Saham PMMP Terdampak Efek Kemenangan Quick Count Prabowo-Gibran. Apa ini Bagus untuk Ke Depan?

Saham PMMP Terdampak Efek Kemenangan Quick Count Prabowo-Gibran. Apa ini Bagus untuk Ke Depan?


Terakhir diperbarui Pada 2 April 2024 at 3:51 pm

Artikel telah ditinjau oleh: Stock Market Analyst RK Team

Pengumuman Quick Count pada pemilihan Presiden membuat beberapa saham terdampak, salah satunya adalah saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP). Apa kaitannya saham ini dengan kemenangan Quick Count paslon nomor 2 Prabowo-Gibran? Apakah saham ini cocok diinvestasikan atau hanya hype dari electoral semata?

 

Mengapa Saham PMMP Terdampak Efek Kemenangan Quick Count Prabowo-Gibran?

PMMP adalah perusahaan pengelolaan udang yang IPO pada 18 Desember 2020. Perusahaan ini secara struktur adalah family business yang didirikan oleh Soesilo Soebarjo di Jawa Timur. Berikut ini susunan kepemilikan saham PMMP:

Susunan Kepemilikan Saham PMMP. Source: Laporan Tahunan PMMP 2023

 

Emiten ini terdampak oleh kemenangan Quick Count Prabowo – Gibran, dikarenakan adanya kepemilikan PT Harapan Bangsa Kita sebesar 7.27% pada emiten ini.

Untuk kita ketahui, bahwa PT Harapan Bangsa Kita adalah perusahaan investasi milik anak Presiden Jokowi, yakni Kaesang Pangarep. Di mana ia, adalah adik dari calon presiden paslon nomor 2, Gibran Rakabuming.

PT Harapan Bangsa Kita (GK Hebat) merupakan startup accelerator yang memiliki komitmen untuk mendukung UMKM. Hingga saat ini GK Hebat memiliki investasi di beberapa UMKM yang bergerak di bidang kuliner seperti Ternak Kopi, Sang Pisang dan Let’s Toast. Termasuk juga dengan perusahaan yang bergerak dibidang fashion seperti Hirika dan Brodo.

Dalam kepemilikan saham yang listing di BEI, GK Hebat hanya melakukan investasi pada PMMP sebesar 7.27%. Dan dengan market cap yang saat ini sekitar Rp828 miliar, itu artinya investasi GK Hebat di PMMP hanya sebesar Rp 60.2 miliar dengan patokan harga 320 per lembar saham.

CEO GK Hebat, Kaesang Pangarep mengungkapkan bahwa kepemilikan saham PMMP merupakan langkah GK Hebat untuk meningkatkan literasi digital dalam industry akuatur. Terlebih lagi dengan posisi Indonesia yang menjadi salah satu negara maritim terbesar di dunia.

 

Analisa Fundamental PMMP

Sebelum kita membahas prospek saham PMMP, sebaiknya kita review terlebih dulu untuk pencapaian kinerja PMMP dari sisi fundamental berikut ini analisa dari PMMP dari laporan laba rugi…

Kinerja Laba Rugi PMMP Kuartal III-2023 Annualized. Source: Cheat Sheet Kuartal III-2023 by RK Team

 

Dari sisi revenue, memang PMMP terus mencatatkan pertumbuhan revenue dari tahun 2020 sampai ke kuartal III-2023 (Annualized). Sayangnya kenaikan kinerja revenue tersebut, tidak diimbangi dengan pertumbuhan gross profit yang tertekan.

Jika dilihat lebih deep dari sisi bottom line, lantaran ada Interest Coverage Ratio yang cukup besar sekitar 1.9x. Ditambah ada Debt to Equity Ratio yang juga relatif besar yakni 2.47x. Hal ini terjadi karena PMMP memiliki risiko bunga dan debt yang cukup besar.

Tidak hanya itu, PMMP juga memiliki Total Beban Pajak Penghasilan yang membengkak menjadi USD3.36 juta di kuartal III-2023, naik drastis 325.60% YoY dibandingkan periode kuartal III-2022 yang lalu. Lantaran perusahaan kemungkinan besar melakukan pembayaran utang pajak dari tahun 2022 di tahun 2023. Tidak heran, jika kemudian net profit PMMP di kuartal III-2023 tertekan. Di bawah ini adalah rincian beban pajak yang membengkak…

Pos Beban Pajak Penghasilan PMMP. Source: Laporan Keuangan PMMP Kuartal III-2023

 

Berikutnya kinerja PMMP dari sisi neraca keuangan, dengan liquidity ratio yang sebesar 1.2x yang artinya likuiditas PMMP masih terbilang mampu untuk membayar utang jangka pendeknya.

Ada juga Cash Ratio PMMP yang sebesar 0.1x saja, yang berarti PMMP tidak cukup mampu membayar utang jangka pendek, jika hanya mengandalkan kas perusahaan. Belum lagi dari sisi DER yang besarnya hingga 2.5x, yang sudah tentu ekuitas yang dimiliki PMMP tidak mampu membayar utang-utangnya.

Meski begitu, PMMP ini memiliki Interest Coverage Ratio yang masih cukup baik di kisaran 1.9 per kuartal III-2023. Yang menunjukkan setidaknya dengan pendapatan PMMP yang meningkat, PMMP masih mampu mengcover biaya bunga yang ditimbulkan…

Ratio Keuangan Saham PMMP. Source: Cheat Sheet Kuartal III-2023 by RK Team

 

Analisa Teknikal Saham PMMP

Berikutnya dari sisi teknikal, kita dapat melihat bahwa PMMP ini sempat terapresiasi setelah pengumuman Quick Count pada tanggal 15 Februari 2024 kemarin. Namun tidak lama dari itu, kinerja harga saham PMMP kembali terdepresiasi sehari setelahnya.

Pergerakan kinerja harga saham PMMP. Source: Investing.com

 

Dari pergerakan harga saham di atas, terlihat pasca pengumuman Quick Count saham PMMP sempat menyentuh all time highnya sejak Juni 2023. Hanya saja langsung drop lagi sebesar 12% sehari setelahnya. Hal itu setidaknya menunjukkan ada cukup banyak pelaku pasar yang FOMO terhadap saham PMMP. Sehingga Sebagian besar pelaku pasar memburu saham PMMP, saat hasil Quick Count dimenangkan oleh paslon nomor 2 Prabowo – Gibran.

 

Anda sedang ingin menyusun investing plan, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah informasi. Maka sekarang bisa menggunakan Monthly Investing Plan yang telah terbit!

BANNER-ARTIKEL-MIP-2024

Bagi teman-teman investor yang ingin berlangganan Monthly Investing Plan, bisa menggunakan voucher…

 

Prospek Bisnis Saham PMMP

Konsep bisnis dari PMMP adalah pengelolaan udang. Di mana PMMP membeli bahan baku udang dari nelayan maupun tambak. Kemudian mengolahnya menjadi makanan setengah jadi, yang ready to cook seperti tempura udang, ebi, pre-fried breaded. Termasuk juga menjual udang mentah untuk di ekspor, seperti udang Varame dan Black Tiger.

Produk Utama PMMP. Source: Public Expose PMMP 2023

 

PMMP sendiri memiliki delapan pabrik yang berlokasi di Situbondo Jawa Timur dan Tarakan – Kalimantan Utara. Dengan kapasitas produksi ±27.100 ton dalam setahun dan memiliki kapasitas storages hingga ±46 ribu ton.

Pabrik dan fasilitas milik PMMP. Source: Public Expose PMMP – 2023

 

Dan berikut ini rincian fasilitas produksi dari saham PMMP:

Rincian Fasilitas Produksi PMMP. Source: Public Expose PMMP 2023

 

Dengan kepemilkan pabrik dan juga fasilitas produksi yang mumpuni tersebut, PMMP tentu masih memiliki prospek yang baik. Terutamanya dalam penjualan produk udang dan turunannya. Ditambah lagi, Indonesia masih menjadi negara terbesar untuk impor value added udang di Amerika Serikat. Yang memperbesar potensi pemasaran PMMP di negara Adidaya tersebut.

Untuk kita ketahui, bahwa prioritas penjualan PMMP pada segmen ekspor, adalah ke beberapa negara tujuan seperti Jepang, AS, Inggris, Denmark, Singapore, Hongkong, Puerto Rico dan Korea Selatan.

Peta Penjualan Ekspor PMMP. Source: Public Expose PMMP 2023

 

Dan untuk Jepang, dalam beberapa waktu terakhir juga secara signifikan memberi kontribusi yang besar terhadap penjualan PMMP. Hal ini terjadi setelah Jepang memutuskan untuk membuka kembali akses turis masuk ke negaranya. Yang secara langsung telah membangkitkan kembali industri pariwisata di Jepang, sehingga ikut mendongkrak permintaan udang untuk kebutuhan industri food and service.

Adapun untuk pembeli utama produk PMMP dari AS dan Jepang, ialah untuk memenuhi kebutuhan  ritel dan restaurant. Dengan beberapa pelanggan seperti Walmart, Benihana, Koyho, Red Lobster dan Marubeni.

Pelanggan Utama PMMP di Pasar Ekspor. Source: Public Expose PMMP 2023

 

Sedangkan untuk penjualan domestik, PMMP memiliki beberapa mitra lokal yang membantu distribusi produk. Seperti halnya Lotte Mart, Aeon Supermarket, Papaya, Smarco, dan Franz Deli. Dalam pasar domestic ini, PMMP menggunakan merk Ebinoya.

Produk Merek Ebinoya. Source: pancamitra.com

 

Dari sisi strategi bisnis yang dilakukan PMMP adalah ekspansi usaha berupa switching dari penjualan raw products, menjadi value added products. Penjelasannya seperti pada proyeksi di bawah ini:

Ilustrasi switching produk PMMP dari tahun ke tahun. Source: Public Expose PMMP – 2023

Dari rencana strategi bisnis di atas, terlihat bahwa PMMP akan mengurangi produksi raw product. Tidak hanya itu, PMMP akan menambahkan produksi value added product dan cooked product. Dikarenakan kedua produk tersebut, dapat memberikan margin yang lebih baik dibandingkan raw product.

Produk Cooked dan Value Added. Source: pancamitra.com

 

Akan tetapi, dengan strategi tersebut PMMP juga menemukan potensi persaingan bisnis yang cukup ketat. Terutamanya dalam menghadapi produk-produk dari India dan Ekuador, yang dapat menghasilkan produk raw vaname dan black tiger lebih banyak, dengan harga yang sangat kompetitif.

Oleh karena itu, PMMP perlu mewaspadai potensi persaingan untuk cooked dan value added product dalam perdagangan global. Ditambah dengan adanya kompetitor pasar ekspor yang berasal dari berbagai negara.

 

 

Saham PMMP dari Sisi Valuasi

Berikutnya yang dapat kita lihat ialah dari sisi valuasi saham PMMP. Ketika artikel ini ditulis, harga saham PMMP sedang diperdagangkan di kisaran 320an. Dengan PBV 0.5x dan PER di level 7.1x.

Namun dengan risiko kemampuan perusahaan dalam mengcover utang-utangnya. Belum lagi dengan MOAT yang cukup rendah, akibat adanya potensi persaingan dengan India dan Ekuador.

Nah apakah dengan saham PMMP terdampak efek kemenangan Quick Count Prabowo-Gibran, memang menjadi bagus untuk ke depan? Tentu teman-teman investor memiliki pandangan dan keyakinan sendiri dalam menilai saham PMMP ini. Sebagai acuannya, kita juga dapat melihat Laporan Keuangan PMMP di Kuartal IV-2023 yang akan datang.***

 

###

 

DISCLAIMER ON:
Tulisan ini bukan rekomendasi jual dan beli. Semua data dan pendapat pada artikel adalah bersifat informasi yang mengedukasi pembaca, berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Risiko investasi berada pada tanggung jawab masing-masing investor. Do Your Own Research!

 

Temukan Artikel Analisa dan Edukasi Saham lainnya di Google News.

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel