Cheat-Sheet-Saham

Cheat Sheet saham sebagai alat panduan investor dalam membuat keputusan berinvestasi, sekaligus menawarkan penghematan waktu ketika melakukan analisis. Namun tidak semua investor paham cara menggunakan cheat sheet, bahkan banyak yang belum tahu keuntungan dari alat bantu investor ini. Yuk temukan tentang keuntungannya, di sini!

 

Ilustrasi memperhitungkan kinerja keuangan perusahaan dari saham tertentu. Source: investorplace

 

Apa Itu Cheat Sheet Saham?

Cheat sheet saham merupakan sebuah ringkasan informasi penting yang berkaitan dengan saham, berisikan data-data kinerja dan rasio-rasio keuangan perusahaan. Termasuk dengan market cap yang dimiliki saham.

Cheat sheet saham sangat berguna bagi seorang investor saham, terutamanya dalam menganalisa kinerja keuangan dan kemampuan perusahaan di masa mendatang. Dengan menggunakan cheat sheet, investor akan lebih mudah dalam melakukan analisa dan juga lebih hemat waktu, serta efisien.

Cheat sheet saham dapat dianalogikan sebagai buku petunjuk yang membedah setiap cara penggunaan sebuah produk. Didalamnya berisikan informasi penting tentang spesifikasi produk, cara penggunaan, perawatan produk hingga troubleshooting. Dengan membaca  buku petunjuk ini diharapkan pengguna dapat lebih mudah dalam menggunakan produk dengan cara yang benar dan dapat meminimalisir potensi kerusakan. Sehingga produk dapat lebih awet dan digunakan dalam jangka panjang.

Begitu pula dengan cheat sheet saham, yang berisi informasi penting mengenai saham-saham. Harapannya, dengan menggunakan cheat sheet saham, maka investor dapat memiliki pemahaman yang baik mengenai kinerja keuangan yang dimiliki saham tertentu. Di mana hal ini akan sangat menentukan keputusan investasi menjadi lebih akurat dan terukur.

Adapun isi yang terdapat dalam cheat sheet saham antara lain:

  • Kinerja keuangan, mulai dari profitabilitas, neraca keuangan, hingga arus kas perusahaan. Termasuk persediaan kas yang dimiliki perusahaan.
  • Pengelompokkan kategori berdasarkan sektor dan sub sektor.
  • Menunjukkan jumlah saham beredar di publik dari setiap emiten.
  • Rasio-rasio keuangan seperti net profit margin (NPM), gross profit margin (GPM), operating profit margin (OPM), Liquidity Ratio (LR), Cash Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Net Gearing Ratio (NGR), dan lain-lainnya.
  • Rasio-rasio saham seperti Earnings per Share (EPS), Price to Earning Ratio (PER), Price to Earning Growth Ratio (PEG), Book Value (BV), Price to Book Value (PBV), dan lain-lainnya. analisis fundamental, dan analisis teknikal.

 

Ada lebih dari 800 emiten yang terdaftar di BEI, untuk mempermudah memantau kinerja laporan keuangan dan rasio-rasionya, maka bisa memanfaatkan Cheat Sheet yang telah terbit!BANNER-ARTIKEL-CHEATSHEET-2024

Bagi teman-teman investor yang ingin berlangganan Cheat Sheet, bisa menggunakan voucher di bawah ini.

 

 

Keuntungan Memiliki Cheat Sheet Saham

 Ada beberapa keuntungan memiliki cheat sheet saham, antara lain:

  • Meningkatkan efisiensi waktu

Cheat sheet saham dapat membantu investor untuk mengakses informasi penting dengan cepat dan mudah, tanpa perlu membedah laporan keuangan dan tidak perlu mencari informasi dari berbagai sumber. Hal ini karena semua informasi yang dibutuhkan sudah tersaji dalam satu tempat, yakni cheat sheet saham.

  • Meningkatkan akurasi pengambilan keputusan

Cheat sheet saham dapat membantu investor untuk membuat keputusan investasi yang lebih akurat dan terukur. Lantaran investor dapat lebih mudah membandingkan kinerja dari setiap saham yang dinilai potensial dan bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang saham.

  • Meningkatkan pemahaman terhadap saham yang akan diinvestasikan

Cheat sheet saham dapat membantu investor untuk memahami saham dengan lebih baik. Investor dapat mempelajari informasi penting tentang saham, seperti kinerja keuangan, baik dari sisi rasio keuangan maupun saham.

 

Komponen Utama Cheat Sheet Saham

Cheat sheet saham biasanya terdiri dari beberapa komponen utama, antara lain:

  • Informasi umum

Berisikan informasi yang bersifat umum, mulai dari nama perusahaan, kode saham, sektor industri, dan lainnya.

  • Kinerja keuangan

Pada komponen ini informasi yang disajikan ialah data-data kinerja keuangan perusahaan, yang antara lain laba bersih, pendapatan, arus kas dan seterusnya.

  • Analisis fundamental

Komponen berikutnya adalah informasi analisis fundamental dari saham perusahaan yang terdiri dari nilai intrinsik dan faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham.

  • Analisis teknikal

Informasi tentang analisis teknikal perusahaan, seperti tren harga dan indikator teknikal.

 

Mengenal-Rasio-Fundamental-ROA-dan-ROE

[Baca lagi: Mengenal Rasio Fundamental: ROA dan ROE]

 

Sumber Data untuk Cheat Sheet Saham

 Ada beberapa sumber data yang dibutuhkan dalam melengkapi cheat sheet saham, antara lain:

  • Laporan keuangan perusahaan

Laporan keuangan perusahaan dapat diperoleh dari situs web perusahaan atau dari Bursa Efek Indonesia (BEI) pada laman idx.co.id, bahkan data-data yang dikeluarkan oleh perusahaan sekuritas.

  • Analisis fundamental

Analisis fundamental dapat diperoleh dari laporan kinerja keuangan yang biasa dirilis perusahaan, baik itu kuartal I, kuartal II, kuartal III, hingga kuartal IV. Pastikan analisis fundamental ini telah mencakup kinerja profitabilitas, neraca keuangan, dan arus kas perusahaan.

  • Analisis teknikal

Analisis teknikal dapat diperoleh melalui aplikasi online dari sekuritas maupun website analisis teknikal.

Jadi sebenarnya, cheat sheet saham dapat disusun sendiri oleh investor dengan menggunakan sumber-sumber yang terpercaya, seperti idx.co.id. Selain itu, jika cheat sheet saham dibuat sendiri oleh investor, maka sangat penting memastikan bahwa investor benar-benar paham mengenai informasi yang diterima. Tentunya informasi yang digunakan juga harus akurat dan up-to-date dengan perkembangan saat ini.

 

Langkah-Langkah Membuat Cheat Sheet Saham

Berikut adalah langkah-langkah membuat cheat sheet saham:

  1. Pilih saham yang ingin
  2. Kumpulkan informasi tentang saham
  3. Siapkan format cheat
  4. Masukkan informasi ke dalam cheat
  5. Periksa kembali cheat

 

Masalah yang Dihadapi Ketika Membuat Cheat Sheet Saham Sendiri

 Ada beberapa masalah yang potensial dihadapi investor, ketika membuat cheat sheet saham sendiri, antara lain:

  • Kurang waktu

Membuat cheat sheet saham membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit.

  • Pengetahuan yang terbatas

Setiap investor memiliki keterbatasan pengetahuan mengenai setiap saham yuang terdapat di bursa. Sementara untuk membuat cheat sheet saham dibutuhkan pengetahuan yang cukup tentang saham, agar cheat sheet dapat lebih akurat.

  • Dibutuhkan konsistensi yang tinggi

Investor harus konsisten memperbarui cheat sheet agar informasinya tetap akurat. Konsistensi ini hanya dapat dilakukan oleh mereka yang memutuskan diri untuk menjadi fulltime investor.

 

Alasan Pentingnya Cheat Sheet Saham bagi Investor

Sebagai seorang investor, kenapa perlu membuat cheat sheet saham? Jawabannya, karena cheat sheet saham dapat digunakan oleh investor untuk menganalisa kinerja saham dan membantu dalam pengambilan keputusan investasi.

Namun terlepas dari dua hal tersebut, ada beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan seorang investor terhadap penggunaan cheat sheet saham, antara lain:

  • Meningkatkan pemahaman terhadap kinerja saham

Cheat sheet saham dapat membantu investor untuk memahami kinerja masing-masing saham dengan lebih baik. Lantaran investor dapat mempelajari setiap indikator saham secara mendetail.

  • Menurunkan potensi risiko

Cheat sheet saham juga dapat membantu investor untuk menurunkan potensi risiko investasi. Hal ini karena cheat sheet saham dapat digunakan untuk mengidentifikasi saham-saham yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan sehat.

  • Mengetahui nilai intrinsik saham dengan mudah

Cheat sheet saham akan mempermudah investor dalam mengetahui nilai intrinsik dari suatu saham dengan mudah.

 

Cheat Sheet Saham dari Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan sebagai salah satu value investor terkemuka di pasar saham Indonesia, juga merilis produk Cheat Sheet yang menjadi salah satu andalan dalam melayani para RK Member.

Cheat Sheet saham yang ditawarkan oleh Rivan Kurniawan merupakan satu kesatuan data yang lengkap sebagai acuan berinvestasi saham. Di bawah ini adalah gambaran isi dari Cheat Sheet saham Rivan Kurniawan…

Isi Cheat Sheet Rivan Kurniawan. Source: rivankurniawan.com

Data-data yang tercantum dalam tabel, dituangkan ke dalam angka dan grafik yang akan mempermudah teman-teman investor dalam RK Member untuk membaca maupun menggunakan Cheat Sheet saham.

Produk Cheat Sheet ini bisa diperoleh dengan mudah melalui website resmi rivankurniawan.com, dengan cara pembelian per produk maupun dengan mendaftarkan diri menjadi RK Platinum Member.

 

 

Studi Kasus: Cheat Sheet Saham dari Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan adalah seorang investor dan penulis saham yang memiliki produk cheat sheet saham yang telah diakui. Cheat sheet saham dari Rivan Kurniawan berisi informasi yang lengkap untuk sekitar 950an saham-saham tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Berikut adalah testimoni dari penggunaan Cheat sheet saham yang dimiliki  Rivan Kurniawan:

 

Kesimpulan

Cheat sheet saham adalah alat yang berguna bagi investor untuk membantu dalam pengambilan keputusan investasi. Dengan penggunaan cheat sheet yang benar, maka investor dapat meningkatkan efisiensi waktu, pengambilan keputusan yang akurat, pemahaman, dan menurunkan potensi risiko.

Seluruh data yang digunakan dalam Cheat Sheet saham diperoleh dari sumber-sumber yang valid, seperti idx.co.id maupun website resmi dari perusahaan yang sudah listing di BEI. Hal ini secara tidak langsung sudah menjamin keakuratan data, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Namun jika teman-teman investor memutuskan untuk membuat cheat sheet saham secara pribadi, maka pastikan cheat sheet yang dibuat diisi oleh informasi yang lengkap dan akurat, dibuat dengan format yang mudah dipahami, dan selalu perbarui cheat sheet secara berkala agar informasinya tetap up-to-date. Semoga sukses dalam berinvestasi saham!***

 

###

 

DISCLAIMER ON:
Tulisan ini bukan rekomendasi jual dan beli. Semua data dan pendapat pada artikel adalah bersifat informasi yang mengedukasi pembaca, berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Risiko investasi berada pada tanggung jawab masing-masing investor. Do Your Own Research!

 

Temukan Artikel Analisa dan Edukasi Saham lainnya di Google News.

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

reCaptcha v3
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *