Cara Mencari Jumlah Saham Beredar dan Manfaatnya Bagi Investor!

Cara Mencari Jumlah Saham Beredar dan Manfaatnya Bagi Investor!


Terakhir diperbarui Pada 2 April 2024 at 1:18 pm

Cara mencari jumlah saham beredar, sebenarnya bisa dilakukan lewat laporan keuangan perusahaannya langsung. Dan berapa jumlah saham beredar ini menjadi salah satu hal penting yang banyak dicari oleh investor, karena bisa dengan mudah menghitung laba bersih dan mengetahui kapitalisasi pasar dari saham tersebut. Lantas gimana cara mencari jumlah saham beredar dan apa saja manfaatnya bagi investor?

 

Pengertian Jumlah Saham Beredar

Saham yang beredar adalah saham yang diterbitkan oleh suatu perusahaan untuk diperdagangkan di public atau bursa.

Berikut ini adalah ilustrasi mengenai saham yang beredar.

PT XYZ memiliki dua investor; investor pertama Pak Budi yang memiliki dana sebesar Rp500 juta yang terdiri dari 1000 lembar saham, di mana per lembar saham memiliki nilai Rp. 500.000. Sedangkan investor kedua Bu Ani memiliki dana sebesar Rp500 juta yang juga terdiri dari 1000 lembar saham.

Sehingga per lembar saham memiliki nilai Rp 500.000. Adapun total modal yang dimiliki oleh PT XYZ saat ini adalah Rp1 miliar dan setara dengan 2000 lembar.

Maka, seiring berjalannya waktu karena banyak masyarakat yang mengkonsumsi produk XYZ. Lalu Pak Budi dan Bu Ani memutuskan untuk melepas Rp800 juta ke masyarakat atau setara dengan 1600 lembar. Maka saham yang dilepas ke masyarakat itu disebut juga saham yang beredar. Mengapa? Karena saham yang dilepas ke masyarakat dapat diperdagangkan kepemilikannya.

Lalu bagaimanakah 400 lembar sisa dari saham tersebut? Jadi 400 lembar sisanya disebut unissued shares atau dikenal juga dengan saham portepel.

Saham portepel ini tidak bisa dimiliki orang lain selain founder dari perusahaan dan tidak memiliki hak apapun saat RUPS seperti pembagian dividend, voting dan lainnya.

Lalu, mengapa kita bisa menggunakan analisa saham yang beredar untuk menentukan jumlah saham yang beredar? Untuk menjawab itu, dalam artikel ini Penulis akan menjelaskan manfaat mengetahui jumlah saham beredar, cara mencarinya dan bagaimana menganalisanya.

 

 

Cara Mencari Jumlah Saham Beredar

Beberapa tips cara mencari jumlah saham beredar yang bisa dilakukan oleh teman-teman investor, antara lain:

  1. Melalui website resmi Indonesia Stock Exchange (IDX)

Saat ini mencari informasi terkait emiten saham yang ada di Indonesia sangat mudah dan sederhana. Berbeda jauh dengan sekitar 15-20 tahun lalu, di mana investor harus rajin ke mengunjungi kantor IDX hanya sekedar untuk mencari data bursa.

Sekarang ini website IDX sudah menyediakan data yang sangat lengkap, salah satunya adalah untuk mengetahui jumlah saham beredar.

Caranya:

    • Buka website idx.co.id
    • Buka Data Pasar, kemudian pilih menu Ringkasan Saham
    • Setelah itu pilih kolom, lalu kalian bisa memfilter data dengan berbagai macam kolom. Kalian bisa memberi centang kolom listed share, untuk melihat jumlah saham yang beredar.

Berikut ini screenshot dari jumlah saham yang beredar pada laman ringkasan saham di web resmi idx:

Source: www.idx.co.id

Oya tambahan nih dari Penulis, untuk teman-teman investor yang ingin menguasai lebih deep mengenai apa yang ada di web resmi IDX. Maka yang perlu dilakukan adalah stay top of the market, mengapa? Karena semua publikasi perusahaan public yang valid akan di posting terlebih dahulu di website IDX.

Setelah itu, barulah akan disadur ulang dengan bahasa yang menarik di website lain atau penyedia berita pasar saham.

 

  1. Melalui Laporan Keuangan yang dipublikasi

Laporan keuangan tiap emiten juga dapat diakses maupun di unduh melalui website idx. Berikut ini cara melihat jumlah saham beredar pada laporan keuangan:

    • Buka website idx.co.id
    • Buka menu perusahaan tercatat dan pilih laporan keuangan dan tahunan, lalu kalian dapat memilih emiten yang diinginkan, kemudian unduh.
    • Contohnya di sini Penulis akan mengunduh laporan keuangan dari PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) Kuartal I-2023 salah satu emiten di sektor consumer:

Source: www.idx.co.id

    • Setelah download laporan keuangan selesai, kalian bisa langsung lihat bagian pos laporan Ekuitas dan cari tulisan “Modal ditempatkan dan disetor penuh”. Maka angka itulah yang menjadi jumlah saham beredar ACES yakni 171.50 miliar.

Laporan Keuangan ACES kuartal I-2023. Source: www.idx.co.id

 

  1. Melalui Aplikasi Keuangan

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi keuangan yang menyediakan informasi jumlah kepemilikan saham, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Salah satu aplikasi yang cukup populer dikalangan trader ialah RTI Business.

Melalui aplikasi RTI Business ini kalian bisa dengan mudah mengakses data perusahaan atau emiten secara gratis, yang dilengkapi juga dengan data jumlah saham beredar.

Caranya:

    • Download terlebih dulu aplikasi RTI Business pada Playstore maupun Appstore.
    • Setelah berhasil menginstall aplikasi RTI Business, maka bisa langsung pilih emiten mana yang mau diakses dengan mengklik ikon search pada bagian kanan atas.
    • Jika emiten yang dimaksud sudah tampil, langsung pilih menu Key Statistics dan lihat pada bagian Issued Shares:

Source: RTI Business

 

Manfaat Mengetahui Jumlah Saham Beredar

Bukan tanpa alasan mengapa jumlah saham beredar banyak dicari oleh para investor yang akan membeli suatu saham perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat oleh investor:

  1. Mengetahui seberapa besar kapitalisasi pasar (Market Cap) dari suatu saham. Seperti kita tahu bahwa kapitalisasi pasar (Market Cap) ini adalah nilai dari keseluruhan pasar secara agregat dari perusahaan tertentu.
  2. Membantu menghitung laba bersih per saham (Earning per Share / EPS) yang dimiliki investor.
  3. Mengetahui valuasi saham, dengan mengetahui jumlah saham beredar maka investor bisa dengan mudah menentukan valuasi apakah harga saham perusahaan tersebut overvalued atau undervalued.

Oya untuk menghitung valuasi saham perusahaan dengan menggunakan jumlah saham beredar, maka bisa menggunakan rasio berikut: Price to book value (PBV), Price to Earning Ratio (PER) dan Price to Earning Growth (PEG).

 

 

Contoh dan Cara Analisa Valuasi Harga Saham dari Jumlah Saham Beredar Menggunakan Pendekatan Nilai Buku

Dengan mengetahui jumlah saham beredar, maka kita sudah bisa menganalisa valuasi saham menggunakan pendekatan nilai buku per harga saham (book value per share). Sehingga teman-teman investor bisa mengetahui apakah harga yang digunakan untuk membeli satu lembar saham masih dibawah atau diatas dari nilai buku.

Berikut ini rumus dari BVPS:

Contohnya, kita gunakan saham ACES untuk dimasukan ke dalam rumus BVPS:

Total Equity sebesar Rp6.05 triliun dan total shares outstanding sebesar 17.15 miliar lembar saham. Maka BVPS untuk saham ACES adalah sekitar Rp352.60.

Dengan harga saham yang bergerak di kisaran Rp735 an, maka untuk membeli saham ACES harga per lembar saham yang harus dibayarkan adalah 2.08x lipat dari nilai buku nya.

Lantas apakah saham ACES murah atau tidak, maka dapat dibandingkan dengan kompetitor sejenisnya seperti saham PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (DEPO) dan PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP).

 

Analisa Likuiditas Harga Saham dari Jumlah Saham yang Beredar

Likuiditas saham menunjukkan seberapa likuid saham yang diperdagangkan, semakin likuid harga saham akan memudahkan kita untuk melakukan jual dan beli saham. Sebaliknya, semakin tidak likuid harga saham justru akan menyulitkan kita untuk beli dan jual saham.

Lalu apa hubungannya dengan saham yang beredar? Semakin banyak saham beredar, maka semakin menunjukkan likuiditas saham tersebut. Tapi perlu diperhatikan juga fundamentalnya ya!

Tidak semua saham yang banyak beredar itu likuid. Namun jika emiten sama-sama memilki fundamental yang relatif baik, maka emiten dengan jumlah saham yang beredar lebih banyak akan lebih likuid, dibandingkan dengan perusahaan yang fundamentalnya sama namun jumlah saham beredar lebih sedikit.

 

Kesimpulan

Jadi, sederhananya jumlah saham beredar adalah jumlah saham yang dimiliki oleh perusahaan/emiten yang sudah dikeluarkan, lalu dibeli dan dimiliki oleh para investor publik diluar perusahaan.

Manfaat utama bagi investor ketika tahu jumlah saham beredar adalah untuk menghitung berapa nilai market cap dari suatu perusahaan. Bahkan nggak jarang jumlah saham beredar ini juga bisa digunakan untuk menganalisa sebuah saham dengan menggunakan penghitungan valuasi saham yang antara lain: PBV, PER, PEG.

Dan dari penjelasan di atas, cara mencari jumlah saham beredar juga sangat mudah dilakukan mulai dari memanfaatkan website resmi IDX, laporan keuangan perusahaan, hingga aplikasi keuangan seperti RTI Business.

Nah selain dari itu, teman-teman investor juga bisa memanfaatkan Cheat Sheet yang merupakan tools untuk melihat laporan keuangan, beserta dengan rasio-rasio fundamentalnya. Termasuk untuk menemukan jumlah saham beredar dari perusahaan/emiten yang teman-teman investor incar! Yuk berlangganan Cheat Sheet terbaru sekarang juga!***

 

###

 

DISCLAIMER ON:
Tulisan ini bukan rekomendasi jual dan beli. Semua data dan pendapat pada artikel adalah bersifat informasi yang mengedukasi pembaca, berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Risiko investasi berada pada tanggung jawab masing-masing investor. Do Your Own Research!

 

Temukan Artikel Analisa dan Edukasi Saham lainnya di Google News.

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel