Saham DMMX Dibeli SiCepat

Saham DMMX Dibeli SiCepat Express, Prospek DMMX Menarik?


Belum lama ini saham DMMX dibeli SiCepat Express sebanyak 42 juta lembar saham. Pembelian saham DMMX ini rupanya bukan yang pertama kali dilakukan oleh SiCepat Express. Jika benar demikian, apakah prospek DMMX kian menarik untuk dikoleksi?

.

Kronologi Saham DMMX Dibeli SiCepat Express

PT Sicepat Express Indonesia – perusahaan jasa logistik, sebelumnya sudah pernah tercatat melakukan transaksi pembelian saham DMMX. Ya, tepat di 9 Desember 2021 untuk pertama kalinya SiCepat Express membeli sebanyak 10.8 juta lembar saham DMMX. Dengan adanya pembelian itu, maka kepemilikan SiCepat Express di DMMX naik dari 476.5 juta lembar saham (6.19%), menjadi 487.4 juta lembar saham (6.33%).

Berikutnya, yang baru-baru ini pada 29 Agustus 2022 SiCepat Express kembali menambah kepemilikannya di saham PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Dengan membeli sebanyak 41.9 juta lembar saham DMMX pada harga Rp 1.200 per saham, sehingga total nilai transaksi mencapai Rp 50.3 miliar. Akibatnya total kepemilikan saham SiCepat Express di saham DMMX bertambah dari 489.7 juta lembar saham (setara 6.37%), menjadi sebesar 531.7 juta lembar saham (setara 6.91%).

Sampai dengan sejauh ini, tujuan SiCepat Express menambah kepemilikan saham di DMMX adalah untuk investasi, dengan status kepemilikan saham secara langsung.

Penambahan kepemilikan SiCepat Express di DMMX tentu bukan tanpa alasan. Mengingat keduanya telah terlibat kerja sama di luar daripada kepemilikan saham. Kerja sama keduanya menjadi bagian penting dalam memaksimalkan Digital Cloud Ad yang sudah tersebar di sejumlah titik service points SiCepat.

Tidak hanya itu saja, dalam perubahan susunan komisaris yang terjadi di DMMX. Mundurnya Bapak Pandu Sjahrir, telah resmi digantikan oleh Bapak Hartono Franscesco yang merupakan salah satu Founder dari SiCepat. Di mana kini telah memegang jabatan sebagai salah satu pemegang saham terbesar DMMX.

.

Prospek DMMX 

Sampai dengan saat ini langkah ekspansi DMMX masih cukup masif di setiap segmen bisnis. Beberapa ekspansi yang masih progress antara lain:

  • DMMX dan Bumilangit tengah mendirikan perusahaan joint venture yang akan mengemas karakter Bumilangit menjadi Intellectual Property Licensing Digital, menciptakan produk turunan seperti gamification untuk pasar retail.

Hingga rencana meluncurkan e-comic platform sebagai salah satu kanal di bisnis network retail 

  • Ekspansi di segmen Managed Service dan Infrastructure as a Service dengan menambah dan mengembangkan ekosistem Al, Big Data, gamification lengkap dengan kontennya.
  • Ekspansi di Makarios Bensu Kopi yang masih berprogres.
  • Ekspansi Current Business dalam mengelola CMS di retailers yang sekarang sudah lebih dari 21.000 layar berhasil terhubung dengan platform DMMX.

Ekspansi di atas mencerminkan langkah DMMX yang terbilang berani melebarkan sayap bisnis pada segmen konten dan hiburan. Termasuk juga dengan menyasar bisnis grosir digital.

[Baca lagi: Berinvestasi di Podcast Close The Door, DMMX Menarik?]

.

Tidak heran apabila kinerja pendapatan DMMX meningkat hingga Rp 924.2 miliar di kuartal II-2022, naik 154.2% dari sebelumnya Rp 363.5 miliar di kuartal II-2021. Dengan rincian berikut ini:

Dengan banyaknya pengeluaran dana ekspansi, dapat diperkirakan bahwa pertumbuhan laba DMMX masih akan lambat. Dan ini yang juga terjadi pada pertumbuhan laba DMMX kuartal II-2022 yang sebesar Rp 10.12 miliar, melambat hingga -91.26% dari sebelumnya Rp 115.80 miliar kuartal II-2021.

Dan apabila kita breakdown lagi, maka penyebab melambatnya laba bersih DMMX kuartal II-2022 adalah efek kenaikan beban pokok pendapatan yang melonjak signifikan hingga Rp 885.3 miliar di kuartal II-2022, melonjak signifikan 164.1% YoY dari sebelumnya Rp 335.1 miliar di kuartal II-2021.

.

Oleh karenanya, perlu diingat kembali bahwa dengan ekspansi bisnis yang masih akan terus digenjot oleh DMMX. Itu artinya dalam jangka pendek ini DMMX masih akan membutuhkan dorongan dana yang cukup besar. Seperti untuk memenuhi kebutuhan biaya operasional setiap harinya, baik itu pemasaran, penjualan hingga biaya personalianya.

Jadi bukan tidak mungkin, kinerja laba perusahaan masih akan tertekan dalam beberapa waktu ke depan. Meskipun secara angka pendapatan mengalami lonjakan yang besar.

Saham DMMX sendiri sekarang ini ditransaksikan pada harga 1415. Dengan valuasi PER 501.4, PBV 10.9, dan PCFR -102.0…

.

.

.

.

DISCLAIMER : Tulisan ini bukan bersifat rekomendasi beli atau jual. Tulisan ini bersifat untuk edukasi berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Do Your Own Research sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham.

###

Info:

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media