DILD - Blibli

DILD – Blibli.com Bekerjasama. Bagaimana prospeknya?


DILD merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industrial estate. Belum banyak katalis positif yang dapat mendasari pertumbuhan sektor ini, namun memang dinamika perusahaan dalam level perusahaan dapat berbeda satu sama lain. Untuk kasus DILD, perusahaan dikabarkan akan bekerja sama dengan Blibli. Mari kita bahas prospeknya!

.

Sekilas Tentang DILD

DILD (Intiland Development Tbk) – adalah salah satu perusahaan property yang memiliki banyak portfolio project mixed use & juga high rise. Perusahaan juga telah melayani berbagai proyek-proyek premium sukses yang berada di Jakarta & Surabaya, di mana proyek-proyek ini ditargetkan kepada kalangan menengah – atas.

Di atas adalah beberapa contoh portfolio perusahaan – mulai dari bangunan South Quarter yang bentuknya cukup unik apabila Anda pernah melewati area Jakarta Selatan – sampai dengan Intiland Tower, bangunan perkantoran yang memiliki bentuk terunik apabila dibandingkan dengan bangunan perkantoran di sekitarnya. Beberapa contoh portfolio ini memang merupakan testament terkait dengan keahlian yang dibawa oleh DILD.

Batang Industrial Park (BIP)

Daerah peta di atas adalah Batang Industrial Park, kawasan industry yang dimiliki 100% oleh DILD. Luas area ini adalah sebesar 500ha, dan berada di lokasi yang sangat strategis di sentral Pulau Jawa. Beberapa tenant besar kabarnya sudah menandatangani perjanjian untuk membangun proyek di Batang seperti Foxconn (supplier bahan-bahan produk Apple), sampai juga industrialisasi di sektor downstreaming minerals. Kami melihat proyek BIP ini dapat menjadi salah satu katalis bagi pertumbuhan kinerja DILD ke depannya.

.

.

.

.

Anda kesulitan mengatur waktu untuk analisa laporan keuangan? Anda bisa menggunakan E-Book Quarter Outlook Q4 2021. Dengan E-Book ini, Anda akan mendapatkan hasil analisa saham-saham potensial dari RK Team. Anda bisa mendapatkannya di sini.

.

.

.

.

Kerja sama dengan Blilbi – positif?

Sedikit background – Blibli dan DILD menjalin kerja sama strategis (strategic partnership) untuk memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat dalam mendapatkan fasilitas-fasilitas premium yang ditawarkan oleh Intiland.

Kerja sama ini telah diresmikan dengan adanya penandatangan Nota Kesepahaman Kerjasama (Memorandum of Understanding atau biasa dikenal dengan MoU) pada minggu ke-3 Februari lalu.

Ada beberapa alasan yang mendasari kerja sama ini. DILD, melalui salah satu top level managementnya mengatakan bahwa:

  • Blibli mengalami peningkatan pemesanan jasa sebanyak 3x di tahun 2021. Di mana hal ini merepresentasikan adanya shifting behavior dari masyarakat dalam melakukan pemesanan produk/jasa. Salah satu yang di highlight juga adalah adanya peningkatan penyewaan untuk flexible office, lokasi olahraga premium, dan juga layanan jasa pendukung gaya hidup sehat. Di mana hampir semua layanan jasa di atas juga disediakan oleh Intiland.
  • DILD akan memasarkan beberapa jasa melalui Blibli seperti co-working space, club house, dan juga paket personal trainer via Blibli. Dengan adanya integrasi ini, pelanggan dapat memesan jasa tersebut melalui Blili dan terdapat juga beberapa pilihan pembayaran seperti cicilan 0% dan juga customer care 24/7.
  • Kerjasama mutualisme dan perluasan pasar bagi Blibli dan DILD. Blibli dapat memperluas segment pasarnya sekaligus memperkuat posisinya sebagai pemimpin produk/jasa omnichannel di Indonesia. Bagi DILD, kerja sama ini dapat juga memperluas jangkauan jasa layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

.

Dampak bagi Performa Perusahaan?

Perlu Anda ketahui bahwa kerja sama ini baru terjadi pada akhir Februari 2022 kemarin, sehingga memang kami melihat dampak ini tidak akan langsung terefleksi kepada laporan keuangan bahkan di 1Q22. Secara breakdown per akhir tahun 2022 lalu, terlihat bahwa segment jasa berkontribusi sekitar 22% (facilities + office building) terhadap total pendapatan perusahaan, dan mayoritas pendapatan perusahaan masih disumbang dari segment penjualan marketing sales property maupun industrial estate.

Namun, things are still fluid. Tentu ada kemungkinan  hal ini akan berubah kemudian hari. Bagi Anda sendiri, apakah strategic partnership ini dapat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan kinerja DILD?

.

.

.

.

DISCLAIMER : Tulisan ini bukan bersifat rekomendasi beli atau jual. Tulisan ini bersifat untuk edukasi berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Do Your Own Research sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham.

###

Info:

  • Cheat Sheet LK Q4 2021 telah terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.https://bit.ly/CheatSheetRK
1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

4 Comments

  • lavender
    15 June 2022 at 12:40 PM

    Isi Pesan

  • Singapore
    15 June 2022 at 12:42 PM

    Isi Pesan

  • Gina
    15 June 2022 at 12:47 PM

    Isi Pesan

Komentar

Artikel Lainnya