8 Pertanyaan Tentang Investasi Saham, Yuk Pahami!

8 Pertanyaan Tentang Investasi Saham, Yuk Pahami!


Terakhir diperbarui Pada 20 December 2023 at 11:25 am

Ada begitu banyak pertanyaan tentang investasi saham yang sering ditanyakan oleh investor pemula. Baik itu saat berdiskusi dengan konsultan finansial, maupun sebagai obrolan sesama rekan investor. Bagaimana kalau kita juga membahasnya? Beserta jawabannya akan dikupas dalam artikel ini, yuk simak bersama!

 

 

 

Source: emergenetics.com

 

 

Daftar Pertanyaan Tentang Investasi Saham yang Sering Ditanyakan Pemula

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang saham yang sering diajukan oleh investor pemula:

  1. Apa itu saham?

Saham merupakan bentuk surat berharga yang menjadi tanda atau mewakili kepemilikan sebagian dari sebuah perusahaan. Jadi, ketika teman-teman investor membeli saham suatu perusahaan, maka secara langsung sudah menjadi pemegang saham perusahaan tersebut.

Teman-teman investor juga memiliki hak untuk berpartisipasi dalam keuntungan perusahaan melalui dividen atau kenaikan harga saham.

 

  1. Mengapa orang berinvestasi di saham?

Umumnya, orang yang melakukan investasi saham memang memiliki tujuan finansial yang jelas yakni untuk mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini, maka teman-teman yang berinvestasi saham bisa mendapatkan keuntungan melalui dua cara:

    • Dividen:

Dividen merupakan bagian dari laba perusahaan yang didapatkan oleh para pemegang saham baik itu tahunan atau dalam beberapa periode.. Perusahaan dengan kinerja keuangan yang baik biasanya membagikan dividen secara rutin kepada pemegang sahamnya.

    • Kenaikan harga saham:

Harga saham dapat naik jika kinerja perusahaan membaik atau jika permintaan akan saham perusahaan meningkat. Dengan menjual saham yang teman-teman investor miliki pada harga yang lebih tinggi dari harga pembelian, sudah tentu bisa memperoleh keuntungan.

 

  1. Apa saja risiko investasi saham?

Investasi saham memiliki risiko yang harus dipertimbangkan antara lain:

    • Kerugian akibat penurunan harga saham:

Harga saham dapat fluktuasi secara signifikan dan ada kemungkinan harga saham akan turun, pada kondisi ini jelas teman-teman berpotensi mengalami kerugian.

    • Ketidakpastian kinerja perusahaan:

Kinerja perusahaan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal, sehingga tidak selalu ada jaminan bahwa perusahaan akan menghasilkan keuntungan.

    • Risiko likuiditas:

Saham tidak selalu mudah untuk dijual, terutama jika saham tersebut kurang likuid. Ada kemungkinan teman-teman investor akan mengalami kesulitan untuk menjual saham di harga wajarnya.

 

  1. Bagaimana cara memulai investasi saham?

Untuk memulai investasi saham:

    • Membuka rekening efek:

Rekening efek adalah wadah yang dibutuhkan untuk kegiatan membeli dan menjual saham. Di perusahaan sekuritas atau bank biasanya tersedia layanan untuk pembukaan rekening efek ini. Jadi teman-teman investor tinggal mencari yang sesuai kebutuhan.

    • Menyetorkan dana:

Setorkan dana ke rekening efek sebagai modal awal untuk membeli saham.

    • Memilih saham:

Pilih saham yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi. Serta lakukan riset yang mendalam tentang perusahaan sebelum membeli sahamnya.

    • Melakukan transaksi:

Lakukan transaksi pembelian atau penjualan saham melalui perusahaan sekuritas atau platform online.

 

  1. Apa itu analisa fundamental dan analisa teknikal?

Analisa fundamental adalah metode analisis saham yang bertujuan untuk memperhitungkani nilai intrinsik suatu perusahaan dengan mempertimbangkan faktor-faktor keuangan, industri, dan ekonomi.

Sedangkan analisa teknikal adalah metode analisis saham yang bertujuan untuk memprediksi pergerakan harga saham di masa depan dengan menganalisis pola pergerakan harga saham di masa lalu.

 

 

 

 

Dapatkan seluruh layanan dari RK Team secara lengkap dan harga spesial hanya untuk member RK. Yuk gabung sekarang juga menjadi Platinum Member !

Platinum-Members

 

 

 

 

  1. Bagaimana cara menghindari kesalahan dalam investasi saham?

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kesalahan dalam investasi saham:

    • Lakukan riset yang mendalam:

Sebelum membeli saham, lakukan riset yang mendalam tentang perusahaan dan industrinya. Pahami kinerja keuangan perusahaan, analisis tren secara historical dan potensi masa depan. Serta memahami faktor-faktor yang memengaruhi industri secara keseluruhan.

    • Pahami nilai intrinsik saham:

Nilai intrinsik adalah nilai yang melekat pada suatu perusahaan, terlepas dari harga pasar sahamnya. Hitung nilai intrinsik saham menggunakan metode penilaian yang sesuai, seperti analisis discounted cash flow (DCF) atau analisis rasio keuangan.

    • Belilah saham yang memiliki margin of safety:

Margin of safety adalah perbedaan antara nilai intrinsik saham dan harga pasarnya. Belilah saham dengan margin of safety yang cukup untuk melindungi Anda dari risiko penurunan harga saham.

    • Diversifikasi portfolio investasi saham:

Jangan hanya menginvestasikan semua uang hanya pada satu saham atau satu sektor industri. Langkah terbaik yang dapat dilakukan dalam rangka menekan potensi kerugian, maka diversifikasi portfolio sehingga dapat mengurangi risiko secara keseluruhan.

    • Tetap objektif dan rasional saat membuat keputusan investasi:

Jangan biarkan emosi memengaruhi pengambilan keputusan investasi. Namun sebaiknya, lakukan analisis fundamental secara mendalam, sebagai dasar pengambilan keputusan yang bijak. Bukan terpaku pada emosi dan spekulasi.

    • Lakukan investasi saham dalam jangka panjang:

Hindari aktivitas jual beli saham yang terlalu sering seperti halnya trading saham secara berlebihan, yang hanya meningkatkan biaya transaksi dan mengurangi keuntungan. Adapun sebaiknya, membeli saham untuk jangka panjang dan tahan hingga saham mencapai nilai intrinsik.

 

 

 

Kesalahan-Investasi-Saham-yang-Jangan-Anda-Lakukan

[Baca lagi: Kesalahan Investasi Saham yang Jangan Anda Lakukan]

 

 

 

  1. Di mana saya bisa belajar lebih banyak tentang investasi saham?

Ada banyak sumber daya yang tersedia, untuk belajar lebih banyak tentang investasi saham. Termasuk:

    • Buku dan artikel:

Ada banyak buku dan artikel yang membahas tentang investasi saham. Di mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut.

    • Kursus online:

Ada banyak kursus online yang sudah menawarkan pembelajaran tentang investasi saham. Baik itu program yang gratis maupun berbayar.

    • Seminar dan workshop:

Sekarang juga tersedia banyak seminar dan workshop yang diadakan oleh berbagai organisasi maupun lembaga. Di mana mereka akan mengajarkan tentang investasi saham.

    • Komunitas investasi:

Selain mengikuti seminar dan workshop, teman-teman investor juga sebaiknya aktif melibatkan diri dalam komunitas investasi, khususnya dalam edukasi saham maupun pasar modal. Menarikya aktivitas dalam komunitas investasi ini dapat dilakukan secara online maupun offline, yang memungkinkan teman-teman investor berdiskusi dengan investor lain dan belajar dari pengalaman mereka.

Perlu diingat bahwa investasi saham adalah kegiatan yang kompleks dan penuh risiko. Penting untuk memahami risiko,sebelum memulai berinvestasi saham.

 

  1. Apakah berinvestasi saham adalah pilihan tepat untuk meraih keuntungan?

Semua itu tergantung kepada poin-poin di bawah ini:

    • Teman-teman investor dapat meraih keuntungan maksimal, jika memiliki pemahaman yang baik tentang investasi saham. Termasuk risiko dan potensi keuntungannya.
    • Dengan memiliki tujuan investasi yang jelas dan jangka waktu investasi yang realistis, maka teman-teman investor juga dapat mencapai hasil investasi yang menguntungkan.
    • Memiliki karakter disiplin dan sabar dalam berinvestasi.

 

 

 

Untuk Anda yang ingin atau sedang menyusun investing plan Anda, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah banyaknya informasi yang beredar, Anda bisa menggunakan Monthly Investing Plan edisi Desember 2023 yang telah terbit…

 

 

 

Kesimpulan

Investasi saham dikategorikan sebagai potensi keuntungan yang tinggi, tetapi tentu saja memiliki risiko yang tinggi, ya high risk high return.

Jika ketika teman-teman investor tidak memiliki pemahaman yang baik tentang investasi saham, sudah tentu akan sangat mudah mengalami kerugian besar yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari tentang investasi saham sebelum mulai berinvestasi.

Selain itu, teman-teman investor juga perlu memiliki tujuan investasi yang jelas, dengan time frame investasi yang realistis. Jadi ketika tujuan investasi saham untuk jangka pendek, maka teman-teman investor harus siap menghadapi risiko fluktuasi harga saham yang tinggi.

Sedangkan, jika investasi saham untuk jangka panjang, sudah tentu teman-temen investor memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Di samping, tetap harus siap menahan investasi dalam jangka waktu yang lama.

Terakhir, teman-teman investor juga perlu disiplin dan sabar dalam berinvestasi saham. Karena instrumen investasi saham tidak untuk memberikan keuntungan besar secara instan. Berinvestasi saham adalah proses jangka panjang, yang membutuhkan kesabaran untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, dari banyaknya pertanyaan tentang investasi saham di atas, jika teman-teman investor ternyata sudah memenuhi beberapa poin di atas, maka berinvestasi saham adalah pilihan tepat untuk meraih keuntungan.

Apakah pertanyaan-pertanyaan tentang saham sudah cukup terjawab dalam pembahasan kali ini? Jika masih ada informasi lain yang ingin ditanyakan, teman-teman investor bisa menyimak artikel-artikel lainnya dalam blog.rivankurniawan.com yang akan memperkaya pengetahuan teman-teman investor tentang investasi saham dan pasar modal.***

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel