Jacob Rothschild – Sang Legenda Finansial Global, Tutup Usia di 87 Tahun

Jacob Rothschild – Sang Legenda Finansial Global, Tutup Usia di 87 Tahun


Terakhir diperbarui Pada 28 February 2024 at 10:36 am

Jacob Rothschild, salah seorang investor terkemuka dunia. Sekaligus salah satu anggota dari keluarga perbankan Rothschild telah menutup usia di 87 tahun. Siapakah Jacob Rothschild? Bagaimana pula sepak terjangnya dan berbagai fakta mengenai dirinya?

 

Profil Jacob Rothschild

Jacob Rothschild masih termasuk keturunan dari keluarga perbankan Rothschild. Ya, keluarga ini merupakan banker yang melegendaris di dunia. Tak ayal, keluarga Rotschild ini digadang-gadang sebagai keluarga yang berpengaruh dan mampu mengendalikan hampir semua system perbankan yang ada di dunia. Hal itu membuat dirinya menjadi seorang yang terkemuka, dengan power berupa kekayaan dan kekuasaan, serta kerahasiaan.

 

Ilustrasi Keluarga Rothschild. Source: facts.net

 

Pria bernama lengkap Nathaniel Charles Jacob Rostschild ini lahir di Berkshire – Inggris pada April 1936. Mengenyam masa pendidikan di Eton College, kemudian melanjutkan studinya pada bidang Sejarah di Christ Church, Oxford. Dan tepat pada 26 Februari 2024 kemarin, ia telah tutup usia di 87 tahun.

Sosoknya dikenal sebagai seorang banker dan juga investor yang andal. Serta sebagai seorang dermawan asal Inggris.

Jacob Rothschild telah menjalankan pernikahan dengan hitungan lebih dari lima decade, dengan seorang wanita Bernama Serena yang sudah tutup usia lebih dulu di tahun 2019. Dari pernikahannya tersebut, Jacob memiliki tiga anak Perempuan, dan seorang lelaki. Bahkan ia telah memiliki beberapa orang cucu.

 

Karir

Jacob Rothschild mengawali karirnya dari bank milik keluarga – NM Rothschild & Sons. Barulah di tahun 1980, ia membangun bisnis Wealth Management Fund milik sendiri – Rothschild Investment Trust, yang kini lebih dikenal sebagai RIT Capital Partners Plc. Yang merupakan perwalian investasi yang terbilang besar di Inggris dan tercatat pada Bursa Efek London. Di sana, ia menjabat sebagai Ketua terhitung dari tahun 1988 – 2019, ia mendirikan perwakilan investasi RIT Capital Partner yang dengan posisi sebagai Ketua.

Bersamaan dengan itu, ia juga mendirikan perusahaan asset maanajemen ST James’Place Plc, yang digawangi Bersama Mark Weinberg di tahun 1980. Ia juga menduduki jabatan Deputy Chairman di BskyB Television. Kini lebih dikenal BHF Kleinwort Benson Group. Di waktu yang sama, ia juga menjadi anggota dewan Duchy of Cornwall for the then Prince of Wales.

Sepanjang karirnya Jacob Rothschild telah banyak terjun pada berbagai industri, mulai dari industri keuangan, industri pertambangan dan juga energi.

Berkat pengalaman dan pengetahuannya yang mumpuni pada industri keuangan, Jacob Rothschild begitu dihormati dalam sektor bisnis keuangan.

Sisi lain Jacob Rothschild adalah ia terbilang aktif pada pekerjaan restorasi Somercet House di London. Bahkan di tahun 2022, ia sempat mendapatkan penghargaan Order of Merit dari Ratu Elizabeth II. Lantaran Kerajaan Inggris dengan terbuka mengakui pengabdian Jacob Rothschild yang luar biasa, terutama pada bidang seni, pembelajaran dan juga sains.

Lebih dari itu, Jacob Rothschild juga diklaim sebagai seorang dengan pemikiran paling tajam di tahun 1980an. Di mana ia sempat terlibat pada beberapa kesepakatan yang penting. Seperti salah satunya tawaran senilai £13 miliar yang gagal bagi British American Tobacco di tahun 1989. Antar sesama taipan bisnis yakni Sir James Goldsmith dan juga Kerry Packer.

 

Kekayaan

Rothschild sebagai keluarga dengan historical banker yang kuat, diperhitungkan menguasai harta kekayaan sebesar £825 juta atau setara Rp16.35 triliun, data ini menyadur Sunday Times Rich List tahun 2023 lalu.

Keluarga Rotschild sendiri mengawali perannya sebagai perbankan, ketika di Frankfurt pada abad ke 18. Namun keluarga ini berpindah-pindah kota di seluruh penjuru Eropa, guna membangun kerajaan bisnis keluarga pada bidang perbankan, termasuk juga institusi keuangan Eropa.

Sejak itu, keluarga Rothscild ini banyak terlibat pada bidang keuangan dalam beberapa generasi.

Sampai di tahun 1815 bank Rothschild berhasil meraup keuntungan yang besar. Tepatnya, saat Nathan Mayer Rotschild melakukan pembelian obligasi pemerintah Inggris. Yang tujuannya untuk mengantisipasi potensi kekalahan Nepoleon di Waterloo.

 

Ilustrasi Keluarga Rothschild. Source: cnbcindonesia.com

 

Jacob Rothschild, Seorang Pribadi dengan Ambisi dan Kesuksesan Berbagai Bidang

Jacob Rothschild juga dikenal sebagai salah seorang bankir yang andal, dengan prestasi hasil investasi yang luar biasa.

Di lain sisi, ia juga dikenal sebagai seorang pejuang seni dan juga kebudayaan. Di mana ini menjadikannya, sebagai seorang pegiat seni. Ia pernah menjadi wali dari Galeri Nasional pada tahun 1985 dan juga 1991. Termasuk dengan menjadi ketua di National Lottery Heritage Fund pada tahun 1992 dan 1998. Di mana ia berperan mengawasi jalannya distribusi hibah senilai £1,.2 miliar atau setara Rp23.81 triliun, yang dipergunakan untuk warisan budaya.

pribadi yang mencintai lingkungan hidup dan teman yang menyenangkan. Namun ia juga dikenal sebagai pegawai negeri yang memiliki kesetiaan.

Tidak hanya itu, ia juga menjadi salah satu pendukung amal di Israel dan juga budaya Yahudi.

Selain andal, Jacob Rothschild juga memiliki dukungan berupa relasi-relasi yang dapat berpengaruh luas.

 

Dapatkan seluruh layanan dari RK Team secara lengkap dan harga spesial hanya untuk member RK. Yuk gabung sekarang juga menjadi Platinum Member !

Platinum-Members

Untuk berlangganan Platinum Member RK, teman-teman investor bisa menggunakan

 

Aktif dalam Kegiatan Filantropi

Kontribusinya dalam kegiatan filantropi, hampir tidak dapat dihitung karena kecintaannya. Di mana ia begitu aktif dalam mendukung beragam kegiatan amal dan bakti social, serta organisasi. Dedikasinya tersebut, rupanya berhasil menjadikan dirinya sebagai seorang filantropi yang diakui dan dikagumi.

Dalam hal filantropi ini, Jacob Rothschild juga menjadi pendukung dari Gerakan filantropis Israel dan juga Yahudi. Ia sempat menduduki posisi Presiden Yad HaNadiv di mulai dari tahun 2018 sampai sekarang ini. Dan juga menjadi Ketua terhitung dari tahun 1989 sampai 2018.

 

Kesimpulan

Kemampuan Jacob Rothschild yang mumpuni dalam industri keuangan, telah menjadi warisan yang luar biasa, terutama dalam hal membantu pembentukan professional penasihat keuangan di Inggris.

Melalui sepak terjangnya sebagai banker, Jacob Rothschild telah banyak memberi dukungan pada perusahaan seperti dana lindung nilai. Sampai pada startup teknologi berbasis ramah lingkungan.

Pengalamannya yang pernah mendudukit jabatan Eksekutif pada Lembaga keuangan yang terkemuka. Didukung pula dengan perannya yang sangat kuat. Membuat dirinya kian dikenal sebagai seorang pembentuk kebijakan bagi keuangan global dengan pengaruh besar.

Berbagai macam keterlibatannya dalam industri keuangan dan perbankan, tidak dapat terbantahkan. Terlebih lagi, ia adalah seorang yang sangat sadar akan pentingnya kekuatan pendidikan dan juga transformatifnya. Bahwa kedua hal itu mampu memberikan perubahan yang positif, dengan membentuk diri dan masyarakat lebih inklusif.

Dari tulisan singkat di atas mengenai Jacob Rothschild, makna penting apa yang teman-teman investor petik?***

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel