Rivan Kurniawan

Keunggulan Saham Blue Chip


Terakhir diperbarui Pada 17 October 2022 at 3:32 pm

Saham Blue Chip sudah pasti terdengar familiar di telinga investor. Namun kadangkala tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua investor tahu apa saja keunggulan saham Blue Chip ini. Akhirnya sebagian investor, hanya bisa berspekulasi tentang saham-saham Blue Chip ini..

.

.

Artikel ini dipersembahkan oleh:

.

.

Keunggulan Saham Blue Chip

Berinvestasi saham di perusahaan saham blue chip ini, umumnya cenderung direkomendasikan untuk para investor pemula. Lantaran saham jenis blue chip karena di percaya memiliki risiko yang lebih sedikit. Dan juga pergerakan harganya stabil. Saham blue chip ini pun lebih disarankan dalam rentang waktu yang lama.

#1 Harga yang Stabil dan Tidak Terlalu Fluktuatif

Salah satu kelebihan dari saham blue chip, karena besarnya kapitalisasi dan harga saham yang besar. Sehingga harga saham blue chip tidak mudah naik dan turun, secara besar-besaran dalam waktu yang singkat. Sangat jarang saham blue chip yang terkena auto reject oleh bursa.

Saham blue chip membutuhkan waktu untuk dapat naik dan turun, dalam jumlah yang besar yakni berbulan-bulan. Kehebatan saham blue chip adalah ketahanannya dalam menghadapi fluktuasi pasar. Meskipun blue chip rata-rata memiliki pertumbuhan yang lambat tidak sepantasnya investor mengabaikannya. Ada pula saham blue chip dengan pertumbuhan yang cepat dalam melipat gandakan labanya. Namun bukan berarti bila investor telah memegang saham blue chip bisa bersikap santai. Karena sebagai investor pun, kita harus tetap memantau perkembangan dan kinerja perusahaan.

#2 Memiliki Kinerja Fundamental yang Relatif Baik

Perusahaan yang sahamnya sudah masuk dalam kategori blue chip, biasanya adalah perusahaan yang sudah mapan dan menjadi market leader. Pertumbuhannya memang tidak secepat perusahaan kecil, namun lebih stabil dalam menghadapi kesulitan ekonomi. Perusahaan ini memiliki etos dan kinerja yang baik, fundamental yang baik serta dikelola oleh orang-orang professional.

Selain itu, perusahaan ini juga bergerak di bidang industri dimana hasilnya dibutuhkan banyak orang. Sudah bisa dipastikan pula jika perusahaan kategori saham blue chip, memiliki keuntungan yang besar dan secara rutin dibagikan kepada investor.

Istilah yang terkenal untuk blue chip ini adalah “Too Big to Fail”. Karena perusahaan besar memiliki modal yang besar dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya. Saham jenis blue chip ini sangat layak untuk dijadikan investasi jangka panjang. Serta penghasilan pasif yang terus menerus karena perusahaan ini tidak main-main dalam menjalankan bisnisnya.

#3 Risiko Likuiditas Kecil

Salah satu alasan memilih saham blue chip adalah karena risiko collapse-nya kecil, dan sudah cukup stabil harganya. Dibandingkan dengan pergerakan harga saham kapitalisasi kecil. Saham blue chip memang tidak terlalu fluktuatif. Namun risiko dalam bertransaksi saham ini pun pastinya lebih kecil, bila dibandingkan dengan risiko bertransaksi saham gorengan berkapitalisasi kecil.

Bertransaksi saham berkapitalisasi kecil dibutuhkan pembelajaran yang lebih mendalam. Dan juga pengalaman menganalisis. Serta kedisiplinan yang ketat dalam membatasi risiko. Saham yang fluktuasinya tinggi tidak jarang terkena pemberhentian sementara (suspend) oleh Bursa Efek.

Likuiditas saham gorengan pun tidak dijamin. Apalagi bila investor terlanjur membeli pun, tidak dijamin. Bila investor terjebak membeli karena momentum sementara, investor tersebut dapat terjebak dan tidak bisa menjual sahamnya. Karena tidak ada yang mau membeli.

Risiko-risiko yang dapat terjadi pada saham berkapitalisasi kecil itulah, yang tidak terjadi pada saham berkapitalisasi besar seperti blue chip. Meskipun harga sahamnya turun, blue chip tetap likuid dan mudah diperjualbelikan. Karena faktor risiko yang kecil inilah, maka investor pemula selalu disarankan membeli saham blue chip. Karena lebih penting untuk membatasi risiko terlebih dahulu sebelum mengejar keuntungan.

Dan di artikel ini, Penulis juga akan menguraikan sejumlah saham perusahaan yang masuk ke dalam kategori saham blue chip. Berikut adalah beberapa contoh saham yang dapat dikategorikan blue chip. Dan juga memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Serta kinerja harga saham yang stabil :

No

KodeNama PerusahaanIndustri
1BBCAPT Bank Central Asia TbkPerbankan
2BBNIPT Bank Negara Indonesia (Persero) TbkPerbankan
3BBRIPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TbkPerbankan
4BMRIPT Bank Mandiri (Persero) TbkPerbankan
5AALIPT Astra Agro Lestari TbkPerkebunan
6LSIPPT PP London Sumatra Indonesia TbkPerkebunan
7SSMSPT Sawit Sumbermas Sarana TbkPerkebunan
8ADROPT Adaro Energy TbkTambang & Energi
9AKRAPT AKR Corporindo TbkTambang & Energi
10ANTMPT Aneka Tambang (Persero) TbkTambang & Energi
11INCOPT Vale Indonesia TbkTambang & Energi
12ITMGPT Indo Tambangraya Megah TbkTambang & Energi
13PGASPT Perusahaan Gas Negara (Persero) TbkTambang & Energi
14PTBAPT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) TbkTambang & Energi
15UNTRPT United Tractors TbkAlat Berat
16INTPPT Indocement Tunggal Prakarsa TbkSemen
17SMGRPT Semen Indonesia (Persero) TbkSemen
18ADHIPT Adhi Karya (Persero) TbkKonstruksi
19JSMRPT Jasa Marga (Persero) TbkKonstruksi
20PTPPPT Pembangunan Perumahan (Persero) TbkKonstruksi
21WIKAPT Wijaya Karya (Persero) TbkKonstruksi
22WSKTPT Waskita Karya (Persero) TbkKonstruksi
23BSDEPT Bumi Serpong Damai TbkProperti
24LPKRPT Lippo Karawaci TbkProperti
25PWONPT Pakuwon Jati TbkProperti
26SMRAPT Summarecon Agung TbkProperti
27GGRMPT Gudang Garam TbkConsumer Goods
28HMSPPT HM Sampoerna TbkConsumer Goods
29ICBPPT Indofood CBP Sukses Makmur TbkConsumer Goods
30INDFPT Indofood Sukses Makmur TbkConsumer Goods
31KLBFPT Kalbe Farma TbkConsumer Goods
32MYORPT Mayora Indah TbkConsumer Goods
33UNVRPT Unilever Indonesia TbkConsumer Goods
34SILOPT Siloam International Hospitals TbkRumah Sakit
35LPPFPT Matahari Department Store TbkRitel
36MAPIPT Mitra Adiperkasa TbkRitel
37CPINPT Charoen Pokphand Indonesia TbkPakan Ternak
38JPFAPT JAPFA Comfeed Indonesia TbkPakan Ternak
39ASIIPT Astra International TbkOtomotif
40MNCNPT Media Nusantara Citra TbkMedia
41SCMAPT Surya Citra Media TbkMedia
42EXCLPT XL Axiata TbkTelekomunikasi
43TBIGPT Tower Bersama Infrastructure TbkTelekomunikasi
44TLKMPT Telekomunikasi Indonesia (Persero) TbkTelekomunikasi

Disclaimer: Daftar di atas tersebut hanya sebagai contoh dan edukasi, bukan sebagai rekomendasi untuk membeli saham. Adapun sebagai tambahan informasi, saham blue chip pun perlu dipantau kinerja dan fundamental perusahaannya secara berkala.

Seperti yang sudah Penulis sebutkan di atas, bahwa saham yang dikategorikan blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang besar (Big Market Capitalization).

.

Ada Kelebihan, Ada Juga Kekurangan

Saham blue chips sebagai instrumen investasi memiliki kelebihan. Yaitu risiko yang relatif kecil dan cocok untuk investor yang memiliki profil risiko defensif dan moderat. Namun saham blue chip juga memiliki kekurangan yaitu harganya yang mahal sehingga membutuhkan modal yang besar untuk membelinya. Blue chips juga memiliki pergerakan harga saham yang lambat. Namun disamping kelebihan dan kekurangannya, blue chips sangat cocok sebagai sarana edukasi saham bagi investor pemula.

 

Bagaimana kira-kira Anda memiliki rasa minat yang tinggi untuk berinvestasi di saham-saham blue chip ? Sudah siapkah Anda dengan alokasi dana Anda untuk berinvestasi dalam saham blue chip ?

Sumber Referensi:

  • Harris Darmawan. 20 Maret 2017. Investor Pemula, Ketahui Kelebihan Saham Blue Chip Sebagai Modal Dasar. https://www.finansialku.com/investor-pemula-ketahui-kelebihan-saham-blue-chip-sebagai-modal-dasar/

###

Info:

  • Monthly Investing Plan Maret 2019 sudah terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Cheat Sheet LK Q4 2018 sudah terbit, Anda dapat memperolehnya di sini.
  • E-Book Quarter Outlook LK Q4 2018 sudah terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Jadwal Workshop :
    • Workshop & Advance Value Investing (Jakarta, 16 – 17 Maret 2019) dapat dilihat di sini.

Tags : Keunggulan Saham Blue Chip | Keunggulan Saham Blue Chip | Keunggulan Saham Blue Chip | Keunggulan Saham Blue Chip | Keunggulan Saham Blue Chip |Keunggulan Saham Blue Chip | Keunggulan Saham Blue Chip | Keunggulan Saham Blue Chip | Keunggulan Saham Blue Chip | Keunggulan Saham Blue Chip | Keunggulan Saham Blue Chip

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel