PSSI Masih Menarik

Baltic Dry Index (BDI) Turun Drastis. PSSI Masih Menarik?


Sektor logistic dan supply chain menjadi salah satu yang melihat pandemic maupun geopolitics tension sebagai blessing in disguise karena banyak katalis positif yang mendukung pertumbuhan kinerja sektor tersebut. PSSI merupakan salah satu pemain di industry ini, dan melihat beberapa data yang berkaitan, salah satunya Baltic Dry Index yang sudah mengalami penurunan, ada yang berasumsi bahwa sektor logistic telah mencapai peaknya. Mari kita bahas korelasi BDI dan kinerja PSSI.

.

Sekilas Tentang PSSI

PSSI merupakan salah satu perusahaan solusi logistic, yang berfokus pada transportasi laut dan menawarkan jasa-jasanya kepada perusahaan-perusahaan di sektor mining dan minerals (ie. coal, nickel, downstreaming/smelting, sampai ke power plant).

.

Apabila kita melihat grafik di atas, dapat terlihat bahwa kontribusi dari pendapatan perusahaan masih didominasikan oleh sektor batubara. Namun demikian, kontribusi ini terus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir dan diekspektasikan oleh perusahaan bahwa kontribusi batubara akan berkurang drastis dari 97% pada tahun 2019 menjadi tinggal 71% pada tahun 2021. Beberapa industrI yang nantinya akan berpengaruh terhadap kinerja PSSI adalah nickel, bauxite, copper, dan juga produk-produk downstreaming seperti steel dan alumina.

.

.

.

Dapatkan hasil terbaik dengan bergabung menjadi Platinum Member. Dengan bergabung menjadi Platinum Member, Anda akan mendapatkan seluruh layanan dari RK Team secara lengkap. Dapatkan harga special dengan bergabung menjadi Platinum Member sekarang, hanya di sini.

.

.

.

Peta di atas menjelaskan tentang daerah dan alur operasi dari bisnis PSSI. Beberapa key points yang dapat diambil:

  • Kapal Curah Besar (MV), kapasitas 32,000-56,000 MT (Handysize & Supramax) – logo kapal warna merah – telah beroperasi di seluruh perairan Indonesia, dan mencakup pasar internasional juga di Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, bahkan sampai Rusia dan Teluk Persia.
  • Kapal Floating Loading Facilities (FLF), dan Tongkang (TNB) – logo kapal warna biru – beroperasi di seluruh perairan besar di Indonesia seperit Kaltim, Kalsel, daerah Sumatera + Sulawesi, dan juga daerah Jawa Timur.

Perlu Anda ketahui juga secara total, PSSI memiliki 90 unit asset dan mengoperasikan 105 unit asset dalam bisnis shipping ini.

.

Korelasi kinerja dengan Baltic Dry Index (BDI)?

BDI atau biasa disebut sebagai capsize index, merupakan index yang melacak cargo pengantaran iron ore dan batubara di level 150 kt. Secara sederhana, BDI sendiri dapat diartikan sebagai index yang melacak pengantaran/shipping batubara maupun minerals di seluruh dunia. Apabila aktivitas pengantaran/shipping sedang meningkat, maka BDI akan mengalami peningkatan, namun apabila tidak, vice versa.

Secara singkat, peningkatan BDI di ekspektasikan akan dapat menopang kinerja dari PSSI – di mana apabila kita melihat grafik index BDI dalam beberapa tahun terakhir, terlihat bahwa:

  • BDI meningkat sejak 2016, di mana sampai dengan pre-covid level (akhir tahun 2019), BDI telah meningkat dari sekitar ~1000 sampai sekitar ~2300 di akhir tahun 2019. Meningkat 2.3x lipat dalam waktu 4 tahun.
  • Pause during Covid…. Apabila Anda melihat pergerakan index BDI pada awal-awal tahun 2020, terlihat bahwa BDI mengalami penurunan yang cukup signifikan, bahkan sampai di level di bawah 1000 (pushed back 6 tahun).
  • …. Spike post-Covid. Namun, dunia post-covid dan pent-up demand yang terlihat setelah masyarakat keluar dari Covid, ditambah dengan tensi geopolitics di Rusia-Ukraine + krisis energi yang terjadi di seluruh dunia, membuat aktivitas shipping meningkat, sehingga BDI sempat meloncat ke level ~5500 dalam sekejap.

.

Namun demikian, data terbaru memang menunjukkan BDI sedikit mengendur ke level ~2300. Apabila kita perhatikan, level 2300 ini juga sebenarnya bukan level yang terlalu rendah karena kembali ke level pre-covid di akhir tahun 2019. Kami melihat dampak dari peningkatan aktivitas ini terhadap kinerja perusahaan masih akan terbawa ke tahun ini, sebelum akhirnya sedikit menurun karena high base dari masa post-Covid.

Melihat harga saham PSSI sekarang di level Rp535 per lembar saham dan divaluasikan di 8x PER, interpretasi yang akan diambil oleh masing-masing investor dapat berbeda. Bagaimana menurut Anda? Apakah PSSI masih menarik untuk dikoleksi?

.

.

.

.

DISCLAIMER : Tulisan ini bukan bersifat rekomendasi beli atau jual. Tulisan ini bersifat untuk edukasi berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Do Your Own Research sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham.

###

Info:

  • Cheat Sheet LK Q4 2021 telah terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.https://bit.ly/CheatSheetRK
1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

1 Comment

  • Forward
    15 June 2022 at 12:44 PM

    Isi Pesan

Komentar

Artikel Lainnya