Sektor Saham yang Naik Ketika Pemilu, Cek Di Sini!

Sektor Saham yang Naik Ketika Pemilu, Cek Di Sini!


Menjelang pemilu, pertanyaan seputar apa sektor saham yang naik ketika pemilu sering muncul. Kita bisa melihat bahwa pemilu, terutama yang berkaitan dengan jabatan eksekutif dan legislatif, dapat menciptakan ketidakpastian di pasar keuangan. Akibatnya investor seringkali lebih waspada dan pergerakan pasar saham jadi lebih volatil. Lantas sektor saham apa saja yang naik di masa-masa pemilu?

 

 

 

Source: istockphoto.com

 

 

Momentum Pemilu 2024

Pesta demokrasi besar dalam bentuk pemilihan umum (pemilu) yang sebentar lagi berlangsung pada 14 Februari 2024. Akan menjadi faktor penentu dalam pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama tahun setahun ke depan. Di mana, ini juga memberikan peluang bagi para investor untuk meraih keuntungan, berdasarkan sentimen yang ada seiring dengan perhelatan demokrasi tersebut.

Ketika kita melihat catatan sejarah, kita dapat melihat bahwa IHSG mengalami peningkatan nilai satu tahun sebelum menjelang pemilu presiden, yang diadakan dalam tiga periode terakhir.

Contohnya, pada pemilihan umum tahun 2009, 2014, dan 2019, IHSG mengalami kenaikan berturut-turut sebesar 13.2%, 10.9%, dan 7.7%.

 

 

 

 

 

Daftar-Emiten-Pendukung-Capres-di-Pemilu-2024

[Baca lagi: Daftar Emiten Pendukung Capres di Pemilu 2024, Digendong Para Partai Koalisi]

 

 

 

Tak hanya itu, beberapa sektor industri saham juga akan mengalami naik dan turun. Seiring dengan maraknya aktivitas kampanye menjelang pemilu. Berikut ini adalah beberapa sektor yang diprediksi akan mengalami kenaikan saat pemilu:

  • Sektor Keuangan

Sektor keuangan terus menunjukkan potensi pertumbuhan yang kuat sejalan dengan kestabilan daya beli masyarakat. Bisa kita lihat dari daya beli masyarakat Indonesia baik itu secara online maupun offline, bahkan saat pandemi.

Mencermati tren sejarah, kita dapat melihat bahwa sektor keuangan selalu mencatatkan pertumbuhan nilainya satu tahun sebelum pelaksanaan pemilihan umum, seperti yang terjadi pada pemilu tahun 2009, 2014, dan 2019. Pertumbuhan tersebut, membuat prospek sektor keuangan layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan investasi. Hal ini didukung dengan potensi pertumbuhan yang menjanjikan seiring dengan pemulihan ekonomi. Yang juga diikuti dengan semakin meningkatnya aktivitas perbankan, seperti halnya penyaluran pembiayaan kredit,

 

  • Sektor Consumer Goods

Sektor Consumer Goods juga menjanjikan pertumbuhan yang kuat, terutamanya di sektor konsumen primer yang didukung beragam faktor. Salah satunya yang paling menunjang sektor consumer goods ialah pulihnya daya beli masyarakat yang cukup tangguh, diperkuat oleh kenaikan upah minimum yang dijadwalkan tahun ini.

Source: databoks.katadata.co.id

 

Tidak hanya itu, pemerintah juga telah mengalokasikan lebih banyak anggaran subsidi, seperti halnya bansos BNPT dan PKH. Dukungan tersebut diperkirakan semakin mendorong sektor consumer goods.

Source: umsu.ac.id

 

Dengan pertimbangan di atas, tentu akan ada beberapa sektor saham yang naik ketika pemilu. Di mana ini, sejalan dengan semakin pulihnya ekonomi dan semakin mudahnya akses belanja Masyarakat melalui online. Sebut saja contoh sahamnya sepertI AMRT dan ICBP…

 

Kedua contoh saham di atas, memiliki potensi pertumbuhan yang menarik sejalan dengan pemulihan ekonomi. Terutamanya pada perubahan tren belanja Masyarakat, inovasi dan kemudahan menemukan produk-produknya. Sehingga dapat menunjang kenaikan harga saham emiten tersebut.

 

  • Sektor Pertambangan Logam

Dengan adanya Perppu No.2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja, secara tidak langsung telah membawa angin segar untuk sektor pertambangan logam di Indonesia. Hal ini terkait dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan hilirisasi mineral logam di dalam negeri. Yang juga didukung oleh langkah-langkah konkret, seperti kenaikan target investasi sekitar 16.7% yang diumumkan oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk tahun 2023 yakni senilai Rp1.400 triliun. Jauh lebih tinggi dari Rp1.200 triliun di tahun 2022.

Selain itu, menguatnya aktivitas industri manufaktur di China efek dari pelonggaran kebijakan Zero Covid, turut meningkatkan permintaan komoditas pertambangan logam. Sebagai tambahan, komoditas emas juga menarik perhatian sebagai aset safe haven di tengah

Contoh saham di sektor ini salah satunya Merdeka Copper Gold Tbk PT (MDKA)…

 

 

  • Sektor Telekomunikasi

Sektor telekomunikasi tetap menjadi perhatian yang sangat menarik, terutama dalam penyelanggaran pemilu. Bukan tidak mungkin, hal ini akan mendorong kenaikan trafik pengguna layanan internet secara signifikan. Lantaran platform online sudah tentu menjadi saluran utama bagi Masyarakat, untuk mengakses perkembangan dan memberikan hak suara, maupun aspirasi terhadap Capres dan Cawapres yang maju.

Selain itu, sektor ini memiliki proyeksi pertumbuhan yang positif di tengah tingginya penetrasi internet. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika…

 

 

Terlihat bahwa perkembangan perusahaan ISP dan pelanggan ISP selama periode tahun 2018 – 2022 terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pertumbuhan tersebut, setidaknya telah menunjukkan peran penting sektor telekomunikasi. Terlebih pada momentum pemilu.

Dan sebagai contoh saham dalam sektor telekomunikasi yang naik ketika pemilu, seperti ISAT dan TLKM. Di mana harga sahamnya sama-sama mengalami pergerakan naik…

 

 

 

Tips Investasi Saham di Masa Pemilu

Momentum pemilu, mulai dari masa kampanye hingga penyelenggaraannya tentu akan memberikan dampak pada pasar saham. Nah untuk itu, ada tips investasi saham yang dapat dilakukan di masa-masa pemilu, yakni:

  1. Riset Mendalam

Melakukan riset mendalam mengenai sektor-sektor yang berpotensi tumbuh, seiring dengan berjalannya masa pemilu. Tidak hanya itu, riset juga sebaiknya dilakukan pada berbagai potensi dampak atas kebijakan politik yang akan terhadap saham-saham tertentu.

  1. Diversifikasi Portofolio

Dengan menyebar investasi ke berbagai sektor saham, maka sejatinya kita dapat mengurangi dampak negatif dari perubahan pasar yang tidak terduga.

  1. Pantau Sentimen Pasar

Reaksi pasar terhadap perkembangan politik, dapat memberikan indikasi penting tentang arah pergerakan saham. Namun dalam hal ini, sebaiknya kita telah mampu menguasai diri, agar terhindar dari berbagai spekulasi yang beredar.

 

 

 

 

Investasi-Saham-dan-Euforia-Tahun-Politik

[Baca lagi: Investasi Saham dan Euforia Tahun Politik: Tantangan dan Cara Menghadapinya]

 

 

 

 

  1. Long-Term Focus

Berinvestasilah dengan fokus jangka panjang. Meskipun pemilu mungkin membawa volatilitas, namun sebaiknya jangan terjebak dalam perubahan pasar yang bersifat jangka pendek.

  1. Konsultasi dengan Ahli Keuangan

Ketika menemui keraguan atau kebuntuan. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan Ahli Keuangan atau seorang mentor yang expert dalam bidang keuangan dan investasi. Dengan cara ini, kita akan mendapatan insight-insight baru dan lebih mendalam. Serta kita akan mendapatkan perencanana strategi investasi yang sesuai dengan profil kita, baik itu investasi maupun risiko.

Nah, gimana teman-teman investor semua, apakah ada contoh lain sektor saham yang naik ketika pemilu? Dan pertimbangan apa yang juga harus kita ketahui dari sebuah sektor saham terkait?***

 

###

 

DISCLAIMER ON:
Tulisan ini bukan rekomendasi jual dan beli. Semua data dan pendapat pada artikel adalah bersifat informasi yang mengedukasi pembaca, berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Risiko investasi berada pada tanggung jawab masing-masing investor. Do Your Own Research!

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel