Broker Summary dalam Saham, Apa Tujuan dan Risikonya?

Broker Summary dalam Saham, Apa Tujuan dan Risikonya?


Terakhir diperbarui Pada 16 January 2024 at 11:27 am

Broker summary, adalah istilah dalam investasi saham yang erat kaitannya dengan aktivitas transaksi. Lalu apa artinya dan seperti apa tujuannya?

 

Source: prnewsonline.com

 

 

Apa Itu Broker Summary dalam Saham?

Dalam dunia perdagangan saham, istilah “Broker Summary” mengacu pada fitur, yang disediakan oleh platform trading saham. Broker summary ini merangkum aktivitas jual dan beli saham, yang dibuat oleh broker-broker sekuritas yang terdaftar di bursa saham.

Fitur dari broker summary ini akan memberikan informasi mengenai aktivitas net buy atau beli bersih, dan juga net sell atau jual bersih atas saham, yang dilakukan oleh para broker sekuritas.

Net buy ini akan mengindikasikan bahwa ada broker sekuritas yang telah melakukan pembelian banyak saham, daripada yang dijual. Sementara untuk aktivitas net sell, mencerminkan adanya broker sekuritas yang melakukan penjualan lebih banyak saham, daripada yang dibeli.

Itu mengapa informasi yang dirangkum dalam broker summary seringkali dimanfaatkan oleh para pelaku pasar. Di mana broker summary ini dijadikan sebagai bahan acuan bagi pelaku pasar, dalma memahami sentimen pasar. Termasuk juga untuk mengambil keputusan investasi.

Umumnya tampilan broker summmary berbentuk table yang berikan kolom-kolom, seperti di bawah:

  • Broker Sekuritas: Nama broker sekuritas yang melakukan transaksi.
  • Net Buy: Jumlah saham yang dibeli oleh broker sekuritas tersebut secara bersih.
  • Net Sell: Jumlah saham yang dijual oleh broker sekuritas tersebut secara bersih.
  • Persentase Net Buy: Persentase net buy dibandingkan dengan total volume perdagangan saham.
  • Persentase Net Sell: Persentase net sell dibandingkan dengan total volume perdagangan saham.

Secara penggunaan, broker summary lebih banyak dipakai oleh ‘trader saham’. Jadi trader saham menjadikan broker summary sebagai alat identifikasi bagi saham-saham apa saja yang sedang diakumulasi dan didistribusi oleh para broker sekuritas.

Bagi saham-saham yang diakumulasi oleh para broker dari sekuritas besar, biasanya diklaim sebagai sinyal positif. Yang artinya, para broker itu sangat optimis atas prospek pada saham tersebut.

Sebaliknya, di saat ada saham yang didistribusikan oleh para broker dari sekuritas besar. Maka diklaim sebagai sinyal yang negatif. Hal ini menandakan bahwa para broker tersebut tengah mengurangi kepemilikan atas saham tersebut.

 

 

 

Anda yang ingin atau sedang menyusun investing plan, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah banyaknya informasi yang beredar, Anda bisa menggunakan Monthly Investing Plan edisi Januari 2024 yang telah terbit…

 

 

 

 

Tujuan dan Manfaat Broker Summary

Broker Summary ini merangkum informasi perdagangan saham dalam periode tertentu. Tidak heran, jika broker summary mampu memberikan gambaran yang  komprehensif mengenai aktivitas perdagangan saham. Termasuk juga didalamnya, ringkasan volume, nilai, dan frekuensi perdagangan. Hingga kinerja broker saham.

Broker Summary memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

  • Memberikan informasi kepada investor

Broker summary ini dapat membantu investos dalam menganalisis perdagangan dan juga tren yang ada di pasar secara menyeluruh.

  • Meningkatkan transparansi dan keterbukaan pasar modal

Broker summary akan menyajikan informasi atas perdagangan saham yang akurat.

  • Membantu pengawasan dan regulasi pasar modal

Broker summary juga memberi pengawasan atas pelaksanaan regulasi di pasar modal. Caranya ialah dengan mengidentifikasi adanya potensi pelanggaran aturan. Lalu broker summary juga akan memastikan bahwa para broker dapat patuh pada aturan dan regulasi pasar modal.

  • Memberikan dasar untuk kebutuhan penelitian dan analisis pasar

Broker summary mampu memberikan data yang dapat digunakan untuk meneliti dan menganalisis pasar. Lantaran broker summary ini merangkum aktivitas perdagangan saham secara komprehensif dan juga terperinci. Dengan itu, maka para pelaku pasar dapat memanfaatkan broker summary ini untuk memahami saham dan pergerakan pasar secara mendalam.

Berikut adalah beberapa manfaat broker summary:

  • Memahami Pergerakan Saham

Broker summary akan menyajikan pergerakan saham dan juga transaksi net buy, serta net sell secara real-time. Ini akan sangat membantu investor untuk mengenali berbagai memahami sentimen pasar. Sekaligus untuk membantu investor mengidentifikasi saham mana saja yang tengah diminati pasar. Atau bahkan sebaliknya, saham mana saja yang dihindari pasar.

  • Mengelola Risiko Investasi

Dalam management risiko, broker summary juga dapat membantu mempemudah para investor, dalam pengelolaan risiko investasi. Salah satunya dengan mempermudah investor mengetahui posisi net yang dilakukan para broker.

Jika net buy dilakukan oleh banyak broker. Maka, memungkinkan saham tersebut mempunyai prospek dan katalis yang baik. Dengan potensi risiko penurunan harga saham yang lebih rendah.

Namun, jika net sell dilakukan oleh banyak broker. Menandakan bahwa saham tersebut mempunyai potensi risiko yang tinggi. Sehingga banyak dihindari para pelaku pasar.

  • Membuat Keputusan Investasi yang Lebih Terinformasi

Dengan ringkasan perdagangan saham yang disajikan dalam broker summary. Investor akan lebih terbantu dalam memahami pergerakan pasar. Sehingga investor lebih mudah dalam menentukan keputusan investasi. Termasuk untuk melakukan identifikasi terhadap saham-saham yang potensial. Tidak hanya dari sisi kinerja, namun juga dengan prospek yang dimiliki.

 

 

 

 

Tips-Memilih-Perusahaan-Sekuritas

[Baca lagi: Tips Memilih Perusahaan Sekuritas, Agar Dana Investasi Anda Aman]

 

 

 

Memahami dan Menganalisis Broker Summary

Di bawah ini ada sejumlah hal penting, yang perlu dipahami dalam broker summary, antara lain:

  • Jenis Akun

Perhatikan jenis akun yang ditawarkan oleh broker. Apakah itu akun yang ditawarkan berjenis reguler, atau akun margin, atau bahkan akun syariah.

Untuk menentukan jenis akun mana yang sesuai dengan kita, maka sebaiknya kita sesuaikan akun yang akan dipilih dengan gaya investasi yang dimiliki. Termasuk dengan profil risiko yang kita miliki.

  • Jangkauan Pasar

Tidak hanya itu, jangkauan pasar yang sudah dikuasai broker juga perlu kita kenali. Apakah broker sudah menguasai pasar domestik, atau bahkan sudah merambah pasar global.

  • Biaya Transaksi

Dalam hal biaya transaksi, kita perlu membandingkan antara broker satu dengan broker lainnya. Biaya transaksi ini meliputi komisi dan/atau biaya spread, hingga biaya-biaya lainnya.

Sebagai langkah yang bijak memilih broker berdasarkan biaya transaksi, maka pilihlah broker yang menawarkan biaya transaksi yang kompetitif.

  • Fitur Platform Trading

Tidak hanya itu, kita juga perlu mempertimbangkan fitur-fitur yang ada dalam platform trading. Seperti apa kemudahan platform yang ditawarkan, atau apakah platform tersebut dapat memenuhi kebutuhan transaksi kita. Atau bahkan fitur-fitur yang ditawarkan dapat mendukung aktivitas analisis kita. Baik itu secara teknis atau fundamental, lalu kemudahan untuk membuat order, hingga dan kemudahan akses pada data pasar secaara menyeluruh.

  • Layanan Pelanggan

Kita juga perlu memeriksa bagaimana reputasi broker. Termasuk dengan seberapa baik kualitas layanan yang diberikan broker. Dalam hal ini, kita akan mengetahui seberapa bagusnya tim support yang dimiliki broker. Apakah sudah responsif, dalam menangani kendala para investor. Layanan pelanggan ini, perlu dipertimbangkan karena akan menentukan kecepatan dalam memberi bantuan, saat dibutuhkan.

  • Reputasi dan Regulasi

Hal penting berikutnya, yang juga harus dipastikan adalah reputasi dan regulasi broker, seperti halnya diawasi oleh lembaga yang berwenang, yakni pengawas pasar. Reputasi dan regulasi ini sangat penting karena dapat menjamin bahwa transaksi yang kita lakukan aman dan dilindungi.

Sebaliknya, kita harus menghindari broker yang memiliki reputasi yang buruk atau bahkan tidak teregulasi oleh pihak berwenang.

  • Produk dan Layanan Tambahan

Pertimbangan mengenai produk dan layanan yang diberikan juga penting. Terutama dalam melakukan riset pasar dan analisis fundamental.

 

Risiko Penggunaan Broker Summary

Bukan tanpa risiko, broker summary juga memiliki potensi risiko yang perlu dikenali, antara lain:

  • Ketergantungan yang berlebihan pada broker summary

Ketergantungan para investor pada informasi yang disajikan broker summary, tidak selalu baik. Di mana hal ini, membentuk investor jadi tidak mandiri. Dan selalu bergantung pada informasi yang disajikan dalam broker summary. Itu mengapa masih ada banyak pelaku pasar yang menunggu-nunggu broker summary.

Hal itu membuat pelaku pasar sangat mengandalkan broker summary. Padahal diluar broker summary, ada banyak informasi yang dapat dijadikan sebagai sumber baru wawasan. Dengan begitu, pengambilan Keputusan investasi akan jauh lebih terinformasi, karena tidak hanya bergantung pada broker summary.

Perlu kita pahami, bahwa broker summary juga memiliki keterbatasan dalam menyampaikan informasi yang akurat, atau bahkan terhadap isu-isu yang berkembang dan memiliki pengaruh pada pergerakan pasar.

Ditambah sampai dengan saat ini, belum ada satu pun broker maupun pelaku pasar yang dapat memastikan kemana arah pergerakan pasar secara tepat. Jadi, memang tidak ada jaminan bahwa apa yang tertuang dalam broker summary adalah informasi yang tepat.

  • Pergerakan yang cukup dinamis

Pergerakan pasar yang dinamis, setidaknya membuat para broker juga kesulitan memprediksi arah pasar. Oleh karenanya, jika hanya mengambil keputusan berdasarkan broker summary akan sangat berisiko.

  • Potensi manipulasi data

Data dalam broker summary, juga memiliki risiko untuk dimanipulasi sedemikian rupa oleh oknum-oknum broker yang tidak bertanggung jawab. Di mana mereka hanya fokus pada keuntungan sepihak saja. Hal ini tentu akan merugikan pelaku pasar yang bergantung penuh pada broker summary.

  • Tidak mempertimbangkan faktor fundamental

Informasi yang disajikan oleh broker summary, hanya seputar aktivitas perdagangan saham, volume, nilai, dan frekuensi perdagangan. Tidak termasuk analisis fundamental yang perlu dilakukan sendiri oleh kita sebagai investor.

Padahal dengan mengenal fundamental, kita dapat mengetahui bagaimana kinerja keuangan, prospek, reputasi, dan juga potensi risiko yang tidak dicantumkan secara rinci dalam broker summary.

Jadi, sebagai investor yang bijak, kita perlu mengetahui kondisi fundamental Perusahaan itu sendiri. Dan tidak bergantung penuh pada ringkasan dalam broker summary.

 

 

 

 

 

Dapatkan seluruh layanan dari RK Team secara lengkap dan harga spesial hanya untuk member RK. Yuk gabung sekarang juga menjadi Platinum Member!

Platinum-Members

 

Kesimpulan

Jadi apa itu broker summary? Singkat kata, broker summary berisikan ringkasan kegiatan perdagangan saham, yang didalamnya ada net buy dan juga net sell.

Broker summary akan diperlihatkan kepada para pelaku pasar, ketika jam perdagangan bursa sedang berlangsung. Yang di mana, tujuannya agar pelaku pasar melihat secara langsung bagaimana pergerakan saham, baik itu saham yang sedang diakumulasi atau didistribusikan. Beserta dengan seberapa besar volume yang ditransaksikan.

Di luar dari penggunaan dan manfaat broker summary, sebagai seorang investor yang bijak. Penting untuk kita memperhatikan kinerja fundamental yang dimiliki perusahaan. Karena dengan menganalisis fundamental, kita dapat memperkecil kerugian, dan memaksimalkan keuntungan. Lantaran keputusan yang diambil akan lebih terinformasi, sesuai dengan perkembangan saham perusahaan dan situasi pasar yang terjadi.***

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel