Bear Market


« Back to Glossary Index

Apa Arti Bear Market

Bear Market merupakan kondisi saat indeks harga saham mengalami penurunan dalam waktu yang lama. Istilah ini biasa disebut dengan ‘tren bearish’.

Secara kasat mata, bear market tidak ada kaitannya dengan pasar saham. Melainkan hanya sebuah istilah yang menggambarkan kondisi pasar saham sedang lesu. Tercermin dari teknik beruang ketika bertarung dengan musuhnya menggunakan cakar yang digerakkan dari atas ke bawah.

.

Tanda Bear Market Terjadi

  • Pertama, ditandai dengan optimisme investor yang mulai hilang. Biasanya kondisi tersebut, dipicu oleh adanya kekhawatiran terhadap perekonomian yang memburuk. Sehingga secara psikis, investor cenderung berhati-hati terhadap kondisi ekonomi yang tidak stabil. 
  • Kedua, indeks pasar turun hingga sebesar 20%. Dengan sikap investor yang berhati-hati, akibatnya banyak investor yang melakukan aksi jual aset di pasar, untuk menghindari potensi kerugian. Buruknya, aksi jual tersebut merambat ke investor lain, yang kemudian disebut ‘panic selling’. Tekanan aksi jual di pasar semakin berat, hingga harga saham terus turun lebih dalam atau mengalami

 .

Penyebab Terjadinya Bear Market

  • Suku bunga acuan yang tinggi, atau tidak stabil.
  • Nilai tukar mata yang yang fluktuatif.
  • Inflasi yang tinggi.
  • Pertumbuhan ekonomi yang kurang baik.

« Back to Glossary Index
1
Pastikan rekan Investor tidak ketinggalan Informasi ter-update

Subscribe sekarang untuk mendapatkan update artikel terbaru setiap minggunya

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right