Strategi Investasi Saham ala Lo Kheng Hong

Strategi Investasi Saham ala Lo Kheng Hong


Terakhir diperbarui Pada 1 April 2024 at 3:53 pm

Seperti apa strategi investasi saham ala Lo Kheng Hong? Ya, Lo Kheng Hong adalah salah seorang investor saham terkemuka asal Indonesia. Ia turut dikenal sebagai “Warren Buffett-nya Indonesia”, berkat pendekatan value investing yang bijak dan hasil luar biasa di pasar saham. Mari kita bahas mengenai strategi investasi saham ala Lo Kheng Hong!

 

 

Prinsip atau Filosofi Khusus Lo Kheng Hong

Salah satu prinsip utama yang dipegang oleh Lo Kheng Hong adalah “Beli saham saat murah, jual saat mahal.” Ini adalah dasar dari strategi value investing yang dianutnya, mirip dengan yang digunakan oleh Warren Buffett.

Prinsip tersebut menekankan pentingnya memahami nilai intrinsik suatu saham. Dan hanya membelinya ketika harganya lebih rendah dari nilai tersebut.

Lo Kheng Hong juga sangat berpegang pada konsep “buy and hold”. Yang berarti dia berinvestasi dalam saham dengan tujuan jangka panjang. Bukan untuk tujuan jangka pendek.

Selain itu, Lo Kheng Hong juga sering berbicara tentang pentingnya pendidikan dan pengetahuan dalam investasi. Ia mendorong para investor untuk terus belajar dan meningkatkan pemahaman mengenai pasar saham, perusahaan, dan ekonomi. Ia juga percaya, bahwa pendidikan merupakan salah satu aspek kunci dalam keberhasilan investasi jangka panjang.

 

 

 

 

 

Source: freepik.com

 

 

 

 

Saham Andalan Lo Kheng Hong

Pada tahun 2023, Lo Kheng Hong telah mengungkapkan minatnya terhadap berbagai saham. Salah satu saham andalannya adalah saham-saham perusahaan yang bergerak di sektor konsumer dan retail. Lo Kheng Hong melihat potensi pertumbuhan yang kuat dalam sektor ini. Terutama dengan meningkatnya daya beli masyarakat Indonesia.

Sebagai seorang investor saham terkemuka, Lo Kheng Hong telah melaporkan hasil kinerja keuangan untuk semester I-2023. Dengan portfolio saham yang menunjukkan kinerja sangat positif.

Bahkan beberapa diantaranya mengalami lonjakan laba lebih dari 20%. Meskipun pada periode yang sama tahun sebelumnya, beberapa saham tersebut sempat merugi. Berikut adalah tiga saham dalam portofolio Lo Kheng Hong:

  1. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)

Perusahaan otomotif ini mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan di setiap tahunnya. Meski sempat anjlok pada tahun 2020, akibat terdampak pandemic Covid19. Namun AUTO berhasil memperbaiki kinerja penjualannya kembali. Rata-rata pertumbuhan CAGR yang dicatatkan AUTO ialah sekitar 8.1%.

Historical pendapatan AUTO. Source: Cheat Sheet Kuartal III-2023 by RK Team

 

 

  1. PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL)

PT Gajah Tunggal Tbk mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang juga konsisten meningkat. Meskipun pada masa pandemic Covid19 sempat terdampak. Namun hal itu, tidak serta merta membuat produsen ban ini menyerah. GJTL berupaya mengembalikan pertumbuhan pendapatan yang baik mulai tahun 2022. Rata-rata pertumbuhan CAGR yang dicatatkan GJTL ialah sekitar 2.9%.

Historical pendapatan GJTL. Source: Cheat Sheet Kuartal III-2023 by RK Team

 

 

 

 

Dapatkan seluruh layanan dari RK Team secara lengkap dan harga spesial hanya untuk member RK. Yuk gabung sekarang juga menjadi Platinum Member !

Platinum-Members

 

 

 

Tips Berinvestasi Saham ala Lo Kheng Hong

Selain melaporkan kinerja saham-saham pilihannya, Lo Kheng Hong juga memberikan tips berinvestasi yang berharga.

Ia mencatatkan bahwa dalam situasi “bad time” atau ketika pasar sedang tidak baik. Seperti halnya, yang terjadi saat China memutuskan untuk menghentikan sebagian produksi batubara. Tepatnya, setelah kecelakaan maut yang menewaskan para penambang pada Februari 2023. Di mana saat itu, merupakan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi.

 

 

 

Analisa Fundamental Saham

[Baca lagi:Analisa Fundamental Saham Sederhana Ala Lo Kheng Hong]

 

 

 

Lo Kheng Hong meyakini bahwa harga komoditas selalu mengalami fluktuasi. Sehingga saat “bad time,” harga saham batubara mungkin menjadi lebih murah. Tetapi suatu saat pasti akan pulih. Ia juga menekankan bahwa calon investor harus memiliki keterampilan membaca pasar, sebelum membuat keputusan investasi.

Namun, penting untuk diingat bahwa Lo Kheng Hong bukanlah seorang spekulator, yang berfokus pada pergerakan harga saham jangka pendek.

Sebeliknya, ia menjalankan investasi saham sebagai seorang value investor. Di mana ia banyak menerapkan metode value investing. Dengan lebih memilih saham-saham yang memiliki fundamental yang kuat. Sehingga memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang yang potensial.

Tentunya, ada tips-tips dari Lo Kheng Hong untuk berinvestasi di pasar saham:

  • Lakukan Riset Mendalam

Lo Kheng Hong selalu menekankan pentingnya melakukan riset yang mendalam sebelum membeli saham. Ini termasuk memahami fundamental perusahaan, tren industri, dan kondisi makroekonomi.

  • Beli Saat Harga Murah

Lo Kheng Hong cenderung membeli saham saat harganya sedang murah. Atau bahkan ketika pasar sedang lesu. Ia percaya bahwa saat harga sedang turun adalah saat yang baik untuk membeli saham berkualitas.

  • Berinvestasi Jangka Panjang

Lo Kheng Hong dikenal sebagai seorang investor jangka panjang. Ia memegang saham-sahamnya selama bertahun-tahun. Ia sangat menghindari perdagangan jangka pendek yang spekulatif.

  • Diversifikasi Portfolio

Meskipun ia memiliki saham unggulan, namun Lo Kheng Hong juga menganjurkan diversifikasi portfolio. Ini membantu mengurangi risiko yang terkait dengan berinvestasi di satu saham atau sektor tertentu.

  • Disiplin dan Sabar

Salah satu ciri khasnya adalah disiplin dan kesabaran. Ia tidak tergoda oleh gejolak pasar dan tetap berpegang pada strategi investasinya.

  • Pendidikan dan Pengetahuan

Lo Kheng Hong sangat menekankan pentingnya pendidikan dan pengetahuan dalam investasi. Ia sendiri rajin belajar dan terus meningkatkan pemahamannya tentang pasar saham.

  • Berkomunikasi dengan Investor Lain

Dia sering berkomunikasi dengan investor lain, berbagi pengetahuan dan pengalaman. Ini memperluas jaringan informasinya dan membantunya membuat keputusan yang lebih baik.

  • Berinvestasi dengan Tujuan

Lo Kheng Hong selalu memiliki tujuan dalam berinvestasi, baik itu untuk pensiun, pendidikan anak-anak, atau proyek-proyek tertentu. Ini membantu memotivasi dan memberikan fokus dalam investasinya.

Dalam dunia investasi, tiap individu memiliki pendekatan yang berbeda. Tips-tips dari Lo Kheng Hong dapat menjadi panduan yang bermanfaat. Namun, ingat bahwa risiko selalu ada dalam investasi. Oleh karena itu, setiap keputusan harus didasarkan pada situasi keuangan dan tujuan pribadi.

 

 

Kesimpulan

Strategi investasi saham ala Lo Kheng Hong bisa menjadi contoh yang berharga bagi teman-teman investor semua. Terutama bagi yang masih pemula, yang ingin belajar bagaimana mengelola portfolio saham dengan bijak. Prinsip-prinsip dalam metode value investing, pendidikan yang terus-menerus, dan kesabaran dalam berinvestasi adalah kunci kesuksesannya.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa setiap investor memiliki profil risiko dan tujuan investasi yang berbeda. Strategi investasi saham ala Lo Kheng Hong mungkin cocok untuk beberapa investor. Tetapi mungkin  tidak cocok untuk yang lain, seperti halnya trader.

Itu mengapa, penting untuk kita mengenal lebih dulu apa tujuan investasi kita. Lalu memilih saham potensial dan melakukan analisis mendalam. Sebelum akhirnya mengikuti strategi investasi tertentu.

Tentu saja, seperti yang diingatkan oleh Lo Kheng Hong. Investasi saham selalu memiliki risiko, dan tidak ada jaminan keuntungan. Namun, dengan pendekatan value investing yang bijak dan pemahaman yang mendalam. Tentu kita sebagai investor akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mencapai tujuan keuangan dalam jangka panjang.

Semoga kita juga akan menjadi seorang investor yang sukses mengikuti jejak dan strategi investasi saham ala Lo Kheng Hong!***

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel