Rivan Kurniawan

3 Aset Untuk Masa Pensiun, Apa Saja ?

3 Aset Untuk Masa Pensiun, Apa Saja ?


Terakhir diperbarui Pada 16 February 2024 at 3:02 pm

Banyak orang cemas saat menuju pensiun, karena hampir sebagian besar orang, tidak memiliki persiapan apapun untuk di masa pensiun. Padahal pensiun adalah masa-masa tenang, dan kita tidak lagi direpotkan dengan masalah finansial. Untuk itu, kira-kira bekal apa yang harusnya disiapkan sejak usia muda untuk menghadapi masa pensiun nanti ?

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

Persiapkan Masa Pensiun

Banyak perencana keuangan menyarankan agar setiap orang menyiapkan dana hari tua atau dana pensiun. Tidak hanya perencana keuangan di Indonesia, para perencana keuangan di Amerika pun juga menyarankan hal yang sama. Di Amerika perencanaan dana hari tua dikenal dengan istilah retirement planning.

Seorang ahli bernama Harry Emerson Fosdick mengatakan kata bijak mengenai pensiun :

Don’t simply retire from something, have something to retire to .

Harry Emerson Fosdick

 

3 Bekal Aset yang Harus Anda Persiapakan Saat Mau Pensiuna - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Artinya :

Jangan hanya pensiun dari sesuatu (pekerjaan), miliki sesuatu untuk dapat pensiun.

Harry Emerson Fosdick

 

Aset Utama untuk Masa Pensiun

Lantas, apa saja yang harus disiapkan untuk masa pensiun nanti? Teman-teman investor bisa mempersiapkannya dalam bentuk Aset, dan Aset itu pun terdiri dari 3 hal utama. Antara lain:

  • Dana untuk Pensiun

Teman-teman investor perlu menyiapkan dana untuk pensiun sebesar yang dibutuhkan. Sebagai gambarannya, seseorang dengan pengeluaran sebesar Rp 5.000.000 per bulan saat ini. Maka itu akan setara dengan pengeluaran sebesar Rp 34.000.000 per bulan pada 25 tahun yang akan datang. Hal itu menimbang faktor inflasi atau kenaikan harga barang sebesar 8%).

 

  • Investasi Saham

Dahulu mungkin orang berpikir menyiapkan dana hari tua saja sudah cukup. Ternyata bekal yang dibutuhkan tidak hanya persiapan dana untuk hari tua (dana pensiun). Kita juga perlu memiliki investasi, salah satunya dengan berinvestasi saham. Investasi saham diklaim mampu menghasilkan keuntungan pada saat kita memasuki pensiun.

 

  • Aset yang Produktif

Terakhir adalah aset yang produktif, sehingga dapat mendatangkan pemasukan untuk kita. Aset yang produktif ini juga dikenal dengan sebutan pendapatan pasif (passive income).

Seseorang yang memasuki masa pensiun, kemungkinan besar sudah tidak mendapatkan penghasilan dari pekerjaan (penghasilan aktif). Hal ini bukan berarti pensiunan, tidak bisa memiliki penghasilan. Seorang pensiunan dapat memiliki penghasilan dari hasil investasi dan aset yang produktif.

 

Masa Pensiun, Jauh Lebih Sejahtera Karena Sudah Disiapkan

Fakta membuktikan ternyata orang-orang di Indonesia atau di Amerika memiliki satu ketakutan yang sama yaitu hidup saat pensiun. Orang-orang Amerika memiliki keraguan dan kecemasan yang sama dan terjadi sudah dari zaman dahulu.

Perbedaannya adalah orang-orang Amerika sudah mulai mengenal perencanaan keuangan dan mempersiapkan bekal-bekal pensiun. Coba saja lihat bule-bule yang bisa liburan ke luar negeri di saat masa pensiun. Di Indonesia perenanaan dana hari tua, masih hal yang belum dikenal banyak orang. Sebenarnya semua orang berhak untuk mendapatkan pensiun yang aman dan sejahtera, asalkan sudah mempersiapkan bekalnya sejak usia muda.

Apakah teman-teman investor sudah mulai merencanakan dan mempersiapkan bekal untuk pensiun ? Aset apa yang sudah teman-teman investor pupuk mulai saat ini?***

 

###

Sumber Referensi:

  • Finansialku. 11 Juli 2016. 3 Bekal Aset yang Harus Anda Persiapkan Saat Mau Pensiun. https://www.finansialku.com/3-bekal-aset-yang-harus-anda-persiapakan-saat-mau-pensiun/
1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

1 Comment

  • No Name
    19 July 2019 at 11:12 AM

    saya pribadi sedang mengajak anak sejak dini untuk mempersiapkan dananya untuk dimasa depan, supaya anak ga selalu bergantung pada orang tuanya. tapi apakah inflasi bisa ditahan, supaya harga barang tidak cepat naik?

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel