Spill-Dividen-yang-Saya-Dapat-dari-Saham

Terakhir diperbarui Pada 7 Oktober 2024 at 3:25 pm

Halo teman-teman investor, apa kabar? Dalam kesempatan kali ini saya mau spill berapa kirasaran dividen yang saya dapatkan dari saham.

Seperti yang teman-teman investor ketahui, bahwa dalam berinvestasi saham ada dua jenis keuntungan yang dapat diperoleh, yakni:

  • Capital Gain
  • Dividen

Namun sebelumnya, saya disclaimer terlebih dulu ya, jika ada penyebutan nama emiten di dalam video ini, maka itu sama sekali bukan rekomendasi saham ya. Jadi tetap Do Your Own Research!

Dan yang kedua, adanya video ini bukan untuk show off atau untuk pamer, atau bahkan membanding-bandingkan. Melainkan untuk lebih menginspirasi teman-teman investor, bahwa seiring berjalannya waktu hidup dari dividen itu sangat memungkinkan.

Namun di sini saya juga tegaskan bahwa dividen yang saya terima ini, memiliki kriteria berikut:

  1. Tidak semua saham pegangan selalu membagikan dividen
  2. Dividen ini hanya berasal dari saham-saham yang ada di BEI
  3. Dividen yang diperoleh ini berada di luar Capital Gain
  4. Dividen tidak termasuk bunga yang diterima dari investasi lain

 

Dividen yang Saya Dapat dari Saham di Tahun 2023

Dividen dari Sekuritas pertama, ada dividen dari beberapa emiten seperti TOTL dan BBRI. Dividen dari TOTL sekitar Rp64.3 juta dan dari BBRI sekitar Rp8.4 juta, sedangkan WEGE tidak terlalu besar yakni sekitar Rp4.1 juta. Sehingga secara total dividen yang saya dapatkan dari Sekuritas yang pertama ialah sebesar Rp72.8 juta.

Dividen dari Sekuritas kedua, terbagi pada beberapa Account. Untuk Account yang pertama, terdiri dari BBRI, TLKM, ULTJ, ACES, ICBP, dan juga beberapa Reksa Dana. Secara total nilai dari Account pertama  ini saya mendapatkan dividen senilai Rp6.7 juta.

Untuk Account kedua, dividen yang saya terima berasal dari SMGR, JSMR, INKP, ELSA, DMAS, SCMA, dan MAPA. Dari Account ketiga ini, dividen yang cukup besar berasal dari DMAS dengan nilai Rp29.1 juta. Lalu ada SMGR, ELSA, SCMA yang nilainya sekitar Rp15 – Rp16 juta masing-masing. Sedangkan untuk emiten lain seperti JSMR, INKP tidak terlalu besar. Adapun secara keseluruhan di Account kedua ini dividen yang saya terima sekitar Rp81.5 juta.

Maka jika ditotal keseluruhan dividen yang saya terima dari kedua Account tersebut yang berada di Sekuritas kedua adalah sebesar Rp88.3 juta.

Lalu untuk dividen dari Sekuritas ketiga, ada beberapa emiten yang memberikan saya dividen antara lain: BBRI, UNTR, ASII, TLKM, ACES, UNTR. Dari Account di Sekuritas ketiga ini, hanya UNTR yang memberi saya dividen cukup besar dengan nilai Rp48.9 juta, lalu ada ASII dengan nilai Rp18.0 juta, ACES senilai Rp13.9 juta. Maka secara total dividen yang diterima adalah sebesar Rp96.7 juta.

Nah masih penasaran dengan, dividen yang saya terima dari saham-saham pegangan saya? Langsung saja simak videonya ya…

 

**Please subscribe, untuk bisa mendapatkan video-video terbaru RK..
1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

reCaptcha v3
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *