Berinvestasi-Saham-Seperti-Dewa-Mabuk

Berinvestasi Saham Seperti Dewa Mabuk, Begini Cara Bijak Menyikapinya


Terakhir diperbarui Pada 20 November 2023 at 4:26 pm

Dunia investasi saham seringkali diibaratkan sebagai medan pertempuran, di mana para investor harus menjelajahi gejolak pasar. Bagi sebagian orang, berinvestasi bisa terasa seperti mengikuti alur perjalanan dewa mabuk yang seperti roller coster mengakibatkan ketidakpastian dan kejutan.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

 

Cara Bijak Menyikapi Investasi Saham, Agar Tidak Seperti Dewa Mabuk

Agama Islam memang tidak mengenal konsep Dewa. Aktivitas mabuk juga dilarang dalam Islam, namun istilah Dewa Mabuk secara sepintas pernah terdengar di telinga kita.

Dan dalam aktivitas jual beli saham seringkali disebut seperti sedang mengikuti perjalanan dewa mabuk. Hal ini dipicu oleh tingginya ketidakpastian pasar saham, banyaknya rumor dan spekulasi yang dapat menggiring investor, dan tidak sedikit kejutan pasar yang cukup membuat investor khawatir atas keputusannya. Terutamanya berkaitan dengan potensi risiko  yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan kerugian bagi investor.

Meski begitu, ada strategi yang dapat ditempuh untuk menghadapi tantangan tersebut dengan bijak. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara berinvestasi saham dengan bijak, walaupun kesadaran kita seolah hilang sementara dikarenakan situasi dan kondisi yang memengaruhi fluktuasi market.

  1. Kenali Keadaan Pasar Seperti Mengetahui Diri Sendiri

Dewa mabuk tidak memiliki kendali penuh atas tindakan mereka, tetapi seorang investor yang bijak seharusnya memiliki pemahaman yang mendalam tentang keadaan pasar. Mengetahui tren pasar, kondisi ekonomi global, dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi pergerakan saham sangat penting.

Dengan memahami diri sendiri, atau dalam konteks ini, memahami pasar, seorang investor dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan terukur.

 

  1. Tetaplah Fokus Meski Terdistraksi

Dewa mabuk mungkin tergoda untuk mengikuti setiap gejolak pasar, tanpa memiliki fokus yang jelas. Sebaliknya, seorang investor bijak perlu memiliki strategi investasi yang terencana dan konsisten.

Di mulai dari penetapan tujuan jangka panjang, merancang portofolio yang sesuai, dan tetap pada rencana investasi dapat membantu menghindari godaan untuk bereaksi terhadap setiap perubahan pasar.

 

  1. Manfaatkan Keterampilan Analisis

Sama seperti dewa mabuk yang harus mengandalkan naluri mereka, seorang investor bijak dapat mengandalkan keterampilan analisis mereka. Analisis fundamental dan teknikal adalah alat yang saat ini dapat digunakan untuk memahami kesehatan dan potensi pertumbuhan suatu saham.

Dengan menganalisis data keuangan perusahaan, tren harga saham, dan faktor-faktor lain, seorang investor dapat membuat keputusan yang lebih terkonfirmasi.

 

 

 

E-Book Quarter Outlook Q3 2023 telah terbit, Anda bisa mengetahui saham apa saja yang memiliki fundamental bagus dan harganya masih terdiskon (undervalued). Yuk, dapatkan segera!!!

 

 

 

  1. Kelola Risiko dengan Bijak

Dewa mabuk mungkin tidak selalu menyadari risiko tindakan mereka, tetapi seorang investor bijak harus dapat mengelola risiko dengan bijak. Diversifikasi portofolio, menetapkan batas kerugian (stop-loss), dan memahami tingkat risiko yang dapat ditanggung adalah langkah-langkah penting dalam menghadapi ketidakpastian pasar.

Dengan memahami bahwa investasi selalu melibatkan risiko, seorang investor dapat membuat keputusan yang lebih matang.

 

  1. Jangan Biarkan Emosi Menguasai

Dewa mabuk mungkin rentan terhadap pengaruh emosi mereka, tetapi seorang investor bijak harus dapat mengendalikan emosi mereka. Pasar saham seringkali mengalami fluktuasi, dan bereaksi berlebihan terhadap perubahan pasar dapat menjadi bumerang.

Dengan tetap tenang dalam menghadapi volatilitas pasar, seorang investor dapat membuat keputusan yang lebih rasional dan mengurangi risiko keputusan impulsif.

 

  1. Perbarui Pengetahuan Terus-Menerus

Berbeda dengan dewa mabuk yang tidak bisa memperbarui ilmunya karena kesadarannya hilang, seorang investor bijak harus senantiasa memperbarui pengetahuannya. Dunia keuangan terus berkembang, dan berbagai faktor seperti perubahan regulasi, inovasi teknologi, dan perubahan pasar dapat memengaruhi cara berinvestasi.

Maka sebaiknya, seorang investor pun terus belajar dan mengikuti perkembangan pasar adalah kunci untuk tetap relevan dan beradaptasi. Karena tuhan memberikan kita akal supaya selalu diisi dan diasah untuk dapat menghadapi situasi yang akan datang.

 

 

Kesimpulan

Berinvestasi saham seperti dewa mabuk adalah hal yang harus kita hindari, karena kita harus menghadapi pasar dengan kesadaran penuh dan bijak supaya seorang investor ataupun trader dapat meningkatkan peluang kesuksesan mereka. Dengan mengenali keadaan pasar, tetap fokus, memanfaatkan keterampilan analisis, mengelola risiko, mengendalikan emosi, dan terus memperbarui pengetahuan, seorang investor dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meraih kesuksesan dalam dunia investasi saham.***

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel