AMRT Ekspansi 1000 Gerai

AMRT Ekspansi 1000 Gerai! Prospek Menarik?


AMRT ekspansi 1000 gerai agar dapat mengejar pertumbuhan bisnis dan memperluas jaringan retailnya. Terlepas dari rencana ekspansi tersebut, AMRT rupanya berhasil membukukan keuntungan dengan laba bersih tumbuh 58.1% YoY menjadi sebesar Rp1.75 triliun 2Q2022. AMRT punya prospek menarik?

.

Rencana AMRT Ekspansi 1000 Gerai

Emiten pengelola gerai Alfamart (AMRT) tengah mengejar target guna meningkatkan kinerja bisnis. Hal itu akan diwujudkan dengan langkah AMRT ekspansi 1000 gerai paling banyak di tahun 2023 nanti.

Rencana tersebut, tidak lepas dari optimisme AMRT atas realisasi tercapainya 1000 gerai hingga September 2022. Bahkan sampai akhir tahun 2022, AMRT masih akan menambah 100 gerai lagi.

Sementara target yang paling sedikit akan dikejar AMRT adalah 800 gerai. Secara angka, target AMRT memang tergolong massif, namun jika flashback sepanjang Sembilan tahun 2022 bukan tidak mungkin AMRT dapat mencapai targetnya dengan pertumbuhan sekitar 10% dibandingkan tahun sebelumnya.

Dan tentu bukan tanpa alasan AMRT ekspansi 1000 gerai, pasalnya perusahaan  menemukan potensi pasar yang cukup besar di luar pulau Jawa. Oleh karenanya, AMRT turut melakukan pergeseran pembukaan gerai yang semula lebih banyak di wilayah Jabodetabek, namun cenderung massif di luar pulau Jawa. Hingga per Desember 2021, gerai AMRT di luar pulau Jawa baru mencapai 32%.

Source: Public Expose AMRT 2022

Artinya AMRT sangat berpeluang memenangkan prospek pasar di luar Jawa, untuk dapat mendirikan gerai baru di wilayah yang belum terjamah sebelumnya. Dengan harapan perusahaan mendapat akses untuk memenuhi barang kebutuhan sehari-hari di wilayah tersebut, sehingga akan mendongkrak penjualan.

Source: Public Expose AMRT 2022

Diluar sejumlah daerah diatas, AMRT telah berhasil melakukan ekspansi gerai ke Raja Ampat – Papua. Ekspansi tersebut telah menambah panjang jumlah gerai AMRT di tanah Papua menjadi ±31 toko.

.

Review Kinerja AMRT

Berdasarkan laporan keuangan AMRT, penjualan AMRT sepanjang Sembilan bulan 2022 mengalami peningkatan. Tercatat pendapatan AMRT sebesar Rp72.13 triliun di kuartal III-2022, tumbuh 14.18% YoY dari Rp63.17 triliun di kuartal III-2021.

Dengan rincian, segmen penjualan makanan naik menjadi Rp49.38 triliun di kuartal III-2022, dari Rp42.25 triliun di kuartal III-2021. Disusul segmen penjualan bukan makanan yang juga naik menjadi Rp22.75 triliun di kuartal III-2022, dari Rp20.91 triliun di kuartal III-2021.

Kenaikan pendapatan AMRT tersebut sejalan dengan bertambahnya jumlah gerai dari hasil kerja sama dengan waralaba. Setidaknya sampai kuartal III-2022 jumlah gerai waralaba AMRT mencapai ±4.523 unit, dibandingkan akhir 2021 yang berjumlah  ±4.219 unit.

.

.

.

.

Anda kesulitan mengatur waktu untuk analisa laporan keuangan? Anda bisa menggunakan E-Book Quarter Outlook Q3 2022, di mana Anda akan mendapatkan hasil analisa saham-saham potensial dari RK Team. Segera dapatkan di sini.

.

.

.

.

Sayangnya, kenaikan pendapatan ini juga diikuti dengan naiknya beban pokok pendapatan menjadi -Rp57.32 triliun di kuartal III-2022, naik 14.14% YoY dari -Rp50.22 triliun di kuartal III-2021.

Menariknya, AMRT masih dapat mencatatkan kenaikan laba kotor menjadi sebesar Rp14.81 triliun dan juga laba usaha yang naik menjadi Rp2.33 triliun.

Dengan begitu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar Rp1.75 triliun di kuartal III-2022, naik 59.09% YoY dari Rp1.10 triliun di kuartal III-2021. Demikian pula dengan Net Profit Margin yang tercatat sebesar 2.43%/

.

Prospek Bisnis AMRT

Jika diprediksikan dari kacamata bisnis AMRT, maka peningkatan kinerja AMRT tahun depan berpotensi terdorong oleh bertambahnya jumlah gerai-gerai baru baik itu Alfamart maupun waralaba.

Termasuk dengan meningkatnya penjualan AMRT melalui online yang dilakukan pada beberapa platform. Sebut saja diantaranya ada Alfagift yang menyasar segmen B2C dan Aksesmu yang menyasar segmen UMKM. Di tahun 2022 berjalan ini, kontribusi penjualan online terhadap total pendapatan AMRT sebesar 6%.

Pola belanja konsumen yang berubah juga menjadi salah satu potensi peningkatan kinerja AMRT. Beralihnya minat konsumen pada produk yang memiliki nilai lebih ekonomi (value for money) turut memberi peluang. Sehingga AMRT berkesempatan menawarkan berbagai pilihan produk yang tersedia dalam program promosi.

AMRT juga masih menjaga komitmennya dalam mempertahankan brand BeanSpot yang menyediakan produk ala café seperti kopi, varian minuman lain, dan juga makanan.

Lalu Alfa Express yang kehadirannya digencarkan di wilayah padat aktivitas, seperti halnya bandara, stasiun, rest area, Pelabuhan, MRT hingga rumah sakit dengan harga jual produk yang lebih tinggi.

Alfamart Luncurkan Alfa X

[Baca lagi: Alfamart Luncurkn Alfa X Di Tengah Physical Distancing, Good Move atau Bad Move?]

.

Dan juga Alfa X yang mengadopsi konsep experience something new, connect and unites various people, collaborate to bring new ideas menyasar segmentasi anak muda dan berada di wilayah kampus.

Dari penjelasan di atas, terlihat tegas komitmen AMRT sebagai pengelola jaringan minimarket Alfamart masih akan terus berekspansi di lebih banyak daerah di Indonesia, guna memaksimalkan potensi yang ada.

Tentunya dengan harapan kinerja terus bertumbuh, demikian pula dengan kinerja harga saham yang dalam 5 tahun terakhir meningkat. Harga saham AMRT sendiri sempat menyentuh level tertingginya di Rp3.090 per saham pada 30 November 2022 lalu.

Selain yang sudah disebutkan di atas, apa prospek lain yang dimiliki oleh saham AMRT? Dan apakah layak investasi?***

.

.

.

.

DISCLAIMER : Tulisan ini bukan bersifat rekomendasi beli atau jual. Tulisan ini bersifat untuk edukasi berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Do Your Own Research sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham.

###

Info:

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya