki pertumbuhan kinerja yang menarik dan stabil dalam industrinya.
  3. Pantau kinerja saham secara berkala, terutama ketika musim laporan keuangan dirilis seperti kuartal I, kuartal II, kuartal III, dan kuartal IV.
  4. Lakukan evaluasi terhadap performa masing-masing saham secara objektif.
  5. Rutin perbarui watchlist saham dengan informasi terkini dan berita pasar terbaru untuk tetap relevan dalam pengambilan keputusan investasi.
  6. Pastikan jumlah saham pilihan dalam watchlist terkelola dengan baik, guna menjaga fokus dan efisiensi dalam mengamati pergerakan pasar.

Beberapa strategi di atas, dapat membantu kita lebih efektif dalam cara membuat watchlist saham.

 

Kesimpulan

Dalam cara membuat wacthlist saham, sebenarnya kita sedang membuat kunci yang membantu untuk identifikasi peluang investasi yang menjanjikan dalam sebuah saham. Dengan tujuan semakin mempermudah mengambil keputusan investasi yang tepat pada waktunya.

Secara garis besar fungsi dan manfaat watchlist saham adalah dapat menampung seluruh rencana investasi saham, termasuk hasil dari analisa saham.

Jadi, mulai sekarang susunlah watchlist saham pilihan kalian agar investasi yang dilakukan dapat lebih terukur dan terarah.*** 

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel