Prabowo & Gibran Unggul Perolehan Suara! Saham Emiten ini Melesat Sebagai Respon Kemenangan?

Prabowo & Gibran Unggul Perolehan Suara! Saham Emiten ini Melesat Sebagai Respon Kemenangan?


Terakhir diperbarui Pada 2 April 2024 at 2:15 pm

Artikel telah ditinjau oleh: Stock Market Analyst RK Team

Pesta demokrasi yang mencapai puncaknya pada 14 Februari 2024 lalu, telah usai. Saat ini KPU tengah disibukkan oleh penghitungan suara yang baru akan diumumkan pada 19/20 Maret 2024 mendatang. Hal menarik dari proses perhitungan ini adalah Prabowo & Gibran unggul perolehan suara. Efeknya saham-saham yang ada disekitaran program paslon nomor 2 ini juga ikut melesat. Benarkah?

 

Review Visi Misi dan Program yang Diusung Prabowo – Gibran

Melenggang diri sebagai calon pemimpin nomor satu Indonesia, tentu membuat pasangan Capres dan Cawapres nomor urut dua ini memiliki sejumlah visi dan misi, serta program yang akan dijalankan. Berikut ini adalah gambaran singkat mengenai visi yang diusung prabowo – Gibran:

Visi Paslon Nomor 2. Source: prabowogibran2.id

 

Adapun untuk Misi yang akan dijalankan:

  1. Memperkuat ideologi, baik itu Pancasila, demokrasi, dan HAM. Dengan beberapa tujuan seperti Pancasila bisa menjadi relevan bagi kalangan muda, generasi milenial dan juga gen Z. Serta akan mengembalikan kemerdekaan berserikat dan berkumpul, serta kebebasan mengeluarkan pendapat.
  1. Meningkatkan system pertahanan keamanan negara. Sekaligus mendorong kemandirian negara lewat swasembada pangan, energi, air, ekonomi syariah, ekonomi digital, ekonomi hijau dan ekonomi biru.
  1. Melanjutkan pembangunan infrastruktur dan juga meningkatkan terbukanya lapangan kerja. Yang mengacu pada percepatan pemenuhan kebutuhan pokok dan juga tersedianya pekerjaan yang layak. Seperti pengembangan infrastruktur dan Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru secara berkelanjutan.
  1. Memperkuat dan mendukung SDM, sains dan teknologi, pendidikan dan juga prestasi olahraga. Termasuk dengan Kesehatan, keseteraan gender, hingga penguatan peran Perempuan, pemuda, dan juga penyandang disabilitas. Seperti membangun infrastruktur digital dan teknoiogi yang merata di Kabupaten/Kota di Indonesia. Agar tidak ada desa yang tertinggal.
  1. Melanjutkan hilirisasi dan mengembangkan industri berbasis SDA. Contoh seperti melanjutkan program biodiesel dan bio-avtur dari kelapa sawit.
  1. Mendorong pembangunan dari desa dan bawah, untuk meratakan ekonomi dan memberantas kemiskinan. Contohnya seperti meluncurkan Kartu Usaha Startup untuk pengembangan bisnis baru berbasis teknologi dan inovasi.
  1. Memperkuat reformasi politik, hukum dan birokrasi. Termasuk memberantas korupsi, narkoba dan judi, serta penyelundupan.
  1. Menyelaraskan kehidupan antara manusia dengan alam dan budaya.

 

Ilustrasi Capres dan Cawapres Nomor Urut 2. Source: prabowogibran2.id

 

Sedangkan untuk program yang diunggulkan paslon nomor 2 ini, seperti berikut:

8 Program Terbaik dari Paslon Nomor 2. Source: prabowogibran2.id

 

Perkembangan Hitung Cepat!

Sejak penghitungan hari pertama pemilu 2024, paslon nomor 2. Prabowo & Gibran unggul perolehan suara. Bahkan sampai per artikel ini ditulis, Prabowo & Gibran masih memegang posisi unggul dibandingkan paslon lainnya, baik itu secara quick count maupun real count.

Di bawah ini adalah perolehan suara berdasarkan update Quint Count sejumlah Lembaga Survei:

Perhitungan Quick Count Berdasarkan Lembaga Survei per 26 Februari 2024. Source: news.detik.com

 

Meskipun hasil Quick Count yang dilakukan Lembaga Survei ini bukan menjadi hasil resmi pemilu. Namun secara tidak langsung telah menunjukkan kepada kita bahwa Prabowo & Gibran unggul perolehan suara, di masing-masing Lembaga Survei.

Demikian pula, berdasarkan penghitungan suara yang dilakukan KPU secara nasional, juga menunjukkan bahwa Prabowo & Gibran unggul perolehan suara. Seperti berikut…

Hasil Hitung Suara Pemilu untuk Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024, data 26 Februari 2024. Source: pemilu2024.kpu.go.id

 

Dari kedua penghitungan Quick Count dan Real Count di atas, terlihat bahwa memang Prabowo & Gibran unggul perolehan suara. Akibat dari kemenangan yang diraih paslon nomor 2, dengan suara yang berasil mendominasi di berbagai daerah di Indonesia. Tentu memberi angin segar pada sejumlah emiten saham yang diduga ada kaitannya dengan program yang diusung oleh Prabwo dan Gibran.

 

Anda sedang ingin menyusun investing plan, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah informasi. Maka sekarang bisa menggunakan Monthly Investing Plan yang telah terbit!

BANNER-ARTIKEL-MIP-2024

Bagi teman-teman investor yang ingin berlangganan Monthly Investing Plan, bisa menggunakan voucher…

 

Review Saham Melesat Efek Kemenangan Suara Prabowo & Gibran Versi Quick Count

Prabowo & Gibran unggul perolehan suara secara Quick Count, bahkan di hari kedua 15 Februari 2024, penghitungan paslon nomor dua ini masih mendominasi. Akibatnya sejumlah emiten saham yang disinyalir akan terdampak positif dari program Prabowo & Gibran, mengalami kenaikan kinerja harga saham:

  • Saham Sektor Konstruksi

Sebelum pemilu 2024, saham di sektor konstruksi yang dalam beberapa tahun terakhir tidak bergairah. Tetapi, justru mendadak memiliki performa yang bangkit setidaknya dihari kedua penghitungan suara pada 15 Februari 2024 kemarin…

Hal ini sejalan dengan adanya prospek pengembangan infrastruktur dan juga ekspektasi berlanjutnya proyek IKN di Kalimantan. Seperti PTPP, ADHI, SMGR, dan INTP…

Kenaikan harga saham yang merespon kemenangan Prabowo Gibran 15 Februari 2024. Source: RTI Business

Untuk kita ketahui, PT PP (Persero) Tbk mengawali tahun 2024 ini dengan berbagai pencapaian.

    • Mulai dari perolehan kontrak baru senilai Rp3.5 triliun per akhir Januari 2024, realisasi tersebut naik 99.96% dari realisasi bulan Januari 2023. Kontrak baru didominasi oleh proyek Pemerintah senilai 90.50%, BUMN 7.76%, dan juga swasta 1.74%.
    • PTPP telah meresmikan jalan Tol Indrapura dengan nilai kontrak sebesar Rp4.3 triliun. Hal ini menambah panjang keberhasilan PTPP dalam mendukung tumbuhnya infrastruktur nasional.
    • PTPP juga telah berhasil mendapatkan 14 kontrak proyek di IKN dengan nilai sebesar Rp10.06 triliun.
    • PTPP juga telah meresmikan dua proyek di Makassar, yakni Proyek Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpadu dan juga Makassar New Port.
    • Dan juga akan memulai Pembangunan proyek Bank BNI di Pantai Indak Kapuk 2. Menggunakan konsep Green Building berkualifikasi LEED Platinum Level Pertama di Indonesia.

Hal yang sama juga dengan PT Adhi Karya Tbk (ADHI) yang mengincar sejumla proyek tol di tahun 2024 ini. Adapun proyek tol yang disasar ADHI adalah pekerjaan tol di Jabodetabek, tol di Sumatera dan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sedangkan untuk PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), dengan beberapa proyek besar:

    • Proyek utama dari IKN yang diperkirakan akan membutuhakan semen mencapai 2 juta ton. SMGR sendiri diperhitungkan akan memasok mencapai 1.4 juta ton ke IKN.
    • SMGR juga berkontribusi dalam Pembangunan Jalan Tol Sigli di Aceh. Salah satu ruas utama jalan tol Trans Sumatera dengan panjang 74.1 km, yang juga sekaligus sebagai jalan tol pertama di Provinsi Aceh. Terhitung sampai Januari 2024 kemarin, SMGR telah memasok sebanyak 236.000 ton bahan bangunan, guna mendukung Pembangunan Tol Sigli.
    • SMGR juga aktif mengadopsi EBT di seluruh area operasional di Pabrik Tuban – Jawa Timur.

Tidak berbeda jauh dengan SMGR, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) juga siap pada beberapa proyek:

    • Menyuplai kebutuhan semen untuk mendukung Pembangunan IKN, melalui Terminal Semen Samarinda yang sudah selesai direnovasi.
    • Genjot pasar ekspor untuk klinker dan juga semen kepada empat negara, yakni Brunei Darussalam, Bangladesh, Australia, dan juga Filipina. Sebagai gambaran saja, di kuartal III-2023 INTP setidaknya sudah melakukan ekspor klinker dan semen sebesar 445.000 ton, sebagai jalan keluar dari masalah oversupply semen yang masih terjadi.

 

 

  • Saham yang berkaitan dengan program hilirisasi

Keberlanjutan program hilirisasi juga menjadi salah satu fokus Prabowo & Gibran. Keduanya berkomitmen untuk memprioritaskan sebanyak 8 komoditas dari total keseluruhan 21 komoditas yang ada. Nantinya ke 8 komoditas tersebut akan masuk dalam program hilirisasi, antara lain: Mineral, Tambang Batubara, Minyak dan Gas Bumi, Perkebunan, Kehutanan, termasuk Perikanan. Adapun saham tersebut seperti saham MBMA, ADMR, ADRO

Kenaikan harga saham yang merespon kemenangan Prabowo Gibran 15 Februari 2024. Source: RTI Business

Untuk kita ketahui, bahwa saham PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) – yang merupakan anak usaha dari PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) tengah massif melakukan hilirisasi nikel. Guna mendorong rantai pasokan kendaraan Listrik (Electric Vehicle/EV). Langkah hilirisasi nikel ini diwujudkan melalui hubungan kerja sama antara MBMA dengan mitra strategisnya yakni Tsingshan, CATL dan Huayou. Kerja sama itu akan berlangsung dalam jangka panjang, dengan harapan dapat mengoptimalkan nilai portofolio asset yang berkualitas tinggi dari hulu sampai berjalannya proyek ekspansi hilir. Di mana tujuannya ialah untuk memproduksi bahan-bahan yang dapat mendukung nilai kendaraan Listrik.

Sedangkan PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) belakangan ini masih menggenjot penyelesaian proyek hilirisasi pertambangan. Seperti kita ketahui bahwa di semester I-2023 yang lalu, ADMR ini telah merealisasikan investasi senilai USD42.9 juta guna mengembangkan proyek infrastruktur pertambangan dan juga konstruksi smelter aluminium di bawah PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI). Bahkan sampai dengan saat ini, ADMR masih berkomitman untuk terus mengembangkan dan melanjutkan hilirisasi tambang perusahaan.

Begitu juga dengan PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) yang sudah terjun menggarap hilirisasi aluminium sejak tahun 2023 lalu. Rupanya ADRO juga memiliki ketertarikan pada program hilirisasi mineral dan berbagai produk turunannya. Oleh sebab itu, ADRO membuka peluang kerja sama dengan perusahaan lain, untuk menggarap hilirisasi mineral.

 

  • Sektor Consumer

Dengan program yang akan membagikan makanan dan susu gratis, tentu telah memicu kenaikan harga saham CMRY, ICBP, ULTJ…

Kenaikan harga saham yang merespon kemenangan Prabowo Gibran 15 Februari 2024

Untuk PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY) tengah fokus merilis produk baru, baik di segmen dairy dan juga consumer foods. Hal ini tentu akan menambah portofolio produk yang diproduksi oleh CMRY.

Sedangkan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), di awal tahun 2024 ini juga telah merilis produk terbarunya, sebagai hasil kolaborasi dengan dua brand terkemuka, Indomie dan Pop Mie. Produk ini hadir dalam kemasan cup dengan nama Indomie x Pop Mie Tori Miso Ramen. Dengan harapan produk terbarunya ini mampu menguasai pasar, baik itu modern maupun tradisional.

Beda hal dengan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk (ULTJ), dengan market share produk susu Ultrajaya (Ultramilk) mencapai 34.2% per September 2023. Membuat perusahaan ini masih akan fokus dan berinovasi menggenjot produk maupun pemasarannya di tahun 2024 ini.

 

Kesimpulan

Kenaikan harga saham tersebut, menjadi respon yang baik bagi investor. Meski hingga berjalannya waktu penghitungan suara selesai nanti, harga sahamnya emiten-emiten di atas bisa turun kembali. Namun kenaikan tersebut, menjadi indikator yang menarik, atas respon harga saham terhadap optimisme terpilihnya paslon nomor 2.

Melihat perolehan suara berdasarkan Quick Count dan Real Count, memang bisa dikatakan bahwa Prabowo & Gibran telah mendominasi perolehan suara sampai lebih di atas 50%. Hal ini semakin memperbesar peluang telaksananya pemilu satu putaran.

Adapun yang menegaskannya, ialah UU No.7 Tahun 2017 mengenai Pemilihan Umum, bahwa pemilihan presiden bisa diselenggarakan satu puitaran saja, apabila salah satu dari pasangan Capres dan Cawapres yang ada berhasil mendapatkan lebih dari 50% suara.

Tidak hanya itu, perolehan suara berdasarkan wilayah Provinsi juga menunjukkan hasil yang sama..

Nah kira-kira bagaimana dengan saham-saham yang memiliki afiliasi dengan paslon nomor 2 Prabowo & Gibran? Akan kita bahas di artikel terpisah ya teman-teman investor…***

 

###

 

DISCLAIMER ON:
Tulisan ini bukan rekomendasi jual dan beli. Semua data dan pendapat pada artikel adalah bersifat informasi yang mengedukasi pembaca, berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Risiko investasi berada pada tanggung jawab masing-masing investor. Do Your Own Research!

 

Temukan Artikel Analisa dan Edukasi Saham lainnya di Google News.

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel