Company Profile PT Puradelta Lestari Tbk – DMAS

Company Profile PT Puradelta Lestari Tbk – DMAS


Terakhir diperbarui Pada 21 November 2023 at 12:06 pm

PT Puradelta Lestari Tbk (sticker code: DMAS), berdiri pada November 1993 sebagai perusahaan investasi lokal. Kemudian di tahun 1996, berubah status menjadi perusahaan investasi modal asing dan masuknya Sojitz Corporation yang mengambil alih saham DMAS sebesar 25.00%.

 

Pengembangan Kota Deltamas

Untuk pertama kali di tahun 2022, PT Puradelta Lestari Tbk meluncurkan pembangunan perumahan di Kota Deltamas sebagai kawasan terpadu yang berlokasi di Cikarang Pusat, Bekasi – Jawa Barat. Area Kota Deltamas ini memiliki luas area pengembangan mencapai sekitar ±3.200 hektar. Pembangunan ini, terus dilanjutkan dengan proses relokasi pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi ke Kota Deltamas yang dilakukan pada tahun 2004.

Source: Public Expose DMAS 2022

 

Pengembangan Greenland Batavia

Termasuk dengan memulai pembangunan area industri ringan, yakni Greenland Batavia. Sampai di tahun 2008, perusahaan memulai pengerjaan lahan kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC) Zona A. Lalu tahun 2013, perusahaan melanjutkan pengerjaan lahan kawasan industri GIIC zona C. Di tahun 2014, pengembangan GIIC masih terus berlangsung pada zona B, dan zona D. Sehingga kawasan industri GIIC ini resmi ditetapkan menjadi Objek Vital Nasional Bidang Industri.

Source: Public Expose DMAS 2022

 

Listing PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) dan Berbagai Perkembangan

Berkat pengembangan lahan yang terus tumbuh, PT Puradelta Lestari Tbk memutuskan untuk melantai di BEI, melalui Penawaran Umum Perdana dan Pencatatan Saham pada Mei 2015. Sejak itu, PT Puradelta Lestari Tbk memfokuskan kegiatan bisnis pada pengembangan kawasan industri, yang juga didukung oleh pengembangan kawasan perumahan dan komersial.

Selang satu tahun listing, di tahun 2016 PT Puradelta Lestari Tbk melakukan peluncuran produk apartemen sewa pertama di Kota Deltamas. Kemudian di tahun 2021, perusahaan kembali melakukan pengembangan kawasan industri GIIC Zona E.

Hingga di tahun 2022, perusahaan melakukan peningkatan inisiatif energi baru terbarukan (EBT) dan kendaraan listrik di seluruh operasional perusahaan.

Source: Public Expose DMAS 2022

 

PT Puradelta Lestari Tbk berhasil menunjukkan eksistensinya, sebagai pengembang kawasan terpadu Kota Deltamas, sehingga menjadi kawasan bernilai tinggi di timur Jakarta dengan lokasi yang strategis. Lokasi perusahaan berada di sentra episentrum zona industri sepanjang Jalan tol Jakarta – Cikampek, dan sangat dekat dengan pabrik otomotif dan perakitan otomotif yang terkonsentrasi di Koridor Jakarta – Cikampek.

Tidak hanya itu, pengembangan juga semakin mumpuni berkat cadangan lahan yang luas, akses tol langsung, serta fasilitas dan infrastruktur yang sangat memadai.

PT Puradelta Lestari Tbk terus mengembangkan infrastruktur kelas dunia yang mendukung self-sustained integrated township, terdiri atas area industri, hunian, dan komersial serta mengembangkan fasilitas-fasilitas yang menjamin standar hidup pekerja di kawasan industri, baik bagi penghuni maupun untuk masyarakat di sekitarnya.

Beragam fasilitas baru terus bermunculan di kawasan tersebut, mulai dari institusi pendidikan, apartemen sewa, dan rencana pembangunan pusat komersial di Kota Deltamas. Didukung juga oleh pengelolaan kota yang baik, termasuk jaminan keamanan, kebersihan, dan kenyamanan, serta tata kota yang komprehensif.

 

Pemegang Saham DMAS

Hingga per artikel ini ditulis, Pemegang saham mayoritas dan pengendali dari PT Puradelta Lestari Tbk. adalah PT Sumber Arusmulia (57.28%), yang merupakan bagian dari Sinar Mas Land, pengembang terkemuka di Indonesia. Dan Sojitz Corporation (25.00%), perusahaan general trading dari Jepang dengan jaringan di lebih dari 50 negara di dunia. Serta dimiliki oleh publik (17.72%)…

Informasi Perusahaan. Source: Laporan Tahunan DMAS 2022

Dari kepemilikan saham atas di atas, terlihat bahwa perkembangan yang dimiliki PT Puradelta Lestari Tbk tidak lepas dari sinergi penuh dari para pemegang saham utama, Sinarmas Land dan Sojitz Corporation.

Sinarmas Land – sebagai salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia dengan berbagai proyek properti. Sedangkan Sojitz Corporation – merupakan konglomerat Jepang yang memiliki reputasi baik. Sojitz memiliki jaringan global lebih dari 500 grup perusahaan, yang beroperasi di lebih dari 50 negara.***

 

###

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Komentar

Artikel Lainnya

Youtube Update

Our Social Media

Arsip Artikel