Cara-Cari-Saham-Cuan-ala-RK

Terakhir diperbarui Pada 3 Oktober 2024 at 11:31 am

“Ko, saham apa sih yang bagus di investasikan? Saham untuk 5 tahun ke depan apa Ko? Ko saham yang potensi multibagger apa ya?”

Banyak banget yang nanya pertanyaan serupa, padahal untuk memilih saham itu tidak gampang dengan penjelasan beberapa kata doang. Karena sebenarnya, memilih saham itu dapat dikatakan susah-susah gampang!

Oleh karena itu, lebih baik saya beritahu saja cara agar bisa profit di pasar saham, ibarat diajarin mancing ikan biar dapet ikan. Tentu akan lebih baik, daripada hanya di kasih ikan.

Tujuannya jelas, supaya teman-teman investor juga tahu cara mancing ikan yang enak, atau kolam yang enak di pancing, dan/atau seberapa banyak pakan yang dipakai untuk bahan memancing.

Nah apa sih yang saya biasa lakukan untuk bisa cuan di pasar saham? Yuk langsung aja kita bahas..

  • Gimana Perekonomian US

Alasan kenapa dilihat perekonomian US? Karena US ini pusat ekonomi dunia yang kebijakannya akan mempengaruhi kondisi ekonomi suatu negara.

  •  Kondisi Iklim Investasi di Indonesia

Iklim investasi di Indonesia juga penting banget, karena uang pindah, dari satu tempat ke tempat lainnya yang memiliki potensi keuntungan. Jika iklim di Indonesia tidak baik, maka investor lebih baik berinvestasi di tempat lainnya.

  • Sektor Berpotensi dan Punya Growth Story

Tadi kan kita udah lihat kondisi US dan juga iklim investasi, baru kita pilih sektor favorablenya. Kenapa sektornya dulu? Karena kalau lihat sahamnya dulu bagus, tapi sektornya tidak memiliki potensial di tahun tersebut atau yang akan mendatang. Ditakutkan justru sahamnya tidak naik atau justru mengalami penurunan kalau sektornya kurang diminati.

  • Pemilihan Saham

Pemilihan saham ini juga tidak bisa sembarangan, misalnya: Managementnya benar atau tidak dalam ngurus operasional perusahaan? Apa management peduli dengan investor? Bagaimana strategi ke depannya bagus untuk perusahaan? Apakah ada afiliasi yang merugikan perusahaan? Dan lain sebagainya.

Setelah kita tau GCGnya, baru kita liat fundamental dari saham tersebut gimana tingkat utang, seberapa besar profitabilitasnya, apakah perusahaan masih dapat bertumbuh dan lain sebagainya.

  • Portofolio Strategy

Portofolio strategy merupakan aspek yang sering diremehkan, tetapi ternyata penting. Gimana mau cuan, kalau strategy portofolionya sudah salah atau berantakan, yang akhirnya susah untuk make profit. So strategi harus benar.

 

**Please subscribe, untuk bisa mendapatkan video-video terbaru RK..
1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

reCaptcha v3
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *