Peran-Penasihat-Investasi

Peran Penasihat investasi sangat penting, terutamanya bagi para investor yang membutuhkan navigasi untuk menjaga pertumbuhan asset investasi maupun keuangannya. Dilihat dari keberadaannya, Penasihat Investasi lebih dari sekedar mengelola Perencanaan Keuangan, melainkan juga untuk membantu merencanakan dan menyusun pengelolaan portofolio investasi. Lantas bagaimana peran yang dijalankan Penasihat Investasi dalam membantu mengelola portofolio investasi?

 

RK Investment Advisory adalah layanan investment advisory yang dirancang khusus untuk membantu Anda mencapai tujuan finansial dengan lebih efektif!

RK Advisory

 

Peran Penasihat Investasi dalam Pengelolaan Portofolio Investasi

Peran Penasihat investasi bukan hanya memastikan bahwa portofolio investasi dikelola dengan cara professional. Namun lebih dari itu, Penasihat Investasi juga akan membantu investor dalam memantau jual dan beli asset keuangan. Di mana tujuannya, agar portofolio sesuai dengan profil risiko investasi dan tetap sejalan pada tujuan investasi yang diinginkan.

Di bawah ini adalah beberapa peran Penasihat Investasi dalam mengelola portofolio investasi:

  • Menganalisis Apa yang Menjadi Tujuan Keuangan Investor

Sebelum mengelola portofolio investasi, Penasihat Investasi akan terlebih dulu mempelajari dan memahami apa yang menjadi tujuan keuangan investor. Misalnya untuk mendapatkan imbal hasil dalam jangka panjang maupun untuk persiapan dana pensiun.

Dalam memahami tujuan keuangan investor, Penasihat Investasi ini akan melakukan identifikasi profil risiko yang dimiliki investor. Apakah termasuk pada profil risiko konservatif, atau moderat, bahkan agresif.

Analisis berikutnya, yang akan dilakukan Penasihat Investasi ialah melakukan penyesuaian portofolio investasi agar sejalan pada toleransi risiko investor. Tentunya analisis ini dilakukan agar dapat membantu investor terhindar dari berbagai risiko kerugian yang besar. Sekaligus untuk memaksimalkan potensi imbal hasil yang akan diperoleh investor di masa mendatang.

 

  • Merencanakan Diversifikasi Portofolio Investasi

Diversifikasi sebagai kunci utama dalam meminimalisir potensi risiko, turut menjadi bagian terpenting dari peran Pensihat Investasi dalam memberi arahan. Dalam hal ini, Penasihat Investasi akan membantu proses pemilihan dan penyusunan portofolio yang terdiversifikasi. Dengan cara memecah alokasi investasi pada berbagai asset, seperti halnya saham, reksa dana, obligasi, dan asset keuangan lainnya. Diversifikasi portofolio ini akan meminimalisir risiko yang terkonsentrasi dan terutamanya dalam menghadapi volatilitas pasar.

 

  • Membantu Menyesuaikan Portofolio dengan Situasi Market

Market bersifat dinamis dan penuh ketidakpastian, di sinilah peran Penasihat Investasi sangat dibutuhkan oleh para investor. Di mana Penasihat Investasi akan membantu investor dalam memantau situasi market, untuk kemudian me-rebalancing portofolio yang dilakukan secara berkala.

Tujuannya jelas, yakni memastikan bahwa alokasi asset milik investor akan tetap sesuai pada tujuan investasi dan dapat mengimbangi situasi market.

 

  • Memberi Akses Langsung pada Hasil Riset maupun Analisis Pasar

Peran Penasihat Investasi lainnya adalah memberi akses langsung kepada investor terhadap hasil riset maupun analisis pasar, seperti data-data analitik hingga informasi yang berkaitan dengan up-to-date perekonomian. Di mana mungkin tidak seluruh investor memiliki akses pada data-data riset maupun analisis pasar.

Melalui riset maupun analisis pasar tersebut, Penasihat Investasi memanfaatkannya untuk melakukan identifikasi peluang yang ada di pasar. Sekaligus untuk memudahkan pembuatan keputusan investasi yang didasarkan pada data-data yang solid dan terkini.

 

  • Memudahkan Pengelolaan Manajemen Risiko

Pengelolaan manajemen risiko termasuk aspek terpenting dalam mengelola portofolio investasi. Dalam hal manajemen risiko ini, Penasihat Investasi akan memanfaatkan berbagai teknik, mulai dari hedging hingga pengalokasian asset secara strategis.

Di mana tujuannya, adalah agar dapat memitigasi dan menjaga tingkat risiko, terutama risiko volatilitas pasar, ketidakpastian ekonomi, maupun perubahan kebijakan suku bunga.

Ingin menyusun investing plan, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah informasi. Segera manfaatkan Monthly Investing Plan yang telah terbit!

BANNER-ARTIKEL-MIP-2024

Bagi teman-teman investor yang ingin berlangganan Monthly Investing Plan, bisa menggunakan voucher…

 

  • Membantu Menyesuaikan Portofolio dengan Kondisi Keuangan Investor

Peran Penasihat Investasi yang tidak kalah penting adalah turut membantu melakukan penyesuaian portofolio investasi, dengan kondisi keuangan yang dimiliki investor. Penyesuaian berdasarkan keuangan investor ini penting dilakukan, mengingat ada banyak risiko perubahan seperti besaran pendapatan atau kebutuhan dararut. Termasuk risiko berubahnya kondisi keuangan yang berkaitan dengan rencana menikah atau bahkan kelahiran anak.

Untuk itu, Penasihat Investasi juga akan melakukan penyesuaian portofolio berdasarkan kondisi keuangan yang ada. Guna memastikan bahwa portofolio investasi masih akan selaras dengan kondisi keuangan yang ada, sehingga investasi dapat berjalan dengan baik dan sehat.

 

  • Memberikan Pendampingan Secara Personal

Peran Penasihat Investasi lainnya ialah sebagai mentor yang memberi pendampingan secara personal kepada investor, yang menjadi kliennya. Mulai dari memberi pemahaman dan arahan secara langsung kepada investor, mendampingi dan memberikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan investor. Yang pada gilirannya bertujuan untuk melindungi investor agar tidak salah langkah.

 

  • Memberi Edukasi pada Investor

Peran Penasihat Investasi yang lainnya, ialah mengedukasi investor atas berbagai perkembangan pasar dan membantu investor untuk lebih paham prinsip dasar investasi. Guna memastikan bahwa kliennya memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam perjalanan berinvestasi di market.

Umumnya edukasi yang disampaikan Penasihat Investasi mulai dari pengetahuan basic, meliputi cara pasar saham bekerja, cara membaca dan membedah laporan keuangan, memahami rasio-rasio keuangan perusahaan, cara menerapkan strategi diversifikasi, dan lain sebagainya.

 

  • Menetapkan Rencana Jangka Panjang

Penasihat Investasi juga memiliki peran penting dalam penetapan rencana investasi jangka panjang. Dalam hal ini, Penasihat Investasi akan membantu target investasi jangka panjang dapat tercapai. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan hidup setelah masa pensiun tiba, menjamin kelangsungan Pendidikan anak-anak, hingga rencana mewariskan asset lintas generasi.

 

  • Mengoptimalisasi Pembayaran Pajak Investasi

Dalam menjalankan perannya, beberapa Penasihat Investasi yang kompeten juga akan membantu investor dalam mengoptimalisasikan pembayaran pajak investasi. Optimalisasi pajak investasi ini merupakan proses pengurangan jumlah pajak yang harus dibayarkan investor, dengan mengikuti aturan sah yang telah ditetapkan Pemerintah.

Dalam hal ini beberapa cara yang akan disarankan Penasihat Investasi, salah satunya memakai strategi yang dinamakan tax-loss harvesting atau berarti memanfaatkan akun investasi yang telah diuntungkan pajak.

 

Value-Investing-Menjadi-Kaya-Sambil-Tidur

[Baca lagi: Value Investing – Menjadi Kaya Sambil Tidur]

 

Kesimpulan

Peran Penasihat Investasi dalam mengelola portofolio investasi sangatlah penting. Perannya bukan hanya untuk memastikan bahwa portofolio investasi sesuai dengan profil risiko investor dan tetap selaras pada tujuan keuangan yang diinginkan. Melainkan juga memastikan bahwa portofolio masih akan sesuai dengan situasi market yang ada.

Terlebih lagi peran Penasihat Investasi memiliki add value yang tidak dimiliki investor individu, yakni kemampuan dalam manajemen risiko investasi, rebalancing portofolio sesuai dengan situasi market dan juga keuangan yang dimiliki investor. Termasuk akses langsung yang dimiliki Penasihat Investasi pada berbagai kebutuhan riset maupun analisis data-data pasar. Tentunya akses tersebut tidak dimiliki oleh investor yang berjalan sendiri tanpa pendampingan Penasihat Investasi.

Dengan peran Penasihat Investasi yang telah dijabarkan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara psikologis Penasihat Investasi dapat memberi rasa tenang kepada para investor yang menjadi klien, dalam menghadapi volatilitas pasar dan berbagai situasi yang tidak pasti lainnya. Tidak hanya itu, investor juga cenderung akan memiliki keyakinan dan rasa percaya diri yang tinggi, bahwa portofolio investasi mereka dikelola oleh Penasihat Investasi menggunakan pendekatan yang strategis dan fokus pada tujuan jangka panjang.

Nah, bagaimana dengan teman-teman investor sendiri apakah sudah memutuskan untuk menggunakan jasa Penasihat Investasi. Kalau ya, langsung kunjungi layanan RK Advisory ya!***

 

###

 

DISCLAIMER ON:
Tulisan ini bukan rekomendasi jual dan beli. Semua data dan pendapat pada artikel adalah bersifat informasi yang mengedukasi pembaca, berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Risiko investasi berada pada tanggung jawab masing-masing investor. Do Your Own Research!

 

Temukan Artikel Analisa dan Edukasi Saham lainnya di Google News.

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

reCaptcha v3
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *