Cara-Melihat-Kepemilikan-Saham-di-KSEI

Terakhir diperbarui Pada 19 Agustus 2024 at 10:39 am

Apakah itu KSEI? Mungkin kalian sudah bertahun-tahun di dunia saham tapi kurang familiar dengan KSEI? Tenang, hal itu wajar kok! Karena memang kita sebagai investor lebih tertarik pada kinerja harga saham dan fundamental perusahaan, dibandingkan melihat fungsi regulasi dibalik KSEI. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai fungsi KSEI. Yuk simak!

 

Pengertian KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)

Kustodian Sentral Efek Indonesia atau biasa disingkat dengan KSEI adalah suatu Lembaga regulator mandiri yang didirikan pada Desember 1997 di Jakarta. Dalam operasionalnya, KSEI telah mendapatkan izin dari pemerintah sebagai Lembaga penyimpanan efek dan settlement surat berharga.

 

 

Historical KSEI

  • Sekitar satu tahun dari pendiriannya, tepat di November 1998 KSEI menerima izin usaha. Dalam kegiatannya, KSEI adalah salah satu Self Regulatory Organization atau SRO yang dijalankan bersama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), beserta PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).
  • Berikutnya di Januari 1998, KSEI menjalankan aktivitas penyelesaian transaksi Efek Indonesia atau KDEI, yang menjalankan peran sebagai Lembaga Kliring Penyimpanan dan juga Penyelesaian atau LKPP.
  • Kemudian di tahun 2000, KSEI dan SRO lainnya mulai menerapkan transaksi perdagangan dan juga penyelesaian Efek tanpa warkat atau scripless trading, yang didukung dengan sistem utama The Central Depository and Book Entry Settlement System atau C-BEST milik KSEI.
  • Dengan perkembangan yang ada di Agustus 2018, KSEI kemudian mengembangkan sistem C-BEST lewat generasi baru C-BEST Next Generation atau Next-G. Di mana tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan investor yang juga diwujudkan melalui kewajiban investor memiliki Single Investor Identification atau SID yang dirilis tahun 2012.
  • Di tahun 2016, KSEI mulai mengimplementasikan sistem pengelolaan Investasi terpadu atau S-INVEST sebagai platform terintegrasi dalam pengelolaan Investasi. S-INVEST ini berhasil mengantar KSEI mendapatkan penghargaan The Best Central Securities Depository in Southeast Asia di tahun 2016, berdasarkan versi Alpha Southeast Asia Magazine. Capaian ini juga yang kemudian menobatkan Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mempunyai sistem pengelolaan investasi terpadu.

 

Layanan-Layanan dari KSEI

Dalam menjalankan bisnisnya KSEI memiliki beberapa layanan yang dapat digunakan oleh para investor antara lain:

  • C-BEST The Central Depository and Book Entry Settlement System

Sistem ini diluncurkan pada tahun 2000, ketika penerapan perdagangan saham tanpa warkat atau scripless diterapkan. C-Best merupakan platform elektronik terpadu yang berfungsi melakukan settlement atau penyelesaian transaksi.

Saat ini C-Best sudah menerapkan teknologi terbaru yang dikenal dengan C-Best Next Gen, pembaharuan C-Best dilakukan seiring dengan semakin banyaknya jumlah investor yang melakukan transaksi setiap harinya

  • Jasa Pengelolaan Aset

Pengelolaan asset yang dimaksud adalah KSEI memberikan informasi kepada para investor untuk melakukan monitoring efek yang disimpan oleh investor melalui KSEI Akses. Pemberian informasi tersebut juga meliputi perubahan data pemegang rekening, penutupan pembukaan rekening hingga pemblokiran rekening-rekening yang tidak aktif.

  • Jasa Penyimpanan Rekening Efek (Kustodian)

KSEI dalam fungsinya mengelola jasa kustodian dengan cakupan seluruh nasabah yang menggunakan layanan BEI. Beberapa cakupan dalam penyimpanan rekening efek antara lain: Deposit efek, Penarikan efek, Rekonsiliasi efek.

  • Jasa Aksi Korporasi

Barangkali selama ini kita aktif mengikuti aksi korporasi dari berbagai saham pegangan. Sayangnya, masih sedikit dari kita yang mengetahui peranan KSEI dalam jasa aksi korporasi.

Jadi KSEI ini memiliki fungsi yang dapat membantu sebuah emiten untuk melaksanakan aksi korporasi, mulai dari melakukan pembayaran bunga obligasi, pembayaran pokok korporasi, pembagian dividend (tunai atau saham), pembagian saham bonus. Termasuk untuk membantu emiten dalam melakukan right issue melalui distribusi Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) dan melakukan distribusi warrant.

  • Jasa Penyedia Infrastrukur Investasi

Selain layanan jasa kustodian dan settlement transaksi, fungsi KSEI selanjutnya adalah menyediakan platform dengan multi asset class yang terdapat pada system jasa S-Invest.

System jasa S-Invest ini berfungsi untuk produk reksadana yang dapat berfungsi sebagai pendaftaran produk reksadana dan investasi lainnya yang disampaikan kepada bank kustodian. S-Invest saat ini merupakan system yang banyak dipakai oleh para manajer investasi yang mengelola reksa dana.

  • Jasa Lainnya

Selain beberapa jasa di atas, KSEI juga memberikan layanan lainnya seperti:

    • IPO

Pada saat penawaran perdana saham, KSEI akan memberikan daftar pemegang rekening kepada calon investor yang baru akan berinvestasi saham pada saat IPO perdana.

    • Tender Offer

KSEI juga akan membantu emiten yang akan melakukan tender offer sahamnya kepada pihak lain.

 

 

Cara Melihat Kepemilikan Saham di KSEI

Salah satu fitur yang dapat kita manfaatkan dari KSEI adalah melihat kepemilikian saham melalui KSEI. Pertanyaannya, mengapa fitur ini penting? Bagi kita yang memiliki saham dan surat berharga di banyak sekuritas, maka fitur ini menjadi sangat diperlukan, agar kita dapat dengan mudah melakukan konsolidasi data. Yang pada gilirannya kita dapat mengetahui seberapa besar asset yang kita miliki pada surat berharga baik itu saham, reksa dana maupun obligasi.

Berikut ini cara melihat kepemilikan saham di KSEI:

  1. Pendaftaran

Bagi teman-teman investor yang baru akan memulai investasi di pasar saham maupun reksa dana, wajib mendaftarkan diri pada situs KSEI melalui https://akses.ksei.co.id/. Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftar KSEI:

    • Klik tombol daftar pada homepage KSEI

    • Selanjutnya, akan muncul laman registrasi yang harus teman-teman isi. Pada laman ini, teman-teman sebagai investor ritel dapat memilih individu lokal.

    • Isi data diri yang sesuai

    • Lakukan aktivasi pada website KSEI

Jika sudah, segera lakukan konfirmasi pada email yang telah teman-teman investor cantumkan pada form registrasi tadi.

Selanjutnya teman-teman investor dapat langsung login di aplikasi KSEI dengan memasukan username dan password. Namun, jika sudah berinvestasi di pasar saham, maka biasanya dapat langsung login untuk melihat portfolio investasi yang kalian miliki.

  1. Akses menu Portfolioku

Jika kamu sudah berhasil login pada aplikasi KSEI maka langkah selanjutnya adalah mengakses menu portfolioku. Dalam menu portfolioku ini, teman-teman investor dapat melihat saldo, mutasi, aksi korporasi, informasi perdagangan dan informasi settlement transaksi.

  1. Pilih Saldo

Pada menu saldo teman-teman investor akan mendapatkan data portfolio investasi kalian dari berbagai macam asset yang kalian miliki. Mulai dari saham, reksa dana, obligasi dan asset lainnya.

Untuk melihat jumlah portfolio secara keseluruhan, maka teman-teman investor dapat memilih Ekuitas. Kemudian teman-teman investor dapat memilih salah satu jenis instrumen investasi yang ingin dilihat. Misalnya reksa dana hanya untuk mengetahui jumlah portfolio reksadana; Memilih saham ya untuk melihat jumlah saham yang dimiliki; Dan memilih obligasi untuk mengetahui jumlah obligasi yang kalian miliki.

 

Nikmati tools Cheat Sheet yang bisa bantu analisa laporan keuangan secara lebih cepat dan lengkap dengan Intrinsic Value Calculator untuk tahu nilai intrinsik dari saham tertentu! Yuk buruan!

 

Kesimpulan

KSEI adalah kepanjangan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia yang merupakan Lembaga regulator mandiri yang didirikan pada Desember 1997 di Jakarta, sebagai Lembaga penyimpanan efek dan settlement surat berharga.

KSEI memegang peranan dalam memajukan dan mengembangkan Pasar Modal Indonesia, yang turut didukung oleh para pemegang saham mulai dari: SRO yang terdiri dari BEI dan juga KPEI, Perusahaan-perusahaan Efek, Bank Kustodian, hingga Biro Administrasi Efek.

Untuk itu, teman-teman investor dapat selalu memanfaatkan layanan-layanan yang disediakan oleh KSEI. Bahkan sangat mudah untuk kita memanfaatkan KSEI terutama agar dapat melihat seberapa besar kepemilikan saham yang sudah kita miliki di KSEI.

Jika teman-teman investor masih belum familiar dengan KSEI, yuk kita eksplor lebih banyak mengenai KSEI ini…***

 

###

 

DISCLAIMER ON:
Tulisan ini bukan rekomendasi jual dan beli. Semua data dan pendapat pada artikel adalah bersifat informasi yang mengedukasi pembaca, berdasarkan sudut pandang penulis pribadi. Risiko investasi berada pada tanggung jawab masing-masing investor. Do Your Own Research!

 

Temukan Artikel Analisa dan Edukasi Saham lainnya di Google News.

 

1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

reCaptcha v3
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *