6 Sekuritas Saham Terbaik, Begini Cara Memilihnya!

6 Sekuritas Saham Terbaik, Begini Cara Memilihnya!


Terakhir diperbarui Pada 9 April 2024 at 1:57 pm

Sekuritas saham terbaik di Indonesia perlu dipilih dengan bijak, untuk menjamin kelancaran berinvestasi. Sebagaimana fungsi perusahaan sekuritas yang menjadi broker atau perantara perdagangan antara investor dengan emiten-emiten yang ada di Bursa Efek Indonesia. Untuk bisa menemukan sekuritas saham terbaik, maka ada beberapa cara memilihnya! Mari kita simak…

 

Perusahaan sekuritas merupakan sebuah instansi yang menjalankan aktivitas jual dan beli efek, dengan perannya sebagai perantara antara investor dengan emiten-emiten yang tercatat di pasar modal.

Jika dijabarkan lebih rinci, maka perusahaan sekuritas pada umumnya akan menjalankan peran sebagai:

  1. Perantara Pedagang Efek, antara broker dan
  2. Penjamin Emisi Efek, yakni sebagai
  3. Sebagai Manajer Investasi bagi investor.

Kabar baiknya, saat ini hampir seluruh perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia telah mendapatkan perizinan usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal itu dapat membuat transaksi saham, teman-teman investor jauh lebih aman, terjamin dan terpercaya.

Lalu jika sekuritas pilihan kita telah memiliki izin OJK, kemudian apakah pembedanya? Banyak sekali pembedanya, seperti kemampuan trading platform tiap sekuritas yang berbeda, broker fee hingga kemudahan untuk deposit dan lain sebagainya.

 

Daftar Sekuritas Saham Terbaik di Indonesia

Nah dalam artikel ini setidaknya Penulis telah rangkum enam sekuritas saham terbaik versi RK Team:

Ke enam sekuritas saham terbaik ini memiliki syarat deposit awal mulai Rp 0 hingga Rp100.000.000, dan telah dikenal sebagai perusahaan sekuritas saham terbaik dari sisi pelayanan dan keamanan transaksi investasi.

  1. Mirae Sekuritas Indonesia (Kode YP)

Sekuritas yang dahulu bernama Daewoo Sekuritas ini merupakan sekuritas dengan volume transaksi terbesar di Indonesia selama tahun 2021 dan 2022. Hal itu menjadikannya, sebagai sekuritas saham terbaik di Indonesia versi Asia Money tahun 2022. Sekuritas asal Korea ini merupakan sekuritas dengan fitur terbaik. Berikut ini ulasan dari Mirae Sekuritas:

Informasi

Keterangan

Broker Fee Beli

0.15% (termasuk pajak)

Broker Fee Jual

0.25% (termasuk pajak)

Deposit Awal

Rp 10.000.000

Biaya Administrasi

Tidak ada

Kelebihan Lainnya

·      Memiliki 4 bank RDN (BCA, Mandiri, CIMB Niaga dan Permata)

·      Memiliki 4 jenis akun, antara lain reguler, syariah, day trading dan margin

·      Ada fitur auto order di aplikasi Neo Hots yang dikenal cepat dan cocok untuk scalping

·      Jika kamu IPO hunter, Mirae memiliki fiitur dana masuk H+1 dibandingkan sekuritas lain yang H+2 dari tanggal penjatahan.

Tangkapan layar Neo Hots. Source: Playstore

 

  1. Stockbit Sekuritas (Kode XL)

Stockbit pada mulanya merupakan forum para trader dan investor saham terbesar di Indonesia. Hingga pada tahun 2022, mereka berhasil mengembangkan bisnisnya dengan mengakuisisi broker saham PT Mahakarya Artha Sekuritas. Dan saat ini Stockbit terus berkembang dan telah memiliki beberapa fitur canggih yang dikombinasikan dengan insight dari para membernya di forum. Berikut ini ulasan dari Stockbit sekuritas:

Informasi

Keterangan

Broker Fee Beli

0.1% (termasuk pajak)

Broker Fee Jual

0.2% (termasuk pajak)

Deposit Awal

Tidak ada minimum / 1 lot untuk pembelian 1 saham

Biaya Administrasi

Tidak ada

Kelebihan Lainnya

·      Aplikasi trading yang lengkap, disertai bermacam-macam fitur dan dikombinasikan dengan forum saham.

·      Bekerjasama dengan platform trading lain dalam hal diversifikasi produk (contohnya: Stockbit-Bibit).

·      Tampilan Aplikasi trading Stockbit yang menarik.

 

  1. Indo Premier Sekuritas (Kode Broker PD)

Indo Premier merupakan salah satu sekuritas tertua yang masih bertahan di Indonesia, berdiri sejak tahun 1996, Indo Premier Seuritas telah berhasil melewati masa-masa krisis besar di tahun 1998 yang lalu. Indo Premier sendiri memiliki online trading system yang dinamakan IPOT, yang merupakan salah satu trading system tertua dan masih eksis hingga sekarang. Berikut ini ulasan dari Indo Premier Sekuritas:

Informasi

Keterangan

Broker Fee Beli

0.19 % (termasuk pajak)

Broker Fee Jual

0.29 % (termasuk pajak)

Deposit Awal

100.000

Biaya Administrasi

Tidak ada

Kelebihan Lainnya

·      Aplikasi IPOT merupakan aplikasi multiplatform, sehingga bisa melakukan transaksi jual beli saham dan reksadana.

·      Memiliki system IPOT yang sudah teruji dari tahun 2002 hingga sekarang dan minim keluhan maupun error.

·      Adanya fitur robo chat pada IPOT yang dapat membantu analisa teknikal menggunakan robot.

Tangkapan layar IPOT. Source: Playstore

 

  1. Trimegah Sekuritas (Kode LG)

Trimegah Sekuritas juga menjadi salah satu sekuritas tertua yang ada di Indonesia. Perusahaan sekuritas ini berdiri sejak tahun 1990 dan telah melakukan IPO pada tahun 2000 dengan kode saham TRIM. Salah satu tokoh penting di balik sekuritas ini adalah Garibaldi Thohir – yang merupakan pemilik ADRO dan GOTO. Berikut ini ulasan dari Trimegah Sekuritas

Informasi

Keterangan

Broker Fee Beli

0.18 % (termasuk pajak)

Broker Fee Jual

0.28 % (termasuk pajak)

Deposit Awal

100.000

Biaya Administrasi

Tidak ada

Kelebihan Lainnya

·      Pembukaan akun Trimegah online trading (TRIMA) system bisa dilakukan secara online.

·      Terdapat multiplatform trading dalam TRIMA, jadi selain bisa beli saham, juga bisa membeli obligasi maupun reksadana. Dengan menggunakan TRIMA dan sudah terdaftar otomatis.

·      Untuk membeli obligasi korporasi bisa dilakukan dengan minimum dana sebesar Rp5 juta, jika menggunakan TRIMA (hanya di pasar perdana dan underwriter Trimegah).

 

  1. Semesta Indovest Sekuritas (Kode Broker MG)

Semsesta Indovest atau dikenal dengan MG merupakan sekuritas favorit para trader kelas “kakap” di Indonesia. Selain terkenal dengan sekuritasnya para bandar saham, MG memiliki kecepatan trading yang mumpuni dalam system online tradingnya. Berikut ini ulasan dari Semesta Indovest Sekuritas:

Informasi

Keterangan

Broker Fee Beli0.15 % (termasuk pajak)
Broker Fee Jual0.25 % (termasuk pajak)
Deposit Awal50.000.000 (offline) dan 100.000.000 (online)
Biaya AdministrasiTidak ada
Kelebihan Lainnya·       Sangat cepat, Semesta Indovest memiliki online system trading yang paling mumpuni, sehingga besar peluang mendapatkan antrian pertama, jika bidding sebelum market opening.

·       Berkesempatan belajar dengan para “bandar” yang biasa menggerakan pasar, karena MG dikenal sebagai penggerak pasar atau brokernya Bandar.

Tangkapan layar Semesta Online. Source: Playstore

 

  1. Ajaib Sekuritas (Kode Broker XC)

Ajaib Sekuritas merupakan salah satu sekuritas yang tumbuh cukup cepat dalam 2-3 tahun terakhir. Ajaib merupakan sekuritas dari ASEAN yang pertama tampil di billboard New York Times Square dan menjadikannya viral. Ajaib dikenal sebagai salah satu sekuritas dengan kemudahan proses pendaftaran, karena semua tahapannya dapat dilakukan secara online melalui platform Ajaib. Berikut ini ulasan dari Ajaib Sekuritas

Informasi

Keterangan

Broker Fee Beli0.13-0.25% tergantung volume transaksi (termasuk pajak)
Broker Fee Jual0.13-0.25% tergantung volume transaksi (termasuk pajak)
Deposit AwalTidak ada minimum / 1 lot untuk pembelian 1 saham
Biaya AdministrasiTidak ada
Kelebihan Lainnya·      Aplikasi Ajaib dapat digunakan untuk trading instrument lain seperti crypto dan emas.

·      Fitur aplikasi yang cukup lengkap, disertai ulasan dari researcher Ajaib Sekuritas

·      Tampilan aplikasi trading Ajaib friendly untuk para pemula.

Tangkapan layar Ajaib. Source: Playstore

 

Cara Memilih Sekuritas Saham Terbaik

Sekuritas memiliki peranan penting dalam aktivitas investasi, untuk itu penting untuk mempertimbangkan apakah sekuritas yang dipilih telah memenuhi beberapa faktor dibawah ini:

  1. Memiliki Lisensi dan sudah terdaftar di OJK
  2. Pendaftaran Mudah
  3. Biaya Kompetitif
  4. Memiliki komunitas dan sarana belajar yang baik
  5. Tools untuk analisa lengkap
  6. User Friendly

Nah sekarang bagaimana? Apakah kamu sudah memilih sekuritas mana yang akan kamu gunakan untuk kegiatan investasi kamu nanti. Pilih yang tepat dan cermat ya!

 

Pentingnya Memilih Sekuritas Saham Terbaik

Kenapa memilih perusahaan sekuritas saham terbaik itu harus dilakukan? Jawabannya, tentu penting untuk dilakukan. Sebab melalui perusahaan sekuritas lah kita sebagai investor bisa masuk menuju dunia investasi, dan selama berinvestasi pula kita akan terus bermitra dengan perusahaan sekuritas.

Tolok ukur perusahaan sekuritas saham terbaik ini, bukan hanya sudah mengantongi perizinan usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun sebaiknya, kita juga perlu melihat bagaimana rekam jejak perusahaan dalam menjalani perannya sebagai perantara investor dengan pasar modal.

Bagaimana pula dengan kekuatan keuangan sekuritas dalam pengelolaannya, siapa pengelola sekuritas tersebut, dan seperti apa posisinya saat ini: apakah termasuk perusahaan sekuritas besar, menengah, atau bahkan kecil.

Umumnya perusahaan sekuritas yang memiliki banyak nasabah ritel, akan lebih banyak melakukan kelas-kelas edukasi sebagai pengetahuan bagi para narabahnya. Sebaliknya, bagi perusahaan sekuritas dengan banyaknya nasabah instituasi, akan cenderung kurang aktif dalam memberikan pelayanan kepada para nasabah ritel.

Pertimbangan lain kenapa harus bisa memilih perusahaan sekuritas, salah satunya adalah karena ada banyak perusahaan sekuritas yang memiliki banyak nasabah, terkadang justru kurang baik dalam menjalankan kapasitas sistem nya.

Hal-hal ini tentu sangat berpengaruh besar terhadap berjalannya investasi kita di pasar modal. Jadi, itu kenapa memilih sekuritas saham terbaik sangat penting untuk dilakukan.

 

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, setidaknya kita tahu bahwa perusahaan sekuritas

Perusahaan sekuritas merupakan sebuah instansi yang menjalankan aktivitas jual dan beli efek, dengan perannya sebagai perantara antara investor dengan emiten-emiten yang tercatat di pasar modal.

Di mana perusahaan sekuritas akan menjalankan tiga peran sekaligus sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek dan juga Manajer Investasi.

Untuk perusahaan sekuritas saham terbaik tentunya sudah mengantongi izin usaha dari OJK,

Nah gimana, sekarang teman-teman investor sudah punya gambaran lebih detail ya tentang sekuritas saham terbaik yang ada di sepanjang tahun 2023 berjalan ini. Semoga kalian bisa menemukan sekuritas yang cocok dengan role model investasi kalian ya!***

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel