Harga Saham Terus Terkoreksi, Apakah Saham BSDE Layak Dikoleksi?

Harga Saham Terus Terkoreksi, Apakah Saham BSDE Layak Dikoleksi?


Saham properti rasanya seperti kehilangan momentum dalam beberapa bulan terakhir, dan salah satu saham yang mencatatkan penurunan yang cukup dalam adalah BSDE. Mari kita lihat performa BSDE dan apakah penurunan saham ini menjadi opportunity untuk kita mengoleksi sahamnya.

 

Penurunan Harga Saham BSDE

BSDE mengawali awal tahun dengan on a high note, dengan puncaknya berada di level Rp 1335 per lembar saham. Tetapi alas, harga saham BSDE sekarang boncos ke level Rp 900 per lembar saham atau telah turun sepertiga (-33%) dari level tertinggi di awal tahun 2021 ini.

Dapat dilihat pada grafik di atas yang merupakan harga BSDE dalam 10 tahun terakhir, di mana harga sekarang bisa dikatakan relative tidak berubah dibandingkan 2011-2012 di level Rp 900 per lembar saham. Untuk memberikan konteks, perlu kita ketahui juga bahwa properti merupakan salah satu sektor cyclical yang memiliki masa ups and downs-nya juga. Oleh sebab itu, mungkin bukan ide buruk apabila melihat kinerja harga saham BSDE dalam 10 tahun terakhir.

Meskipun demikian, booming property di tahun 2013-2015 juga berhasil meningkatkan harga saham BSDE yang ketika itu sampai ke level Rp 2200 per lembar saham (sekitar 1.5x bagger) apabila dibandingkan dengan harga saham BSDE sekarang. Pertanyaannya adalah, apakah kinerja BSDE masih stagnant juga dalam 10 tahun terakhir sehingga harga sahamnya masih berada di level sekarang?

 

Sekilas Kinerja BSDE

Pendapatan BSDE di tahun 2012-2013 adalah sekitar Rp 3.7 – Rp 5.7 triliun per tahunnya dengan laba bersih sekitar di Rp 1.2 – Rp 2.6 triliun. Di mana apabila kita membandingkan kinerja BSDE sekarang (annualized), pendapatan yang dapat diperoleh BSDE adalah sekitar Rp 6.7 triliun dan laba bersih sebesar Rp 2.3 triliun. Bukan peningkatan yang spektakuler memang, tetapi secara nominal setidaknya kita melihat bahwa terjadi peningkatan dari performa BSDE.

 

 

Nah, bagi Anda yang memiliki keterbatasan waktu untuk bisa mengumpulkan informasi mengenai kinerja terbaru perusahaan, kini Anda bisa memanfaatkan Cheat Sheet sebagai alternatif yang dapat membantu menghemat waktu Anda untuk mengecek kinerja perusahaan yang saham nya Anda pegang. Yuk, dapatkan segera Cheat Sheet Q2 2021 di sini

 

 

Selain itu, pada grafik di atas Anda dapat melihat bahwa kinerja BSDE pada tahun 2021 ini cukup ciamik, terhitung dari pre-sales properti nya sebesar Rp 4.5 triliun (meningkat +55% YoY) dan juga dari pencapaian pre-sales ini telah mencapai 64% dari total target BSDE untuk tahun 2021.

Sebagai informasi, BSDE masih memiliki banyak sekali hak pengembangan lahan dan yang belum dikembangkan – mengingat posisi BSDE sebagai salah satu perusahaan dengan landbank terbesar di Indonesia. Contohnya di BSD City Tangerang, Grand Wisata Bekasi, serta Kota Wisata di Cibubur yang apabila ditotal mencapai lebih dari 2.700 ha tanah yang belum dikembangkan – membuat nilai asset BSDE sendiri memiliki potensi untuk bertumbuh (tentu saja kembali lagi tergantung terhadap kapabilitas BSDE dalam mengelola tanah-tanah tersebut).

Namun, apabila kita melihat track record pembangunan properti BSDE seperti berikut…

Anda mungkin belum pernah mengetahui secara lengkap property apa saja yang telah dibangun oleh BSDE – tetapi bagi yang tinggal di Jabodetabek, ICE BSD merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi karena sering diadakan berbagai event. Selain itu, beberapa property tower dan apartment yang dibuat BSDE juga tidak boleh dipandang sebelah mata.

 

Mulai dari mal-mal ITC di Jakarta, sampai dengan AEON Mall, QBIG dan The Breeze di BSDE menjadi saksi nyata dan track record BSDE dalam industri properti. Ke depannya, BSDE juga masih akan melanjutkan ekspansi bisnis propertinya, dengan fokus utama di Tangerang untuk meningkatkan pendapatan dari sisi penjualan property dan juga recurring revenue dari tower perkantoran, mal dan superblock, sampai dengan industry perhotelan.

Apakah dengan kinerja dan strategi seperti ini BSDE dapat masuk ke portfolio Anda? Kami tidak memberikan rekomendai, so you decide…

 

DISCLAIMER : Tulisan ini bukan bersifat rekomendasi beli atau jual. Tulisan ini bersifat untuk edukasi berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Do Your Own Research sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham.

 

###

 

Info:

 

Tags : Apakah Saham BSDE Layak Dikoleksi | Apakah Saham BSDE Layak Dikoleksi | Apakah Saham BSDE Layak Dikoleksi | Apakah Saham BSDE Layak Dikoleksi | Apakah Saham BSDE Layak Dikoleksi  | Apakah Saham BSDE Layak Dikoleksi

You may also like

1 Comment

  • Hery
    September 8, 2021 at 9:46 PM

    Sepertinya good nih untuk di koleksi, analis lah

LEAVE A COMMENT

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Share this Post

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami