Jangan Malas Melakukan Evaluasi Investasi

Jangan Malas Melakukan Evaluasi Investasi


Terakhir diperbarui Pada 2 February 2024 at 1:10 pm

Melakukan evaluasi investasi saham dan rencana finansial adalah hal penting untuk masa depan, Apakah teman-teman investor sudah memulai proses realisasinya? Jika iya, maka masih ada satu hal lagi yang wajib dilakukan yaitu proses evaluasi rencana finansial. Janganlah menganggap realisasi sudah cukup menjamin masa depan keuangan. Ingatlah untuk mengevaluasinya agar tujuan masa depan dapat tercapai dengan lebih baik.

 

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

 

Rencana Finansial dan Melakukan Evaluasi Investasi Saham

Terdapat bermacam-macam rencana finansial, salah satunya adalah dengan berinvestasi. Semakin cepat teman-teman investor memulai untuk berinvestasi, maka kemungkinan investasi juga dapat berkembang semakin besar. Namun, belum tentu demikian, jika teman-teman investor di sini tidak pernah melakukan evaluasi investasi saham tersebut. Apakah strategi investasi yang dilakukan sudah benar? Apakah investasi tersebut menguntungkan? Atau malah merugikan?

Melakukan evaluasi Investasi bertujuan untuk mengevaluasi kinerja investasi. Di mana kita akan untuk mengetahui sudah seberapa jauh usaha yang dilakukan dalam mewujudkan rencana finansial. Nah dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengapa evaluasi investasi ini perlu dilakukan dan penting.

 

Jangan Malas Melakukan Evaluasi Investasi Anda 2 - Finansialku

 

Apa Tujuan Melakukan Evaluasi Investasi Saham?

Walaupun umumnya dilakukan di akhir tahun, tidak ada salahnya jika kita baru melakukan evaluasi investasi saham di waktu sekarang ini.

Karena lebih baik terlambat daripada tidak melakukannya sama sekali bukan? Sebenarnya, untuk apa kita repot-repot melakukan evaluasi investasi? Untuk kita ketahui, pastinya investasi yang kita lakukan ini memiliki tujuan. Misalkan untuk dana pendidikan buah hati saat dewasa, atau untuk dana pensiun dan kebutuhan keluarga, mungkin juga untuk diwariskan bagi anak cucu.

Yang jelas adalah pasti ada sebuah tujuan penting yang ingin dituju melalui investasi tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai kita membuang-buang waktu berinvestasi, jika hasilnya tidak sesuai dengan tujuan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keberhasilan investasi adalah dengan mengevaluasinya secara berkala.

Evaluasi ini bertujuan untuk memonitor kinerja investasi, baik dari metodenya ataupun dari hasilnya. Jika jangka waktu investasi selama satu tahun, maka lakukan evaluasi setiap bulan. Kalau kurang dari tiga tahun, lakukan setiap 6 bulan sekali.

Begitu juga, jika investasi yang dilakukan adalah investasi jangka panjang, maka kita dapat melakukannya setiap tahun. Semakin sering kita melakukan evaluasi investasi, maka semakin tinggi pula kemungkinan kita dalam memperbaiki strategi investasi. Dengan harapan akan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

 

Melakukan Evaluasi Pra-investasi Saham

Melakukan evaluasi investasi saham bukan hanya dilakukan setelah kita berinvestasi. Namun, sebaiknya dilakukan juga sebelum berinvestasi. Dalam hal evaluasi ini, kita perlu mengecek kondisi keuangan dan kemampuan finansial dalam berinvestasi. Jika kita memiliki beban utang atau tidak memiliki kemampuan untuk berinvestasi, jangan memaksakan diri.

 

Bagaimana Cara Investasi untuk Sumber Pemasukan 1 - Finansialku

 

Langkah-langkah Evaluasi Pra-investasi

Evaluasi investasi di mulai dari evaluasi pra-investasi, untuk mengetahui apakah kondisi keuangan sudah cukup sehat untuk berinvestasi.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah perbarui kondisi keuangan dan neraca keuangan. Cek aset kekayaan bersih mulai dari aset likuid, aset investasi, aset guna, juga utang yang dimiliki saat ini.

Langkah kedua, cek seluruh saldo di bank dan perhitungkan gaji dan bonus atau penghasilan di luar pendapatan rutin.

Langkah ketiga, cek kembali pengeluaran dalam jangka waktu tiga bulan terakhir. Apakah kondisi pengeluaran  defisit atau sebaliknya surplus? Jika defisit, apa penyebabnya?

 

Rasio Umum dalam Evalusai Finansial

Rasio umum digunakan dalam evaluasi finansial antara lain:

  • Rasio Likuiditas

Membantu dalam mengukur ketersediaan dana darurat. Nilai ideal untuk keluarga tanpa anak adalah 6 kali pengeluaran bulanan.

  • Rasio tabungan

Menghitung seberapa besar kita dapat menyisihkan pendapatan setiap bulan. Dihitung dengan membagi surplus pengeluaran dengan pendapatan setiap bulan. Nilai ideal minimal adalah 10%

  • Rasio Cicilan Utang

Menunjukan seberapa besar bagian dari pendapatan per bulan yang disisihkan untuk membayar utang. Nilai ideal maksimal 35% pendapatan bulanan.

  • Rasio Aset Investasi

Mengukur seberapa besar aset investasi yang dimiliki, dibandingkan dengan kekayaan bersih. Semakin besar nilainya makan semakin baik.

  • Rasio Solvabilitas

Bertujuan untuk mengukur nilai kekayaan sebenarnya dibandingkan dengan total aset yang dimiliki. Nilai ideal minimal 35% total aset.

 

Langkah-langkah Melakukan Evaluasi Investasi Saham

Setelah teman-teman investor mengecek kondisi finansial, barulah dapat melakukan investasi. Jangan lupa untuk tetap melakukan evaluasi terhadap investasi yang kita lakukan.

  • Buatlah daftar seluruh investasi yang dilakukan,
  • Kemudian langkah kedua adalah cek saldo dari masing-masing investasi untuk mengetahui return setahun terakhir. Lalu bandingkan dengan return investasi pada jenis investasi lain di pasar. Apakah itu sebanding atau lebih kecil ataukah lebih besar? Jika lebih kecil, mungkin jenis investasi kita kurang menguntungkan dan perlu mempertimbangkan untuk mencari strategi investasi yang baru. Nah, untuk mengetahui cara menghitung tingkat pengembalian investasi, kita dapat menggunakan perhitungan Return of Investment (ROI).

 

 

Memulai Evaluasi Investasi Saham dari Sekarang demi Hasil yang Maksimal

Dengan melakukan beberapa langkah evaluasi tersebut, secara tidak langsung kita dapat mengupayakan hasil yang lebih maksimal dalam investasi. Sehingga kita bisa mencapai tujuan finansial atau mungkin bahkan lebih baik daripada target sebelumnya.

Jangan sia-siakan waktu berinvestasi tanpa memonitor prosesnya. Lakukan evaluasi sejak dini untuk masa depan finansial keluarga.

 

Sudahkah kita melakukan evaluasi terhadap investasi? Tinggalkan komentar di bawah..

 

Sumber Referensi:

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel